Home » Serial TV » Berita » Drama Meet Yourself Bahas Kisah Nyata Anak Muda Kembali untuk Bangun Kampung Halaman

Drama Meet Yourself Bahas Kisah Nyata Anak Muda Kembali untuk Bangun Kampung Halaman

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 20/03/2023 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Dalam drama Meet Yourself yang dibintangi oleh Li Xian dan Liu Yifei, karakter yang diperankan Li Xian kembali ke kampung halamannya di Dali, Yunnan. Drama itu menarik perhatian para penonton terhadap pemandangan yang indah di provinsi itu juga keberanian dan tekad sang tokoh utama dalam menolong para penduduk desa untuk memiliki hidup yang lebih baik.

Galeri Video

Tapi, ternyata drama ini tidak mengangkat kisah fiksi yang indah dilihat saja. Meet Yourself ternyata mengangkat sebuah tren yang sedang terjadi di China di mana banyak anak muda yang kembali ke kampung halaman untuk membangun karir mereka. Semakin banyak lulusan universitas di negara itu yang menghindari kehidupan di kota-kota metropolitan dan memilih membangun bisnis mereka sendiri di kota-kota kecil dan wilayah pinggiran. Tren ini disebut sebagai tren “saya baik-baik saja di rumah” di antara para pencari kerja muda saat ini.

Alasan kenapa anak-anak muda menghindari kehidupan di perkotaan adalah karena transportasi yang macet, tempat tinggal yang terbatas, dan biaya hidup yang tinggi. Kota kecil atau wilayah pinggiran menjadi pilihan bagi semakin banyak orang. Ditambah dengan kebijakan pemerintah di sana yang mendorong penciptaan peluang ekonomi dan revitalisasi wilayah desa, tulis Global Times.

Ada banyak manfaat dari keputusan untuk membangun bisnis di kota kecil atau wilayah pinggiran. Salah satu kisah nyata yang mirip dengan apa yang dialami karakter Li Xian dalam Meet Yourself adalah kisah Lu Quan. Dia adalah wakil ketua the National People’s Congress dari the Ninglang Yi Autonomous County di Lijiang, Yunnan. Dia kembali ke kampung halamannya dan menggerakkan 17 lulusan universitas untuk mengembangkan lahan seluas 64 hektar untuk menanam spesies apel baru yang tumbuh di lahan setinggi 2.700 meter di atas permukaan laut. Sekarang, setiap rumah tangga di desanya memiliki bisnis online sendiri.

Dalam artikel sebelumnya, Meet Yourself diakui mampu mendongkrak pariwisata di Yunnan. Drama yang ditonton lebih dari 3,8 miliar kali itu memperoleh skor 8,6 di Douban dan syuting di desa Fengyangyi. Jumlah turis yang mengunjungi desa itu selama liburan Imlek tahun ini mencapai 4,24 jut orang. Angka itu naik 219 persen year on year (yoy), menurut data badan budaya dan pariwisata Yunnan.

Penghasilan wisata selama imlek mencapai 3,16 miliar yuan, naik 162 persen year on year. Saat ini, industri wisata pedesaan yang menonjolkan kuliner dan keramahtamahan di Dali memasuki babak baru dalam pengembangannya.

“Setelah drama itu tayang, jumlah pengunjung harian di desa Fengyangyi naik dari di bawah 100 menjadi hampir 10.000,” kata Chen Qin, pejabat di desa Liuguanchang, yang mengelola Fengyangyi.

Dibaca 45 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top