Home » Perangkat » Beberapa Android TV Box Buatan China Terinfeksi Malware

Beberapa Android TV Box Buatan China Terinfeksi Malware

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 10/10/2023 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com–Dalam laporan yang diterbitkan oleh Tim Intelijen Ancaman dan Penelitian Human Security pada 4 Oktober 2023, terdapat tanda-tanda bahwa 200 model kotak TV Android mungkin mengandung malware, menunjukkan adanya jaringan yang terorganisir di balik penipuan iklan.

Galeri Video

Deretan Android TV box yang mereka teliti di antaranya adalah Q9, T95, X88, T95Z, J5-W, T95 MAX,X12PLUS dan MXQ Pro 5G. Para peneliti menganalisis tujuh kotak TV Android itu dan satu tablet dan menemukan pintu belakang terpasang di semua perangkat tersebut. Dari perangkat yang dibeli dari penjual online, 80% terinfeksi oleh malware bernama BADBOX, menunjukkan seberapa luas penyebarannya di pasar.

Beberapa jenis Android TV box murah yang dijual di Amazon

Sebagai informasi tambahan, kotak-kotak ini menggunakan Android Open Source Project (AOSP) bukan Google TV atau Android TV yang bersertifikasi Google. Masalah ini terjadi karena AOSP memiliki akses terbuka yang memungkinkan pemasangan malware.

Badbox adalah pintu belakang yang membantu menginstal aplikasi berbahaya pada perangkat. Badbox memodifikasi komponen sistem operasi Android untuk menjalankan kode dan mengakses aplikasi yang terpasang. Human Security menemukan berbagai jenis penipuan terkait perangkat yang terinfeksi, termasuk penipuan periklanan dan penjualan akses ke jaringan rumah. Jaringan ini menjual kotak TV Android yang terinfeksi sebelum dikirimkan kepada pengecer.

Dalam laporan mereka, Human Security juga menyebutkan adanya malware lain yang disebut PEACHPIT. PEACHPIT adalah komponen penipuan iklan dari Badbox yang dapat meluncurkan lalu lintas web palsu, iklan tersembunyi, dan malvertising pada perangkat dan aplikasi Android dan iOS. Para peneliti telah mengidentifikasi 39 aplikasi Android, iOS, dan kotak TV yang mengandung PEACHPIT.

Dalam penelitian mereka, Human Security menemukan bahwa setidaknya 74.000 ponsel, tablet, dan kotak TV Android di seluruh dunia menunjukkan tanda-tanda infeksi BADBOX. PEACHPIT mencapai puncak infeksi pada 121.000 perangkat Android dan 159.000 perangkat iOS. Meskipun PEACHPIT dapat beroperasi di perangkat Android dan iOS, hanya perangkat Android yang menjadi target BADBOX.

Peneliti juga mencatat bahwa kotak TV Android buatan China sering kali terinfeksi malware. Salah satu contohnya adalah T95 TV Box yang terkenal karena membawa malware yang telah diinstal sebelumnya. Meskipun telah dikonfirmasi adanya malware pada T95 TV Box, Amazon tetap menjualnya, tulis hackread.

Secara keseluruhan, jaringan ini memiliki sifat penipuan yang terorganisir dengan baik dan melakukan berbagai kegiatan jahat, termasuk penipuan iklan, pembuatan akun palsu, penjualan akses ke jaringan rumah, dan pemasangan kode jarak jauh.

Dibaca 75 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top