Home » Serial TV » Artikel » Drama Dapur Asmara: Apa Itu Bintang Michelin?

Drama Dapur Asmara: Apa Itu Bintang Michelin?

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 24/01/2022 oleh Timotius Ari

Drama yang dibintangi oleh Ethan Ruan dan Lairena Song Zu Er, Cupid’s Kitchen atau Dapur Asmara tayang setiap hari pukul 23:00 di WeTV Indonesia. Ethan Ruan memerankan koki kenamaan Jiang Qian Fan, sedangkan Song Zu Er memerankan Lin Ke Song.

Galeri Video

Jiang Qian Fan dikatakan memenangkan kompetisi memasak Bintang Masa Depan Murrells dan membuka restoran Yuxuan di London dan di Shanghai. Restoran Yuxuan di London memperoleh tiga bintang Michelin. Sedangkan Yuxuan di Shanghai memperoleh dua bintang Michelin dan sedang berusaha memperoleh tiga bintang.

Kompetisi memasak Bintang Masa Depan Murrells sepertinya adalah kompetisi fiktif seperti halnya karakter Qianfan dan Lin Ke Song. Tapi Michelin Star atau Bintang Michelin adalah penghargaan yang ada di dunia nyata.

Menurut situs Finedininglovers.com, bintang Michelin adalah sebuah tanda utama dari keunggulan kuliner sebuah restoran atau warung makan. Bintang Michelin diberikan untuk restoran atau warung makan yang dinilai memiliki standar tinggi tertentu. Ada tiga ranking yang diberikan Michelin yaitu satu bintang, dua bintang dan tiga bintang. Michelin Star adalah sebuah penghargaan yang diperebutkan oleh semua koki di seluruh dunia. Sistem penilaian ini diperkenalkan pada 1926 oleh perusahaan ban Perancis, Michelin. Dengan satu bintang menandakan sebuah restoran yang sangat bagus.  Michelin juga menerbitkan Michellin Guide sejak 1990-an. Awalnya panduan ini bertujuan menolong para pengemudi menemukan bengkel, hotel dan restoran yang bagus dalam perjalanan mereka.

Beberapa tahun kemudian, popularitas buku panduan ini menyebar ke luar negeri. Buku panduan itu diterbitkan di kota-kota besar di dunia. Perusahaan itu meminta bantuan dari para inspektur Michelin yang legendaris. Mereka mengembangkan sistem penilaian yang ketat sehingga memperoleh bintang Michelin tidak menjadi sesuatu yang sepele dalam dunia kuliner.

Cara Michelin Star diberikan

Berbeda dengan sistem rating pada umumnya, bintang Michelin tidak diberikan berdasarkan ulasan para pembeli. Tapi ada penilaian secara diam-diam (undercover) yang diberikan oleh para ahli makanan anonim. Para ahli makanan ini disebut sebagai inspektur Michelin. Mereka diminta menilai secara anonim supaya tidak memperoleh perlakukan istimewa saat datang dan mencicipi makanan di restoran atau warung. Para ahli makanan ini menjalani pelatihan Michelin Guide secara resmi di Perancis. Mereka tidak diizinkan berbicara kepada media. Tapi pada umumnya, para inspektur ini mungkin memiliki pengalaman dalam bisnis restoran. Siapapun yang ingin menjadi seorang inspektur Michelin harus mencintai dan memiliki pengetahuan soal makanan yang luas, dengan kemampuan memperhatikan detail yang bagus. Mereka juga harus bisa membaur dengan para pembeli biasa.

Kriteria penilaian untuk setiap restoran sama, berfokus pada kualitas bahan, teknik memasak dan yang paling penting, rasa. Bintang Michelin diberikan hanya berdasarkan standar kuliner. Jadi inspektur tidak menilai berdasarkan hal-hal seperti dekorasi restoran atau warung atau suasana saat makan. Sekalipun kenyamanan dan kualitas fisik restoran dirating dari skor 1 hingga 5 dengan menggunakan simbol garpu dan sendok.

Pemilik restoran atau warung tidak diberitahu kapan inspeksi ini akan dilakukan. Seorang inspektur mungkin datang ke restoran itu tiga hingga enam kali sebelum melaporkan kembali ke para rekan mereka sesama inspektur. Para inspektur ini lalu membahas bersama tentang apakah mereka perlu memberikan bintang atau tidak. Sebuah restoran bisa memperoleh 0 hingga 3 bintang. Selain itu ada juga penghargaan Bib Gourmand untuk restoran yang menawarkan makanan berkualitas dengan harga terjangkau.

Bintang Michelin diberikan pada restoran dan bukan koki individu. Jadi jika para koki ini mengelola beberapa restoran, masing-masing restoran bisa memperoleh bintang berbeda. Rekor bintang Michelin terbanyak dipegang oleh mendiang Joel Robuchon yang memperoleh 32 bintang Michelin. Sebagian besar restoran di dunia tidak memenuhi standar Michelin. Jadi banyak restoran di dunia yang memperoleh 0 bintang.

Restoran yang memperoleh bintang Michelin akan diinspeksi secara teratur. Jadi restoran itu bisa kehilangan bintang mereka jika standarnya dianggap menurun. Bahkan para koki kenamaan juga bisa dinilai negatif berdasarkan standar tinggi dari para inspektur ini. Gordon Ramsay dikabarkan pernah menangis saat restorannya di New York kehilangan bintang Michelin. Dia dikatakan berkata jika rasanya seperti kehilangan seorang kekasih. Restoran yang kehilangan bintang mereka bisa memperebutkan kembali bintang itu pada tahun berikutnya.

Dibaca 120 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top