Home » Film » Berita » Spider-Man Keluar Dari MCU Setelah Pertengkaran Sony dan Marvel
kostum sayap spider-man

Spider-Man Keluar Dari MCU Setelah Pertengkaran Sony dan Marvel

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 21/08/2019 oleh Timotius Ari

Marvel Studios berpisah dengan franchise Spider-Man yang dimiliki Sony Pictures. Keputusan ini akan secara efektif menghilangkan versi Peter Parker yang diperankan Tom Holland dari Marvel Cinematic Universe. Padahal film terakhir, Spider-Man: Far From Home meraih sukses besar secara komersial. 

Galeri Video

Akar masalah ini dikatakan terkait masalah uang, tulis BuzzFeedNews. Sony Pictures memiliki hak pembuatan film Spider-Man selama puluhan tahun. Studio film itu meriah sukses dengan Spider-Man yang disutradarai oleh Sam Raimi dan dibintangi Tobey Maguire yang tayang pada 2000-an. Tiga film mereka mencapai penghasilan kotor global sekitar $2,5 miliar. Tapi Sony lalu mereboot franchise itu dengan sutradara Marc Webb dan akor Andrew Garfield, tayang pada 2012 dan 2014. Dua film itu dianggap mengecewakan oleh para kritikus film dan kegagalan komersial. 

Jadi pada 2015, Sony membuat kesepakatan dengan Marvel Studios untuk berbagi karakter Spider-Man. Pada dasarnya, Disney bisa memakai Spider-Man dalam film-film Marvel. 

Far From Home ternyata melampau film Sony, Skyfall sebagai film berpenghasilan kotor tertinggi dengan $1,1 miliar. Far From Home juga menjadi film mega blockbuster tahun ini yang tidak dimiliki Disney.

Pembiayaan produksi film Spider-Man: Far From Home rupanya berasal dari Sony Pictures. Tentu saja keuntungan komersial dari film itu juga masuk ke kantong Sony Pictures.

Jadi Disney ingin berbagi pembiayaan film-film Spider-Man di masa mendatang sekitar 50 persen. Dengan demikian, penghasilan film-film itu juga dibagi 50 persen-50 persen. Tapi Sony menolak tawaran ini. Disney memutuskan menarik Kevin Feige dan Marvel Studios sebagai produser film-film Spider-Man berikutnya. Karakter itu juga ditendang keluar dari MCU.

Para penggemar tentunya terkejut. Hashtag #SaveSpiderMan menjadi trending topic di Twitter pada Rabu (21/8) pagi. Bahkan hashtag lain terkait film ini juga menjadi trending topic misalnya Peter Parker, Tom Holland, Andrew Garfield, Sony dan Marvel. 

Tapi masih ada harapan. BuzzFeed News mengkonfirmasi jika  negosiasi masih berlangsung antara Disney dan Sony tentang nasib karakter itu.  Perkembangan ini juga berarti Tom bisa berpartisipasi dalam film karakter lain dalam dunia komik Spider-Man. Misalnya franchise film Venom dengan Tom Hardy. Bahkan mungkin film animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse. 

Dibaca 29 kali, 1 kunjungan hari ini.

1 thought on “Spider-Man Keluar Dari MCU Setelah Pertengkaran Sony dan Marvel”

  1. Pingback: Spider-Man: Far From Home Akan Tayang Lagi di Bioskop | Layar Hijau

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top