Home » Perangkat » Tips Memilih Tablet Berharga Terjangkau untuk Tonton Drama dan Film

Tips Memilih Tablet Berharga Terjangkau untuk Tonton Drama dan Film

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 16/03/2023 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Tablet masih menjadi salah satu perangkat pilihan bagi masyarakat Indonesia untuk menonton konten hiburan seperti film, drama (China, Korea, Thailand dan lain-lain) dan musik. Salah satu alasan kenapa masyarakat memilih tablet adalah karena perangkat itu menawarkan jalan tengah untuk portabilitas alias bisa dibawa kemana-mana dan layar yang cukup besar untuk menonton.

Galeri Video

Lantas bagaimana cara memilih tablet yang berharga terjangkau tapi cocok untuk menonton film dan drama?

Layar

Menonton film dan drama di tablet sangat dipengaruhi oleh ukuran dan kualitas layar. Terkait ukuran, semakin besar layar tablet tentunya semakin baik. Tapi bila mengingat jika tablet perlu dipegang tangan atau idealnya harus cukup kecil untuk bisa dibawa-bawa, maka kita juga jangan memilih tablet dengan layar terlalu besar. Menurut beberapa sumber, ukuran yang ideal adalah antara 10 hingga 12 inci.

Terkait kualitas, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti resolusi, akurasi warna, sudut pandang wide-angle dan lain-lain. Layar besar tapi dengan resolusi yang rendah membuat video terlihat pecah-pecah.

Spesifikasi minimum yang bisa dipakai adalah resolusi 1.280 x 800 piksel. Pilih tablet yang mendukung HDR (high dynamic range) supaya kontras antara warna terlihat tinggi dan warna yang ditampilkan lebih hidup.

Suara

Kualitas suara juga penting saat menonton drama atau film pada tablet. Kualitas suara yang jelek membuat dialog sulit didengar dan efek suara pada film dan drama malah terkesan mengganggu. Jadi kalian harus memilih tablet yang minimal memiliki speaker stereo. Speaker stereo menawarkan frekuensi suara yang beragam, lebih seimbang, bernuansa, imersif dan memuaskan.

Kualitas bodi

Keawetan sebuah tablet tentunya juga ditentukan oleh kualitas bodinya. Pilihlah yang memiliki bodi yang cukup kuat supaya tidak gampang rusak.

Kinerja

Memutar video yang gambar dan suaranya bagus, misal resolusi 720p ke atas, perlu hardware yang memadai juga. Jika tidak, maka video akan terasa ngelag karena tablet tidak kuat memutarnya. Supaya pemutaran video lancar, pilihlah tablet dengan RAM minimal 4GB. Lebih besar lebih baik. Pilihan prosesor yang memiliki CPU minimal quad-core.

Baterai

Karena kita akan memakai tablet untuk menonton film dan drama dalam waktu lama, maka baterai juga penting. Menonton sambil mengecas tablet biasanya tidak nyaman. Tapi jika baterai tablet kita awet maka menonton dalam waktu lama menjadi hal yang mudah dan nyaman. Pilihlah tablet dengan baterai yang bisa dipakai 8 jam lebih untuk menonton.

Ruang penyimpanan

Sekarang masyarakat cenderung menikmati film dan drama secara streaming. Tapi ada kalanya mereka mengunduh film dan drama untuk dinikmati di dalam situasi di mana internet sulit diakses. Oleh karena itu, ruang penyimpanan internal juga penting. Pilihlah tablet dengan ruang penyimpanan minimal 32GB. Ukuran ini bisa menyimpan beberapa film atau drama. Lebih ideal lagi jika ada slot microSD yang bisa kita pakai untuk memperluas ruang penyimpanan kita. Ruang penyimpanan yang lebih besar tentunya lebih baik.

Konektivitas

Konektivitas internet pada tablet juga merupakan faktor penting supaya kita bisa streaming film dan drama dengan lancar. Jika kalian ingin membeli tablet dengan akses internet seluler, pilihlah tablet dengan koneksi 4G LTE. Jika tidak pilihlah tablet dengan versi WiFi terbaru.

Harga

Harga tentunya juga akan mempengaruhi kualitas. Sekarang semakin banyak tablet dengan harga terjangkau dengan kualitas yang memadai. Lakukan perbandingan harga dengan cara menyusun spesifikasi minimal seperti yang dicantumkan di atas.

(berbagai sumber)

Dibaca 16 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top