Horizontal Scroll Menu
Home » Serial TV » Review » Media China Bandingkan Beda Drama Korea Family By Choice dan Go Ahead

Media China Bandingkan Beda Drama Korea Family By Choice dan Go Ahead


Terakhir diperbarui pada 23/10/2024 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com–Drama China yang dibintangi oleh Song Weilong, Zhang Xincheng dan Tan Songyun, Go Ahead merupakan sebuah drama yang populer dan fenomenal. Drama itu diangkat ke dalam drama Korea yang tayang baru-baru ini berjudul Family by Choice.

Dibintangi oleh Hwang In Yeop, Bae Hyun Sung dan Jung Chae Yeon, Family By Choice bisa ditonton di Viu Indonesia. Drama ini tentunya menarik perhatian masyarakat China dan para penggemar drama China di seluruh dunia yang sudah menonton drama Go Ahead. Perbandingan di antara keduanya tentu saja tidak bisa dihindari mengingat kepopuleran drama Go Ahead bahkan hingga saat ini.

Drama Family by Choice mengisahkan tiga anak yang tidak memiliki hubungan darah tapi menjadi keluarga baru akibat perubahan dalam keluarga asli mereka masing-masing. Mereka kemudian terpaksa berpisan dan bertemu lagi setelah sepuluh tahun.

Rating

Drama itu tayang di JTBC dua episode setiap Rabu. Rating dari empat episode pertamanya stabil di atas 2%, dengan rating tertinggi mencapai 2,242%. Respons para penonton di Korea Selatan juga cukup baik.

Namun, dalam peringkat topik hangat TV-OTT yang dirilis oleh GOODDATA, popularitas drama dan para aktor utama tidak menonjol, tertinggal di belakang banyak karya lain dengan pemeran yang lebih kuat pada periode yang sama, seperti Jeongnyeon: The Star Is Born, The Judge from Hell, dan Dear Hyeri.

Media di China seperti Sohu menulis artikel yang menyorot perbedaan di antara Family by Choice dan Go Ahead disertai dengan kesan pertama media itu terhadap beberapa episode awal drama Korea itu.

Para pemeran

Sejak awal pemberitaan adaptasi Go Ahead muncul, para netizen sudah mempertanyakan para pemeran utamanya. Setelah drama itu tayang, media itu mengungkap jika kualitas akting para pemeran utamanya tidak sekuat para pemeran Go Ahead.

Berbeda dengan respons terhadap tiga pemeran utama Family by Choice, saat para netizen di China mengetahui jika Tan Songyun, Song Weilong dan Zhang Xincheng terpilih untuk membintangi Go Ahead, mereka merespon dengan positif.

Jung Chae Yeon memerankan Yun Ju Won, karakter yang dibuat berdasarkan karakter Li Jianjian yang diperankan oleh Tan Songyun. Jun Chae Yeon adalah seorang idol anggota grup girl IOI sebelum beralih ke dunia akting. Dia pernah beradu akting dengan Yook Sung Jae dalam drama The Golden Spoon.

Berbeda dengan karakter Li Jianjian yang ceria dan hidup, karakter Yun Ju Won terkesan agak polos. Sohu merasa jika dibandingkan dengan para aktris lain, Jung Chae Yeon masih belum memiliki kemampuan akting yang menonjol.

Sedangkan Hwang in Yeop dikenal berkat perannya sebagai Han Seo Joon dalam drama populer True Beauty. Dia adalah sosok yang lucu dan penuh kasih dalam drama itu dan akting dan penampilan Hwang In Yeob berhasil memenangkan hati banyak penonton di China dan Korea. Kali ini dia memerankan Kim San Ha, karakter yang diangkat dari karakter Ling Xiao yang diperankan oleh Song Weilong. Menurut media itu, bila dibandingkan dengan akting Song Weilong, keduanya sama-sama memiliki kelemahan pada akting mereka. Bedanya adalah menurut media itu, penampilan Hwang In Yeob masih kalah bila dibandingkan dengan Song Weilong. Sohu menyoroti jika berat badan Hwang In Yeob sepertinya naik beberapa tahun ini sehingga wajahnya terlihat “bengkak”.

Sementara Bae Hyun-sung memerankan Kang Hae Jun, yang diangkat dari karakter He Zi Qiu yang diperankan oleh Zhang Xincheng. Bae Hyun Sung selama ini menjadi pemeran pendukung dari drama populer seperti What Wrong with Secretary Kim dan Hospital Playlist. Perannya yang paling menonjol adalah sebagai Baek Ma Tan dalam drama Gaus Electronics. Bila dibandingkan dengan Zhang Xincheng yang memerankan He Ziqiu, aktingnya dianggap kurang mampu menggambarkan kondisi emosional yang halus dan kompleks.

Jalan cerita

Perbedaan mencolok antara Go Ahead dan Family by Choice adalah jumlah episodenya. Go Ahead memiliki 46 episode, sedangkan Family by Choice memiliki 16 episode. Tentu saja cerita Family by Choice akan mengalami banyak perubahan. Selain itu, ceritanya juga mengalami banyak adaptasi supaya sesuai dengan budaya lokal Korea Selatan sambil mempertahankan kerangka utama.

Jumlah episode Family By Choice hampir mencapai setengah dari jumlah episode Go Ahead, dengan masing-masing episode memiliki durasi satu jam. Sedangkan durasi episode Go Ahead rata-rata hanya 40 menit. Jadi menonton Family by Choice seperti menonton cerita beralur maju dengan kecepatan delapan kali lipat. Hubungan antar cerita dianggap kurang lancar oleh media itu.

Salah satu kritikan para penonton di China terhadap Go Ahead adalah perubahan cerita yang awalnya menonjolkan kasih sayang keluarga kemudian berubah jadi cinta bersegi-segi. Tapi versi Korea memilih mengabaikan keseimbangan antara kasih sayang keluarga dan cinta. Drama itu langsung memilih menonjolkan kisah percintaan.

Hal ini juga berdampak pada peran pendukung. Karakter Tang Can dalam Go Ahead sepertinya dihapus dalam Family by Choice. Paling tidak dalam empat episode awal drama itu. Jika benar demikian, atau dengan kata lain tidak ada karakter dalam drama Korea itu yang dibuat berdasarkan karakter Tang Can yang muncul belakangan, maka kisah cinta segitiga antara karakter utama dan karakter pendukung dihapus. Selain itu, dalam Family by Choice perasaan karakter pria kedua pada karakter utama wanita tidaklah ambigu seperti pada Go Ahead. Jadi karakter pria kedua, paling tidak dalam empat episode pertama, hanya memiliki perasaan seorang kakak pada karakter utama wanita.

Alur cerita drama Korea ini langsung melibatkan cinta dari sejak awal. Setelah para karakter utama masuk SMA, mereka mulai merasakan cinta. Karakter utama wanita memiliki seorang pengagum, sedangkan karakter utama pria memiliki seorang pacar.

Drama ini juga menampilkan elemen yang saat ini sedang ngetren di Korea Selatan dan sepertinya menjadi keistemewaan dari hampir setiap drama Korea yang ada saat ini yaitu perundungan. Kedua karakter pria dalam drama ini adalah selebriti di sekolah dan populer di kalangan para siswi. Sebagai saudari tiri dari keduanya, karakter utama wanita mengalami perundungan dari para siswi lainnya. Kemudian munculah adegan-adegan klasik yang kita lihat dalam drama Korea selama ini, para karakter pria kita muncul untuk menyelamatkan karakter utama wanita.

Kesimpulan

Jadi drama ini tidak memiliki unsur khas yang membuat drama Go Ahead populer dan unik dan berubah menjadi drama idola remaja. Tapi hal ini juga memberikan keunggulan dan menjadi sebuah cara drama Family by Choice menghindari kesalahan fatal yang diambil Go Ahead. Para penonton di China mengeluh saat mereka melihat perubahan kasih sayang keluarga dari tiga karakter utama menjadi cinta romantis. Mereka sempat merasa risih melihat kakak adik sekalipun tidak terikat darah pelan-pelan berubah menjadi kekasih. Hal ini bisa dihindari dalam Family by Choice. Tapi di sisi lain, hal ini berarti drama Korea itu kehilangan esensi dari Go Ahead tentang nilai keluarga yang tidak selalu terikat dengan hubungan darah.

Umumnya sebuah remake dianggap berhasil jika mampu memberikan unsur unik pada ceritanya yang tidak ada dalam versi asli. Nilai dan budaya lokal bisa dipakai sebagai unsur unik yang menjadi pembeda antara remake dan karya asli. Sayangnya hanya sedikit remake yang berhasil melakukan hal ini sehingga tidak bisa menghasilkan karya yang lebih baik dari versi aslinya.

Sepertinya drama Family by Choise mengikuti jejak dari remake drama sebelumnya seperti A Love So Beautiful, Mr. Queen, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo sebagai drama remake yang gagal menyajikan sesuatu yang unik dan berbeda dari versi aslinya. Sohu untuk sementara ini memberi penilaian jika drama Family by Choice adalah sebuah remake yang kurang bila dibandingkan Go Ahead.