Home » Selebritis » Beberapa Selebritis China Putuskan Ikatan dengan Beberapa Brand karena Kapas Xinjiang

Beberapa Selebritis China Putuskan Ikatan dengan Beberapa Brand karena Kapas Xinjiang

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 26/03/2021 oleh Timotius Ari

Pada 25 Maret 2021, beberapa selebritis China mengumumkan jika mereka memutuskan kontrak dengan beberapa brand internasional yang bergabung dengan the Better Cotton Initiative (BCI). BCI adalah organisasi nirlaba yang mengembangkan sistem untuk mempromosikan penggunaan kapas yang diambil secara beretika dan berkelanjutan antara produsen dan ritel. Banyak ritel global sudah menjadi anggota BCI, yang mengklaim diri sebagai perusahaan yang menggunakan kapas yang diambil secara beretika.

Galeri Video

Oleh karena itu, banyak dari brand ini yang mengeluarkan pernyataan menolak menggunakan kapas dari Xinjiang, China, salah satu pemasok kapas terbesar di dunia. Penolakan ini karena dugaan penggunaan tenaga kerja paksa dalam industri perkebunan kapas. Para selebritis China memutuskan ikatan kontrak dimulai dengan perusahaan H&M dan Nike yang merilis pernyataan pada situs mereka jika mereka tidak akan menggunakan kapas dari the XUAR (Xinjiang Uygur Autonomous Region) karena takut penggunaan tenaga kerja paksa. Kantor BCI di Shanghai, China merilis pernyataan pada 25 Maret yang menyatakan jika mereka belum menemukan bukti penggunaan tenaga kerja paksa di XUAR.

Aktor China Huang Xuan menjadi selebritis pertama yang merilis pernyataan memutuskan ikatan kerja dengan H&M. Langkahnya diikuti oleh Victoria Song pada malam yang sama. Pada 25 Maret 2021, akun Weibo resmi Wang Yibo mengumumkan mereka memutuskan kolaborasi dengan Nike.

Sejak itu, para selebritis lain seperti Tan Songyun, Lay Zhang, Huang Zitao, Liu Yifei, Zhou Dongyu, Song Weilong, Li Xian, Yang Yang, Greg Hsu, Turbo Liu, Dilraba, Yang Mi, Jackson Yee, Angelababy, dan lain-lain memutuskan ikatan dan kerjasama dengan brand seperti Adidas, Burberry, Calvin Klein, Converse, Lacoste, PUMA, Uniqlo dan lain-lain. Acara seperti Youth with You 3 dan Chuang 2021 juga menunda acara mereka untuk mengedit video program mereka. Hal ini karena mereka disponsori oleh Adidas dan PUMA.

Pada 25 Maret, surat kabar milik pemerintah China, People’s Daily menulis postingan dengan caption, “Kapas Xinjiang.” Mereka menyertakan tagar, “Aku mendukung kapas Xinjiang.” Para selebritis memposting ulang postingan surat kabar itu dengan tagar yang sama.

Sumber: 38jiejie.com

Dibaca 33 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top