Home » Serial TV » Review » Sinopsis dan Review Cobra Kai Season 1

Sinopsis dan Review Cobra Kai Season 1

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 11/10/2019 oleh Timotius Ari

Waktu kecil, film-film Karate Kid kerap diputar di televisi. Melihat Daniel LaRousso berjuang mengalahkan anggota cobra dan belajar karate adalah hal yang menarik. YouTube memutuskan mengangkat kelanjutan kisah film Karate Kid ke dalam bentuk serial orisinil. Season 1 sendiri terdiri dari 10 episode. Episode 1 dan 2 bisa ditonton secara gratis di YouTube. Tapi kelanjutannya hanya bisa dilihat oleh pengguna YouTube Premium. 

Galeri Video

Cobra Kai bisa dianggap sebagai kelanjutan cerita film Karate Kid yang layak untuk diikuti. Serial itu sendiri juga merupakan serial yang bagus untuk ditonton sekalipun kalian belum pernah menonton Karate Kid. Cerita dalam serial ini dengan cerdas mengangkat perspektif yang berbeda dari yang diangkat di dalam film. Oleh karena itu, Cobra Kai mengangkat kisah yang benar-benar baru dan segar. Tidak hanya itu, serial ini juga menyentuh hati. Dengan apik, serial ini menunjukkan bagaimana sikap seseorang bisa berubah saat dia tumbuh dewasa. Sisi serius dalam serial ini dikemas dalam cara yang enak diikuti. 

Cobra Kai dimulai 30 tahun setelah the 1984 All Valley Karate Tournament. Mantan murid Cobra Kai Johnny Lawrence dihantui oleh masa lalunya. Sedangkan Daniel LaRousso menjalani hidup yang baik, dengan istri idaman dan pekerjaan dengan gaji tinggi. Sementara Johnny hidup hanya dari pekerjaan rendahan dan menikmati bir murahan. Dia memendam rasa marah yang luar biasa dalam hidupnya. Saat dia melindungi anak muda Diaz, mengajarinya karate dan membuka dojo Cobrakai lagi, persaingannya dengan Daniel LaRousso muncul kembali setelah 10 tahun. 

Di permukaan, Cobra Kai adalah serial yang lucu, dramatis dan penuh aksi tentang karate. Tapi bila dilihat lebih dalam, serial ini mengandung konsep yang membuat para penontonnya berpikir. Serial ini membalik keadaan dan menantang persepsi kita tentang karakter-karakter di dalamnya. Itulah kenapa serial ini sukses. Kalian benar-benar merasakan empati terhadap kisah Johnny saat kita pelan-pelan melihat masa lalunya. Kita bisa mulai memahami motivasi di balik tindakannya dalam film saat dia masih SMA. Untuk para penggemar muda yang belum pernah melihat Karate Kid pertama, Johnny adalah ketua dari murid di dojo Cobra Kai. Dia adalah si tukang bully, si penjahatnya yang menyebalkan. Tapi dalam serial ini, dia berubah menjadi sosok anti-hero. Perubahannya terkesan masuk akal dan alami. Di sisi lain, tokoh utama dalam film, Daniel digambarkan sebagai anak yang tidak berdaya, yang tumbuh menjadi pahlawan dalam film di bawah bimbingan Mr Miyagi. Dalam serial ini, kehidupannya yang begitu sempurna dan sikapnya yang agak sombong, membuat beberapa penonton sebal dan merasa dia berubah menjadi sosok antagonis dalam serial itu. 

Perubahan karakter keduanya mengubah nuansa dalam seluruh serial ini. Tapi semangat atau roh dari film Karate Kid tetap terlihat utuh dan hidup dalam serial ini. Ada beberapa adegan kilas balik tersebar dalam 10 episode, diambil dari film-film Karate Kid. Soundtrack rock tahun 80-an, beberapa montase dan karakter yang muncul kembali membuat roh Karate Kid terlihat jelas dalam serial ini. Cobra Kai juga konsisten dalam kelucuannya, menyeimbangkan sisi komedi dan drama di dalamnya. 

Sebagian besar karakter dalam film ini ditulis dengan baik dan karismatik. Cuma ada satu karakter yang terkesan kurang alami, yaitu karakter Robby Keene. Perubahan sikapnya terlihat begitu tergesa-gesa dan tidak menyakinkan. Bila dibandingkan dengan karakter lain seperti Diaz, Hawk atau Aisha, Robby tidak memiliki karisma dan latar belakang yang sama kuatnya. 

Secara keseluruhan, Cobra Kai adalah serial yang fantastis. Serial ini penuh aksi, lucu dan memiliki alur cerita yang baik. Karakter-karakter yang ada di dalamnya ditulis dengan apik dan terlihat manusiawi. Sepanjang 10 episode ini, kita akan diajak menikmati cerita di dalamnya. Akhir kisah serial ini terkesan cukup mudah diprediksi. Perubahan karakter Robby terkesan kurang menyakinkan, tapi secara keseluruhan serial TV ini tidak mengecewakan untuk penggemar lama Karate Kid dan asyik ditonton untuk para penggemar baru. 

Dibaca 98 kali, 1 kunjungan hari ini.

1 thought on “Sinopsis dan Review Cobra Kai Season 1”

  1. Pingback: Sinopsis dan Review Cobra Kai Season 2 | Layar Hijau

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top