Home » Selebritis » Gaya Jongkok Dilraba Dilmurat Jadi Viral, Ini Kata Dokter!

Gaya Jongkok Dilraba Dilmurat Jadi Viral, Ini Kata Dokter!

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 06/03/2024 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Aktris Dilraba baru-baru ini melakukan sesi foto untuk sebuah majalah. Dalam dua foto yang dipublikasikan di majalah itu, Dilraba Dilmurat melakukan pose jongkok yang disebut para penggemar sebagai angel squats.

Galeri Video

Pose itu rupanya menjadi viral di Weibo dan banyak ditiru oleh para netizen. Namun, beberapa dokter memperingatkan bahwa jika kalian tidak memiliki pengalaman yang relevan, dan mengikuti tren ini dan melakukan pose jongkok itu, kalian bisa mengalami cedera fisik.

Dalam sesi foto itu, Dilraba memakai baju dan rambut putih. Penampilan dan pose Dilraba menjadi bahan diskusi hangat di kalangan netizen di China. Dalam pose itu, seluruh berat tubuh ditopang oleh ujung jari kaki. Para netizen meniru pose itu dan mengunggah foto mereka melakukannya di Weibo.

Menurut pemberitaan Baidu, pose ini mirip pose dalam yoga yang disebut tiptoe squat (jongkok ujung jari). Bagi mereka yang memiliki kaki dan lutut yang sehat, pose itu adalah metode posisi untuk mencegah penuaan manusia. Selama jongkok seperti itu, energi vital dan darah bergerak bolak-balik, yang meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mempercepat peredaran darah dan metabolisme dalam tubuh.

Namun, beberapa dokter mengatakan bahwa gerakan “Angel Squat” terlihat anggun dan sederhana, tetapi jika kalian belum pernah melakukan latihan serupa sebelumnya, meniru gerakan ini bisa berbahaya. Mereka yang jarang olahraga dan meniru gerakan ini dengan ceroboh malah bisa mengalami kerusakan pada sendi panggul, meniskus lutut, dan ligamen. Mereka juga bisa mengalami cedera dan terkilir pada pergelangan kaki. Jadi para dokter menganjurkan agar orang biasa tidak meniru hanya untuk mengikuti tren dan mengambil foto.

Lin Sheng, yang sebelumnya menjadi dokter tim untuk tim selam Tiongkok, mengatakan bahwa pose ini dapat menyebabkan risiko, menurut laporan dari media Shangyou News yang berbasis di Chongqing (via Global Times).

Lin mencatat bahwa postur jongkok yang tampak sederhana ini sebenarnya membutuhkan keseimbangan dan fleksibilitas yang tinggi. Gerakan itu membutuhkan keseimbangan di ujung jari kaki untuk menjaga lutut tetap lurus, yang menempatkan tekanan pada sendi dan otot serta memerlukan penyejajaran yang tepat antara lutut dan pergelangan kaki.

Oleh karena itu, bagi mereka yang sebelumnya tidak pernah melakukan latihan serupa, dengan membabi buta mengikuti tren melakukan pose “internet celebrity” ini dapat dengan mudah menyebabkan cedera pada sendi lutut dan pinggul serta terkilir pada sendi pergelangan kaki, katanya.

Lin juga memperingatkan bahwa individu dengan masalah sendi yang sudah ada atau mobilitas terbatas sebaiknya menghindari mencoba pose tersebut sama sekali. Selain itu, ia menekankan pentingnya menggunakan teknik yang tepat dan moderat untuk mencegah kelelahan otot dan cedera potensial.

Dibaca 75 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top