Home » Film » Berita » Adegan Ciuman Gay Star Wars: The Rise of Skywalker Lolos Sensor Cina

Adegan Ciuman Gay Star Wars: The Rise of Skywalker Lolos Sensor Cina

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 21/12/2019 oleh Timotius Ari

Adegan ciuman gay pertama dalam franchise film Star Wars secara mengejutkan lolos sensor Cina dan dipertontonkan di berbagai bioskop di negara itu. Para penonton rupanya tidak begitu terkejut melihat adegan itu. 

Galeri Video

Star Wars: The Rise of Skywalker tayang  di Cina pada 18 Desember 2019. Sedangkan di Amerika Utara, film itu tayang pada 20 Desember 2019. Sutradara J.J Abrams sudah lebih dulu mengisyaratkan jika akan ada perwakilan LGBTQ pada film terakhir dalam franchise itu. Ternyata adegan itu merupakan ciuman singkat antara dua karakter wanita. 

Mereka yang menonton preview film itu di Cina terkejut karena adegan ini lolos sensor di negara itu. Homoseksualitas bukanlah kejahatan di Cina dan digolongkan sebagai penyakit mental. Tapi sensor tetaplah ketat tapi tidak konsisten terkait penggambaran gay di layar, tulis NBC News.

Film-film terkenal bertema gay seperti Brokeback Mountain dan Call Me by Your Name tidak tayang di Cina. Lembaga sensor juga meminta sensor 10 menit pada film pemenang Oscar, Bohemian Rhapsody. Yang tayang di negara itu adalah film versi sensornya. 

Beberapa penonton di negara itu menyambut adegan ciuman dalam Star Wars: The Rise of Skywalker itu. Adegan tersebut sebenarnya tidaklah signifikan terhadap keseluruhan cerita dan ditampilkan secara singkat. Tapi adegan itu dianggap sebagai kemenangan untuk perwakilan LGBTQ.

Sementara yang lain beranggapan adegan itu dipaksakan, terutama dalam penempatannya dalam cerita. “Sungguh, adegan itu mengejutkan. Dua karakter itu bukanlah kekasih. Atau hubungan mereka lebih mulia dibandingkan hubungan kekasih,” tulis seorang pengguna di forum diskusi Baidu. 

“Sebagai seorang penggemar lama Star Wars, tontonlah film ini dan lupakan adegan itu. Jangan terlalu dipikirkan. Nikmati saja semuanya kecuali adegan ciuman yang memalukan itu,” tulis pengguna lainnya di forum Hupu.  

Di luar adegan mengejutkan itu, The Rise of Skywalker menerima respon cukup positif di antara penonton Cina. Di situs film populer Mtime, para penonton memberikan rating rata-rata 7,5 dari 10. Sementara di situs film populer lainnya Douban, rata-rata ratingnya mencapai 6,9. 

Dibaca 13 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top