Home » Perangkat » Apa Beda Smart TV dan Google TV? Lebih Baik yang Mana?
Ilustrasi smart TV (english.jagran.com)

Apa Beda Smart TV dan Google TV? Lebih Baik yang Mana?

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 16/08/2023 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Dalam era digital saat ini, televisi telah mengalami transformasi yang signifikan dengan hadirnya Smart TV dan Google TV. Smart TV adalah televisi yang memiliki kemampuan terhubung ke internet dan dapat mengakses berbagai aplikasi dan layanan online. Di sisi lain, Google TV adalah platform perangkat lunak yang dikembangkan oleh Google.

Galeri Video

Namun, apa sebenarnya hubungan antara keduanya? Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan definisi Smart TV dan Google TV, serta membandingkan fitur-fitur keduanya. Kami juga akan membahas apakah Google TV merupakan bagian dari Smart TV dan memberikan contoh sistem operasi yang umum digunakan dalam Smart TV.

Definisi Smart TV:

Smart TV adalah televisi yang memiliki kemampuan terhubung ke internet dan dapat mengakses berbagai aplikasi dan layanan online. Dengan Smart TV, pengguna dapat menonton konten streaming seperti film, acara TV, video YouTube, dan platform streaming lainnya. Selain itu, Smart TV juga memungkinkan akses ke media sosial, browsing web, dan berbagai aplikasi yang dapat diunduh. Smart TV biasanya didukung oleh sistem operasi khusus yang dirancang oleh produsen TV tersebut.

Definisi Google TV:

Google TV adalah platform perangkat lunak yang dikembangkan oleh Google. Meskipun Google TV dapat dijalankan pada beberapa Smart TV tertentu, penting untuk memahami bahwa Google TV tidak secara langsung menjadi bagian dari setiap Smart TV.

Beberapa produsen TV memilih untuk menggunakan sistem operasi mereka sendiri dengan antarmuka yang dibuat khusus, sementara yang lain memilih untuk mengadopsi Google TV sebagai sistem operasi mereka. Jadi, dapat dikatakan bahwa Google TV dapat digunakan sebagai sistem operasi untuk beberapa Smart TV, tetapi tidak semua Smart TV menggunakan Google TV.

Perbandingan Fitur:

Antarmuka dan Navigasi:

  • Smart TV:

Biasanya, Smart TV dilengkapi dengan antarmuka yang dikembangkan oleh produsen TV tersebut. Antarmuka ini dapat bervariasi tergantung pada merek dan model TV. Navigasi biasanya dilakukan dengan menggunakan remote kontrol atau kontroler yang disertakan.

  • Google TV:

Google TV menawarkan antarmuka yang seragam di seluruh perangkat yang mendukungnya. Antarmuka ini didesain untuk memudahkan akses ke berbagai aplikasi dan konten. Navigasi dapat dilakukan dengan remote kontrol yang disertakan atau menggunakan suara melalui Google Assistant.

Konten dan Aplikasi:

  • Smart TV:

Smart TV memiliki akses ke berbagai aplikasi dan platform streaming, tetapi ketersediaan dan variasinya dapat berbeda-beda tergantung pada merek dan sistem operasi TV tersebut. Beberapa Smart TV juga mendukung fitur mirroring dari perangkat seluler.

  • Google TV:

Google TV menawarkan akses ke berbagai aplikasi dan platform streaming populer. Dengan integrasi yang kuat dengan Google Play Store, pengguna dapat mengunduh berbagai aplikasi dan game langsung ke TV mereka. Google TV juga menawarkan rekomendasi konten yang dipersonalisasi berdasarkan preferensi pengguna.

Contoh Play Store (Toko Aplikasi Google ) di Google TV (sumber: beboom)

Integrasi dengan Google Assistant:

  • Smart TV:

Beberapa Smart TV mendukung integrasi dengan asisten suara pihak ketiga seperti Google Assistant atau Amazon Alexa. Namun, tingkat integrasi dan fungsionalitas dapat bervariasi tergantung pada merek TV tersebut.

  • Google TV:

Google TV memiliki integrasi yang kuat dengan Google Assistant. Pengguna dapat mengontrol TV mereka menggunakan perintah suara, mencari konten, mengatur pengingat, dan mengendalikan perangkat lain yang terhubung dengan asisten suara Google.

Apakah Google TV merupakan Bagian dari Smart TV?

Google TV sebenarnya merupakan platform perangkat lunak yang dikembangkan oleh Google. Meskipun Google TV dapat dijalankan pada beberapa Smart TV tertentu, penting untuk memahami bahwa Google TV tidak secara langsung menjadi bagian dari setiap Smart TV. Beberapa produsen TV memilih untuk menggunakan sistem operasi mereka sendiri dengan antarmuka yang dibuat khusus, sementara yang lain memilih untuk mengadopsi Google TV sebagai sistem operasi mereka. Jadi, dapat dikatakan bahwa Google TV dapat digunakan sebagai sistem operasi untuk beberapa Smart TV, tetapi tidak semua Smart TV menggunakan Google TV.

Contoh Sistem Operasi yang Digunakan dalam Smart TV:

Berikut adalah beberapa contoh sistem operasi yang umum digunakan dalam Smart TV:

Tizen OS (Samsung)
webOS (LG)
Android TV (Google)
Roku OS (Roku)

Memilih antara Smart TV atau Google TV

Memilih antara Smart TV dan Google TV adalah keputusan yang dapat dipengaruhi oleh preferensi pribadi, kebutuhan, dan fitur yang kalian cari. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan memilih Smart TV atau Google TV:

Fitur yang Dicari:

  • Smart TV:

Periksa fitur-fitur yang ditawarkan oleh Smart TV yang kalian pertimbangkan. Apakah kalian ingin akses ke berbagai aplikasi dan platform streaming? Apakah kalian membutuhkan kemampuan mirroring dari perangkat seluler? Pastikan Smart TV yang kalian pilih memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

  • Google TV:

Jika kalian tertarik dengan ekosistem Google dan ingin integrasi yang kuat dengan Google Assistant, Google TV bisa menjadi pilihan yang baik. Pastikan kalian menyukai antarmuka dan navigasi yang ditawarkan oleh Google TV.

Ketersediaan Aplikasi dan Konten:

  • Smart TV:

Periksa ketersediaan aplikasi dan platform streaming yang kalian inginkan. Pastikan bahwa Smart TV yang kalian pilih mendukung aplikasi seperti Netflix, Amazon Prime Video, atau aplikasi lain yang ingin kalian gunakan.

  • Google TV:

Jika kalian menginginkan akses ke Google Play Store dan ingin kemampuan untuk mengunduh berbagai aplikasi dan game langsung ke TV, Google TV dapat menjadi pilihan yang menarik. Pastikan Google TV menawarkan aplikasi dan konten yang sesuai dengan preferensi kalian.

Integrasi dengan Asisten Suara:

  • Smart TV:

Jika kalian memiliki asisten suara pihak ketiga seperti Google Assistant atau Amazon Alexa, pastikan Smart TV yang kalian pilih mendukung integrasi dengan asisten suara tersebut. Hal ini memungkinkan kalian mengontrol TV menggunakan perintah suara.

  • Google TV:

Jika kalian menggunakan Google Assistant secara luas atau ingin mengendalikan TV kalian menggunakan perintah suara, Google TV menyediakan integrasi yang kuat dengan Google Assistant.

Sistem Operasi dan Antarmuka:

  • Smart TV:

Setiap merek Smart TV memiliki sistem operasi dan antarmuka yang berbeda. Jika kalian memiliki preferensi tertentu terkait dengan antarmuka atau navigasi, pastikan untuk menguji atau melihat demo antarmuka Smart TV yang dipertimbangkan.

  • Google TV:

Jika kalian tertarik dengan antarmuka seragam dan konsisten yang ditawarkan oleh Google TV, pastikan kalian menyukainya dan merasa nyaman dalam menggunakan antarmuka tersebut.

Merek dan Keandalan:

  • Smart TV:

Memilih merek Smart TV yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik dapat memberikan kepercayaan tambahan terkait kualitas dan dukungan produk. Periksa ulasan dan reputasi merek sebelum memutuskan.

  • Google TV:

Jika kalian tertarik dengan Google TV, pastikan kalian memilih Smart TV dari merek yang mendukung Google TV dengan baik dan memberikan pembaruan sistem operasi yang teratur.

Anggaran:

Tentukan anggaran yang tersedia untuk membeli TV baru. Bandingkan harga Smart TV dan Google TV yang sesuai dengan preferensi kalian dan pilih yang sesuai dengan anggaran kalian.

Selain faktor-faktor di atas, kalian juga dapat mempertimbangkan ukuran layar, resolusi, kualitas gambar, dan fitur tambahan lainnya yang penting bagi kalian. Penting untuk melakukan riset, membaca ulasan, dan membandingkan spesifikasi sebelum membuat keputusan akhir.

Kesimpulan

Smart TV dan Google TV adalah konsep yang terkait tetapi tidak sama. Smart TV mengacu pada televisi yang memiliki kemampuan terhubung ke internet dan dapat mengakses berbagai aplikasi dan layanan online.

Di sisi lain, Google TV adalah platform perangkat lunak yang dikembangkan oleh Google. Google TV dapat digunakan sebagai sistem operasi untuk beberapa Smart TV, tetapi tidak semua Smart TV menggunakan Google TV.

Perbedaan antara keduanya terletak pada antarmuka, navigasi, ketersediaan konten, dan integrasi dengan Google Assistant. Beberapa contoh sistem operasi yang umum digunakan dalam Smart TV termasuk Tizen OS, webOS, Android TV, dan Roku OS. Penting untuk mempertimbangkan fitur dan kebutuhan pribadi kalian saat memilih Smart TV yang tepat untuk kalian.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang Smart TV dan Google TV, kalian dapat membuat keputusan yang lebih informasi dalam memilih televisi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kalian.

(Berbagai sumber)

Dibaca 65 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top