Home » Perangkat » Apakah YouTube Boros Kuota? Berapa Banyak Kuota yang Dibutuhkan Saat Nonton YouTube?

Apakah YouTube Boros Kuota? Berapa Banyak Kuota yang Dibutuhkan Saat Nonton YouTube?

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 10/05/2024 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Apakah kalian gemar memakai YouTube? Jika ya, mungkin kalian ingin tahu seberapa banyak data atau kuota yang digunakan oleh YouTube. Kita akan membahas detailnya untuk membantu kalian memahami penggunaan kuota internet saat memutar video di YouTube dan bagaimana kalian dapat mengoptimalkan kebiasaan streaming kalian untuk menghemat kuota internet sambil tetap menikmati konten favorit kalian.

Berapa Banyak Kuota yang Digunakan oleh YouTube?

Galeri Video

Streaming video di YouTube bisa menjadi aktivitas yang menggunakan banyak kuota, terutama jika kalian menonton dengan resolusi tinggi. Jika kalian tidak tahu hal ini, menonton di YouTube bisa boros kuota.

Konsumsi kuota tergantung pada berbagai faktor, seperti kualitas video, pengaturan optimasi, dan durasi video yang kalian tonton. Berikut perkiraan berapa banyak data yang digunakan oleh YouTube per jam:

  • Definisi Standar (SD): Sekitar 360MB per jam
  • Definisi Tinggi (HD – 720p): Sekitar 720MB per jam
  • Definisi Tinggi Penuh (FHD – 1080p): Sekitar 1,5GB per jam
  • Ultra Definisi Tinggi (UHD – 4K): Hingga 3GB per jam

Perlu diingat bahwa angka-angka ini hanya perkiraan, dan penggunaan data sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada kompleksitas konten video, tulis Airalo.com.

Cara Memeriksa Penggunaan Kuota YouTube di Perangkat Kalian

Untuk memantau jumlah data yang digunakan oleh YouTube di perangkat kalian, ikuti langkah-langkah berikut.

Pada iPhone:

  • Buka Pengaturan > Seluler
  • Gulir ke bawah hingga mencapai YouTube
  • Kalian akan melihat penggunaan data di bawah kata “YouTube”

Pada perangkat Android:

  • Buka Pengaturan > Aplikasi
  • Pilih YouTube
  • Periksa penggunaan data di bawah “Penggunaan”

Tips untuk Hemat Data (Kuota) di YouTube

Atur Kualitas Video

Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi penggunaan data di YouTube adalah dengan mengatur kualitas video. Secara default, YouTube menyesuaikan kualitas video berdasarkan koneksi internet kalian, tetapi kalian dapat mengatur secara manual ke resolusi yang lebih rendah. Memilih 480p (SD) atau 720p (HD) dapat secara signifikan mengurangi penggunaan data tanpa mengorbankan pengalaman menonton secara keseluruhan. Cukup ketuk tiga titik vertikal di layar pemutaran dan pilih opsi resolusi yang lebih rendah.

Gunakan Fitur Unduh Video di Wi-Fi

Jika kalian tahu bahwa kalian akan berada di tempat tanpa koneksi internet yang andal, manfaatkan fitur YouTube offline. Unduh video YouTube dengan Wi-Fi sebelum berangkat, lalu tonton secara offline tanpa menggunakan data seluler. Ini adalah cara yang bagus untuk menghemat data sambil tetap menikmati konten favorit kalian saat sedang bepergian.

Manfaatkan Opsi Hemat Data

YouTube juga menyediakan mode hemat data untuk mengurangi penggunaan data. Di pengaturan aplikasi YouTube, aktifkan opsi “Batas Penggunaan Data Seluler”. Fitur ini mengurangi kualitas video untuk menghemat data, jadi perlu diingat bahwa video mungkin terlihat sedikit kabur. Namun, ini adalah pengorbanan kecil untuk penghematan kuota yang signifikan.

Dibaca 13 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top