Home » Game » Berita » Steam Deck Baru Miliki Layar OLED dan Dukungan HDR

Steam Deck Baru Miliki Layar OLED dan Dukungan HDR

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 15/11/2023 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com–Mulai 16 November, kalian akan dapat menikmati game PC dengan tampilan HDR pada konsol genggam Steam Deck yang telah ditingkatkan dengan layar OLED.

Galeri Video

Valve awalnya meluncurkan Steam Deck, konsol game genggam mereka, pada Februari 2022, dilengkapi dengan panel LCD konvensional dan dijual dengan harga $400.

Steam Deck OLED, penambahan baru dalam jajaran produk tersebut, akan tersedia mulai 16 November dengan harga $550 untuk varian penyimpanan SSD 512GB dan $650 untuk pilihan penyimpanan SSD 1TB.

Sama seperti Steam Deck asli, versi baru ini dirancang sebagai konsol game genggam tetapi juga dapat terhubung ke TV atau monitor melalui kabel USB-C atau adaptor HDMI.

Steam Deck kompatibel dengan lebih dari 10.000 game dari toko Steam, yang mewakili sekitar 75% dari total game yang tersedia di Steam.

Layar OLED dengan dukungan HDR

Diproduksi oleh Samsung Display, layar OLED pada Steam Deck baru ini sedikit lebih besar dengan ukuran 7,4 inci, dilengkapi refresh rate 90Hz yang ditingkatkan (dari 60Hz). Layar ini memiliki kecerahan puncak 1000 nit dan mencakup 110% dari ruang warna DCI-P3.

“Layar HDR OLED Steam Deck dirancang khusus untuk game dengan kontras yang mencolok, kejernihan yang luar biasa, dan gambar yang lebih besar. Dengan warna yang lebih banyak, hitam murni, dan pergerakan yang luar biasa, kalian akan melihat game kalian dengan cahaya yang baru,” kata Valve dilansir dari flatpanelshd.com.

Berdasarkan perbandingan dengan Steam Deck asli yang menggunakan layar LCD, versi OLED ini memungkinkan pengguna menikmati game dengan tampilan HDR dalam format genggam. Selain peningkatan umum dalam teknologi tampilan, HDR juga memberikan peningkatan besar dalam pengalaman bermain game.

Game HDR pada PC

Sayangnya, tidak banyak game di Steam yang mendukung HDR saat ini. Salah satu tantangannya adalah bahwa lingkungan PC masih didominasi oleh panel LCD IPS yang memiliki kontras rendah, yang ditemui pada sebagian besar monitor PC, laptop, tablet, dan perangkat genggam.

Namun, hal ini akan berubah seiring dengan meningkatnya produksi panel OLED oleh LG Display dan Samsung Display dalam beberapa tahun mendatang. Kita sudah melihat banyak monitor gaming OLED yang dirilis, dan Nintendo juga telah mulai menggunakan OLED pada versi premium dari konsol genggam Switch. Selain itu, ada rumor bahwa Apple akan mulai beralih ke OLED pada iPad tahun depan.

Steam Deck OLED juga dilengkapi dengan peningkatan lainnya, yang dijelaskan di bawah ini.

Dibaca 64 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top