Home » Film » Artikel » Perbedaan Joker Joaquin Phoenix Dari Versi Komiknya

Perbedaan Joker Joaquin Phoenix Dari Versi Komiknya

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 16/10/2019 oleh Yanto Wijaya

Sudah menjadi rahasia umum jika sang sutradara, Todd Philips, tidak pernah mempunyai maksud untuk mengadaptasi Joker dari versi komik ke dalam film Joker. Joker justru lebih memiliki persamaan dengan film Taxi Driver (1976) dan The King of Comedy (1982).

Galeri Video

Meskipun begitu, setidaknya Joker adalah perwujudan dari komik DC yang sumber referensi paling mendekati ada pada komik Batman: The Killing Joke. Terlepas dari itu, faktanya Joker jauh dari sumbernya, ada beberapa perbedaan antara Joker dengan versi komik DC.

Dalam versi komik, Joker benar-benar brutal, karena itu Batman dan superhero DC lainnya harus berhadapan langsung dengan sosok Joker. Pada film Joker, Arthur Fleck hidup di dunia fantasi, hal ini terlihat saat ia sedang menonton acara yang dibawakan oleh Murray Franklin bersama ibunya dan membayangkan hubungan intim dengan tetangganya, Sophie. Yang artinya pada film Joker ini kebanyakan hanyalah delusi dari seorang Arthur Fleck yang berbeda dengan versi komiknya.

Hal lainnya adalah terungkapnya nama asli Joker yakni Arthur Fleck, Joker tidak memiliki nama resmi. Tidak ada yang tahu nama aslinya, bahkan ada kemungkinan jika Joker sendiri sudah melupakan namanya. Di dalam komik justru menjelaskan jika Joker telah hidup di kota Gotham selama berabad-abad.

Lalu dalam versi komik, Joker tidak memakai make-up. Dalam versi Batman: The Killing Joke menjelaskan kalau Joker terlahir setelah jatuh ke dalam tong yang berisikan bahan kimia. Walaupun sebenarnya asal usul Joker di versi The Killing Joke tidak bisa kita angap sebagai satu-satunya sumber.

Melihat banyak Perbedaan Joker Joaquin Phoenix Dari Versi Komiknya, gimana menurut teman Layar, yuk kita diskusikan di kolom komentar Joker yang mana sih yang menjadi favorit teman Layar.

Dibaca 85 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top