Horizontal Scroll Menu

Drama Who Rules The World Dituding Plagiat, Benarkah?


Terakhir diperbarui pada 07/05/2022 oleh Timotius Ari

Begitu plot cerita mulai mengisahkan konflik antara Feng Lan Xi dan keluarga kerajaan, para penonton mulai menulis postingan berisi tuduhan jika Who Rules the World menjiplak Royal Nirvana.

Yang perlu kita garis bawahi untuk sebuah serial drama untuk belajar dari drama lain adalah hal yang wajar. Jalan cerita dan karakter yang mirip tentu tidak bisa dihindari sepenuhnya.

Persoalannya adalah plot cerita ini tidak ada dalam novel aslinya. Jadi jalan cerita ini merupakan tambahan dari sang sutradara dan penulis naskah. Tentu saja tidaklah salah bagi sutradara dan penulis naskah untuk merombak jalan cerita novel yang mereka adaptasi ke dalam serial drama. Sayangnya, para netizen yang sudah menonton dua drama ini mengatakan jika tidak hanya plot ceritanya yang sama, bahkan dialognya kalimat per kalimat juga mirip. Tentunya tudingan ini sulit untuk diabaikan. Tim sutradara dan penulis naskah Who Rules The World harusnya menjawab tuduhan ini.

Beberapa adegan dan dialog Who Rules The World dan Royal Nirvana yang dianggap sama
Perbandingan plot cerita Who Rules The World vs Royal Nirvana yang dianggap sama

Kontroversi lain muncul berupa tuduhan jika Who Rules the World melakukan penyiksaan terhadap kuda yang dipakai untuk syuting. Tuduhan ini muncul dari seorang netizen bernama A meow that loves horses untuk adegan pada episode pertama.

Pages ( 2 of 3 ): « Sebelumnya1 2 3Berikutnya »