Home » Serial TV » Artikel » Apa Itu Douban dan Apa Dampak Rating Douban untuk Film dan Drama di China?

Apa Itu Douban dan Apa Dampak Rating Douban untuk Film dan Drama di China?

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 13/04/2024 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Bila kita membahas drama dan film China, maka nama Douban akan selalu muncul dalam pembahasannya. Rating di Douban menjadi salah satu tolok ukur untuk membicarakan kepopuleran dan kualitas sebuah film dan drama. Tapi apakah itu Douban dan apakah rating di situs itu bisa dipercaya? Apa dampak rating tinggi dan rendah untuk film dan drama di China?

Galeri Video

LayarHijau merangkum jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini dari berbagai sumber yang ada di internet.

Apa Itu Douban?

Douban (豆瓣) adalah platform sosial budaya dan kritik film ternama di China. Didirikan pada tahun 2005, Douban telah berkembang menjadi platform online yang komprehensif, menawarkan berbagai fitur seperti:

Katalog film dan acara TV yang luas

Douban memiliki katalog film dan acara TV terbesar di Tiongkok, dengan informasi lengkap tentang rating, genre, sutradara, aktor, dan ulasan pengguna.

Sistem rating film yang unik

Douban menggunakan sistem rating 10 poin, di mana pengguna dapat memberikan rating untuk film dan acara TV. Rating ini menjadi tolak ukur popularitas dan kualitas film di Tiongkok.

Ulasan dan diskusi

Pengguna Douban dapat menulis ulasan dan berdiskusi tentang film, acara TV, buku, musik, dan topik lainnya. Platform ini menjadi wadah bagi para pecinta seni dan budaya untuk bertukar pendapat dan informasi.

Grup dan komunitas

Douban memiliki berbagai grup dan komunitas berdasarkan minat, seperti film, musik, buku, dan game. Pengguna dapat bergabung dengan grup dan komunitas untuk bertemu orang-orang dengan minat yang sama dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan.

Marketplace

Douban memiliki marketplace online di mana pengguna dapat membeli dan menjual buku, DVD, merchandise, dan tiket film.

Sistem Rating Douban dan Akurasinya

Sistem rating Douban terkenal dengan keunikannya. Berbeda dengan platform lain yang menggunakan rata-rata rating dari semua pengguna, Douban menggunakan sistem rating tertimbang. Rating dari pengguna dengan riwayat rating yang lebih banyak dan ulasan yang lebih terperinci akan lebih dipertimbangkan.

Sistem rating ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kualitas film dan acara TV, serta menghindari manipulasi rating oleh pihak-pihak tertentu.

Douban umumnya dianggap sebagai platform yang cukup akurat dalam hal rating film dan acara TV. Sistem rating tertimbang dan komunitas pengguna yang aktif membantu memastikan bahwa rating Douban mencerminkan pendapat mayoritas pengguna. Namun, penting untuk diingat bahwa rating Douban bukanlah jaminan mutlak tentang kualitas film atau drama.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan adalah:

Selera dan preferensi

Rating Douban mencerminkan selera dan preferensi dari komunitas pengguna Douban, yang mungkin tidak selalu sejalan dengan selera dan preferensi para penonton di China yang lain juga para penonton di luar China.

Manipulasi rating

Meskipun sistem rating tertimbang Douban berusaha untuk meminimalisir manipulasi rating, tidak menutup kemungkinan bahwa rating film atau drama dapat dimanipulasi oleh pihak-pihak tertentu.

Faktor eksternal

Popularitas film atau drama di luar Douban, seperti di media sosial dan kritikus film, juga dapat memengaruhi ratingnya di Douban. Skandal yang dilakukan sutradara, dan pemeran film dan drama dalam kehidupan pribadi dan profesional juga menjadi faktor eksternal yang bisa mempengaruhi rating di Douban.

Dampak Rating Douban untuk Film dan Drama

Rating di Douban dapat memberikan dampak yang signifikan bagi film dan drama di Tiongkok, baik dalam hal positif maupun negatif.

Dampak Positif Rating Tinggi

Meningkatkan popularitas

Rating tinggi di Douban dapat meningkatkan popularitas film atau drama, sehingga menarik lebih banyak penonton dan meningkatkan pendapatan box office atau platform streaming.

Mendapatkan pujian dan penghargaan

Film atau drama dengan rating tinggi di Douban lebih berpeluang untuk mendapatkan pujian dari kritikus film dan penghargaan di berbagai festival film.

Meningkatkan peluang untuk diadaptasi ke bahasa lain

Film atau drama dengan rating tinggi di Douban lebih berpeluang untuk diterjemahkan ke bahasa lain dan diputar di negara lain. Ada juga beberapa film dan drama China dengan rating tinggi di Douban yang diadaptasi oleh negara-negara lain.

Meningkatkan reputasi aktor dan sutradara

Aktor dan sutradara yang terlibat dalam film atau drama dengan rating tinggi di Douban akan mendapatkan reputasi yang lebih baik dan meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan proyek baru.

Kalian bisa membaca daftar drama China yang memperoleh rating tinggi di Douban pada 2022 dan 2023 di sini dan di sini.

Dampak Negatif Rating Rendah

Penurunan popularitas

Rating rendah di Douban dapat menyebabkan penurunan popularitas film atau drama, sehingga berakibat pada penurunan pendapatan box office atau platform streaming.

Kritik dan kecaman

Film atau drama dengan rating rendah di Douban mungkin akan menerima kritik dan kecaman dari penonton dan kritikus film.

Kesulitan mendapatkan pendanaan

Film atau drama dengan rating rendah di Douban mungkin akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan pendanaan untuk proyek selanjutnya.

Mencoreng reputasi aktor dan sutradara

Aktor dan sutradara yang terlibat dalam film atau drama dengan rating rendah di Douban mungkin akan mendapatkan reputasi yang buruk dan sulit untuk mendapatkan proyek baru.

Contoh Kasus Dampak Rating Tinggi dan Rendah

Film “The Farewell” (2019)

Film ini menerima rating tinggi di Douban dan dipuji oleh banyak kritikus film. Hal ini menyebabkan film ini mendapatkan distribusi yang lebih luas di Tiongkok dan negara lain.

Film “Us and Them” (2018)

Film ini menerima rating rendah di Douban dan diboikot oleh banyak pengguna Douban karena sutradaranya dituduh melakukan pelecehan seksual. Hal ini menyebabkan film ini gagal di pasaran dan merusak reputasi sutradaranya.

Drama “The Untamed” (2019)

Drama ini menjadi fenomena di Tiongkok dan menerima rating tinggi di Douban. Popularitasnya yang tinggi menyebabkan drama ini diterjemahkan ke berbagai bahasa dan diputar di negara lain.

Kontroversi Rating dan Kritikan untuk Douban

Meskipun Douban memiliki banyak manfaat, platform ini juga tidak luput dari kontroversi. Beberapa kontroversi yang pernah muncul di Douban antara lain:

Manipulasi rating

Beberapa pihak dituduh memanipulasi rating film dengan memberikan rating tinggi secara artifisial. Bentuk-bentuk manipulasi rating di antaranya adalah:

Membeli rating

Beberapa pihak membeli rating tinggi untuk film atau acara TV mereka, sehingga meningkatkan popularitasnya secara artifisial.

Membuat akun palsu

Akun palsu dibuat untuk memberikan rating tinggi, sehingga meningkatkan jumlah rating positif dan menutupi rating negatif.

Spamming

Pengguna memberikan rating tinggi secara berulang kali untuk film atau acara TV tertentu, sehingga meningkatkan ratingnya secara artifisial.

Menekan pengguna

Pengguna ditekan untuk memberikan rating tinggi, baik dengan imbalan atau ancaman.

Ada beberapa dampak negatif dari manipulasi rating misalnya masyarakat bisa tertipu dengan film dan acara TV dengan rating yang tinggi tapi setelah ditonton ternyata jelek atau tidak sesuai selera mereka. Hal sebaliknya juga bisa terjadi, film dan acara TV yang berkualitas diabaikan oleh masyarakat karena memperoleh rating rendah di Douban.

Film dan acara TV yang menjadi korban manipulasi rating rendah juga bisa mengalami kerugian secara finansial. Jika film dan acara TV itu harusnya memperoleh sekuel, bisa jadi pengarapan sekuelnya dibatalkan karena dianggap tidak menguntungkan studio film.

Manipulasi rating ini juga memicu persaingan yang tidak sehat di antara para penggemar dan hater. Juga antara para pelaku dalam industri hiburan di China itu sendiri. Pihak yang memiliki uang lebih banyak bisa menggunakannya untuk memanipulasi rating dan mendongkrak popularitas mereka. PIhak-pihak ini juga bisa menggunakan uang mereka untuk menyerang film dan acara TV saingan mereka dengan rating rendah di Douban.

Langkah-langkah yang Diambil Douban

Douban telah mengambil beberapa langkah untuk mengatasi masalah manipulasi rating:

Memperkuat sistem anti-spam

Douban menggunakan berbagai teknik untuk mendeteksi dan memblokir akun palsu dan aktivitas spamming.

Meninjau rating secara manual

Douban meninjau rating secara manual untuk mendeteksi rating yang mencurigakan. Itulah sebabnya ada drama atau film yang baru memperoleh rating lama setelah film atau drama itu tayang. Hal ini karena Douban mendeteksi terjadinya anomali dalam rating film atau drama itu hingga mereka perlu meninjaunya secara manual.

Memperberat sanksi

Douban menjatuhkan sanksi yang lebih berat bagi pengguna yang terlibat dalam manipulasi rating, seperti pemblokiran akun permanen.

Meningkatkan transparansi

Douban meningkatkan transparansi dengan menunjukkan kepada pengguna bagaimana rating dihitung dan apa saja langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi manipulasi rating.

Contoh Kasus Kontroversi Douban

Ada beberapa film dan drama luar negeri dan lokal yang terlibat dalam kontroversi di Douban, beberapa di antaranya adalah:

Film “The Farewell” (2019)

Film ini menerima rating tinggi di Douban, namun banyak pengguna yang memberikan ulasan negatif yang menghina budaya Tiongkok.

Film “Us and Them” (2018)

Film ini diboikot oleh beberapa pengguna Douban karena sutradaranya dituduh melakukan pelecehan seksual.

Platform Douban Book

Platform Douban Book telah mengalami sensor dan pembatasan dari pemerintah Tiongkok karena dianggap menyebarkan konten yang sensitif.

Contoh Kasus Kontroversi Rating Film dan Drama Lokal di Tiongkok

Film “Better Days” (2019)

Film ini menerima banyak penghargaan dan pujian dari kritikus film, namun ratingnya di Douban terbilang rendah. Hal ini dikaitkan dengan sensor yang dilakukan terhadap film tersebut, yang membuat beberapa penonton merasa bahwa filmnya kehilangan esensinya.

“Hi, Mom” (2021)

Film ini menerima rating tinggi di Douban dan menjadi film Tiongkok terlaris pada tahun 2021. Namun, beberapa pengguna Douban menuduh bahwa film ini menggunakan metode manipulasi rating, seperti membeli rating tinggi dan memalsukan ulasan positif.

“Detective Chinatown 3” (2020)

Film ini menerima rating tinggi di Douban dan menjadi film Tiongkok terlaris kedua pada tahun 2020. Namun, beberapa pengguna Douban menuduh bahwa film ini menggunakan metode manipulasi rating, seperti membeli rating tinggi dan memalsukan ulasan positif.

Falling Into Your Smile

Drama ini memperoleh kepopuleran di dunia internasional termasuk di Indonesia. Tapi drama tersebut diboikot oleh para pecinta e-sport di China, novelnya juga memperoleh tuduhan plagiat. Sebagai akibatnya drama itu memperoleh rating rendah di Douban. Kemungkinan sekuel untuk drama itu sulit untuk terwujud karena hal ini.

Fireworks of My Heart

Drama ini juga memperoleh kepopuleran di dunia internasional. Banyak penonton di luar negeri termasuk di Indonesia menyukai pasangan Yang Yang dan Wang Churan. Tapi sejak penayangannya, drama itu dibombardir dengan berbagai kritikan dari netizen di China bahkan beberapa badan pemerintah. Sebagai akibatnya rating drama itu di Douban rendah.

Situs Seperti Douban di Luar Negeri

Douban merupakan platform sosial budaya dan kritik film ternama di Tiongkok. Platform ini memiliki banyak fitur yang serupa dengan situs luar negeri yang terkenal seperti IMDb, Rotten Tomatoes, dan Goodreads.

Situs Lain di China yang Seperti Douban

Ada beberapa situs lain yang juga seperti Douban di China. Berikut ini beberapa daftarnya:

Mtime

Situs web film dan televisi ternama dengan berita, ulasan, trailer, dan informasi lainnya tentang film dan drama Tiongkok dan internasional. Mtime memiliki sistem rating 10 poin yang mirip dengan Douban, dan pengguna dapat memberikan ulasan dan komentar tentang film dan drama.

Maopao/ Maoyan

Situs web film dan drama yang populer dengan informasi box office, trailer, dan berita tentang film dan drama Tiongkok. Maopao memiliki sistem rating 10 poin yang mirip dengan Douban, dan pengguna dapat memberikan ulasan dan komentar tentang film dan drama.

Shijiepai

Situs web film dan drama yang fokus pada ulasan dan rekomendasi film dan drama Tiongkok. Shijiepai memiliki sistem rating 5 poin, dan pengguna dapat memberikan ulasan dan komentar tentang film dan drama.

Dibaca 69 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top