Home » Perangkat » Mengenal Jenis OS Pada Smart TV: Mulai dari Tizen, VIDAA Hingga Android TV

Mengenal Jenis OS Pada Smart TV: Mulai dari Tizen, VIDAA Hingga Android TV

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 09/04/2023 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Ada banyak hal yang harus kalian ketahui sebelum membeli smart TV. Misalnya ukuran layar yang kalian butuhkan. Jumlah port HDMI dan fitur ekstra apa yang kalian butuhkan.

Galeri Video

Sayangnya, jarang orang yang mempertanyakan sistem operasi (operating system/OS) apa yang harus kalian pertimbangkan saat memilih smart TV. Padahal kecanggihan dan kemudahan penggunaan smart TV ditentukan oleh OS di dalamnya.

Pentingnya memilih OS

Pada 2022, sebagian besar TV baru adalah smart TV. Jika kalian masuk ke toko elektronik untuk mencari smart TV, akan ada banyak pilihan yang ada dengan beragam brand, ukuran dan harga.

Tapi tidak semua smart TV itu setara. Seperti halnya OS komputer, OS smart TV juga punya kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Beberapa menawarkan pilihan aplikasi yang banyak, beberapa OS menawarkan tampilan antar muka yang lebih baik, dan lain-lain.

Saat ini ada beberapa OS pada smart TV seperti Roku TV, Android TV, Google TV, Fire TV, webOS, Tizen OS, Coolita OS, MIUI TV OS, tivoOS dan VIDAA.

  1. Roku TV

Roku TV OS dipakai pada perangkat streaming/ smart TV box dan smart TV. Roku TV OS dikembangkan oleh Roku, sebuah perusahaan asal Amerika Serikat (AS). Roku TV OS adalah salah satu OS TV yang dikembangkan berdasarkan Linux.

Fitur yang ditawarkan Roku TV OS adalah kemudahan mengakses aplikasi, fungsi pencarian universal, toko untuk membeli konten, feed yang dikustomisasi utnuk menunjukkan serial atau program TV baru yang mungkin menarik.

Di AS, ada banyak produsen yang memakai Roku TV OS seperti TCL, Element, Insignia, Philips, Sharp, RCA, Hitachi, dan Hisense. Smart TV dengan Roku OS mendominasi penjualan di Amazon AS.

  1. WebOS

WebOS adalah sistem operasi smart TV buatan LG. OS ini menawarkan tampilan antar muka yang ramping dan mudah digunakan. LG mendukung dua versi webOS: versi 5 dan 6. WebOS 5 memiliki launch bar di bagian bawah layar. Jadi semua settings, ikon aplikasi, toko aplikasi dan lain-lain bisa diakses di launch bar ini.

Pada webOS 6, kalian akan menemukan tampilan antar muka yang lebih modern yang memenuhi seluruh layar. Perubahan tampilan kedua versi ini cukup jauh. WebOS 6 lebih cepat dibandingkan webOS 5.

Ada dukungan untuk Alexa dan Google Assistant. WebOS juga memiliki Bluetooth di dalamnya. Jadi mudah bagi kita menambahkan keyboard, mouse dan periferal lain yang memakai bluetooth.

Salah satu fitur menonjol pada OS ini adalah Live Apps. Dalam fitur ini, kalian bisa berhenti sebentar saat memakai sebuah aplikasi, membuka aplikasi lain dan kembali ke aplikasi awal dan melanjutkan kembali penggunaan konten. Ada juga video playback 360 derajat dan galeri foto OLED dengan frame.

Hanya saja bila kalian ingin memakai smart TV LG dengan webOS pastikan jika aplikasi streaming favorit kalian tersedia di dalamnya. Khususnya aplikasi streaming lokal dan Asia seperti WeTV, iQiyi, Viu, Vidio dan sejenisnya.

  1. Android TV

Android TV mungkin merupakan OS TV yang paling umum ditemukan di Indonesia. OS ini tidak hanya tersedia di smart TV, tapi juga di smart TV box. Salah satu kelemahan Android TV adalah pengalaman yang ditawarkan tidak konsisten dari satu produsen ke produsen lain. Hal ini biasanya karena produsen TV ada yang sudah memodifikasi Android TV. Jadi akan ada Android TV yang cepat dan ada yang lamban. Fitur unggulan Android TV adalah adanya Chromecast di dalamnya. Jadi streaming atau casting konten dari tablet atau ponsel Android ke smart TV Android akan terasa lebih mudah.

Selain itu ada Google Assistant yang memungkinkan kalian menggunakan perintah suara untuk navigasi yang lebih mudah. Asisten digital pada smart TV Android juga bisa digunakan untuk mengendalikan perangkat cerdas lain di rumah seperti lampu, speaker, thermostats, dan lain-lain.

Keunggulan lain yang ditawarkan adalah daftar aplikasi yang lengkap. Hampir semua aplikasi streaming internasional, nasional dan Asia tersedia di Google Play.

  1. Google TV

Google TV adalah rebranding dari Android TV dengan fitur dan tampilan antar muka yang baru. Seperti Android TV, Google TV juga tersedia di smart TV box.

Kalian bisa membaca perbandingan dan perbedaan Android TV vs Google TV di sini.

Dibaca 245 kali, 1 kunjungan hari ini.

3 thoughts on “Mengenal Jenis OS Pada Smart TV: Mulai dari Tizen, VIDAA Hingga Android TV”

  1. Pingback: Pilihan Smart TV dengan Layar Paling Kecil, Cocok untuk Ruang yang Terbatas | Layar Hijau

  2. Pingback: Android TV Vs OS Smart TV Samsung, Tizen: Mana yang Lebih Bagus? | Layar Hijau

  3. Pingback: Diskon 68%, Smart TV Hisense 32 Inch Vidaa-E4H Jadi Rp1 Jutaan | Layar Hijau

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top