Horizontal Scroll Menu
Home » Serial TV » Berita » Penulis Novel Falling Into Your Smile Tanggapi Kontroversi

Penulis Novel Falling Into Your Smile Tanggapi Kontroversi


Terakhir diperbarui pada 23/07/2021 oleh Timotius Ari

Seperti yang diberitakan sebelumnya, semenjak berita drama Falling Into Your Smile digarap beredar di internet, para penggemar e-sport di China bereaksi negatif. Mereka menyatakan akan memboikot drama itu. Hal ini karena novel yang diadaptasi drama itu dianggap bermasalah. Drama itu diangkat dari novel berjudul You Are Beautiful When You Smile. Pernyataan mereka itu diwujudkan saat drama itu tayang dengan memberikan banyak rating negatif di Douban.

Para penggemar e-sport kemudian mengkritik berbagai hal dalam drama itu dan bahkan menyerang pemeran utama wanita Falling Into Your Smile, Cheng Xiao. Rupanya reaksi negatif dari kalangan penggemar e-sport di China begitu besar hingga tim drama itu dan manajemen Cheng Xiao mengeluarkan pernyataan resmi di Weibo.

Berbagai bukti dugaan plagiat yang dikumpulkan para penggemar e-sport dari novel

Sekarang, penulis novel yang diadaptasi drama itu Qing Mei turut menanggapi kontroversi ini di akun Weibonya pada Senin (12/7). Ada beberapa poin utama yang dia tulis. Pertama, tidak ada plagiat dalam novelnya. Kedua, tidak ada penggabungan karakter atlet e-sport di dunia nyata untuk membuat karakter baru dalam novel. Ketiga, tidak ada pencurian konten. Dan yang terakhir adalah tidak ada penghinaan terhadap dunia e-sport di China.

Pernyataan sang penulis novel

Dia juga mengunggah berbagai gambar yang berisi penjelasan terhadap berbagai tudingan yang disampaikan netizen selama beberapa waktu ini.  Dia meminta setiap netizen untuk berpikir dengan hati-hati setelah membaca novel itu. Jadi mereka jangan percaya penilaian orang lain sebelum membaca novel itu sendiri. Setelah mereka membacanya, baru mereka bisa menyimpulkan apakah novel itu plagiat atau tidak.

Tapi, respon Qing Mei bukannya meredakan situasi yang panas. Melainkan seperti menyiram bensin pada api. Para netizen percaya jika penjelasan penulis novel itu hanya mengaburkan batas antara yang benar dan salah. Mereka sudah mengungkapkan bukti-bukti plagiat dalam novelnya dengan jelas, jadi yang mereka lakukan bukanlah memfitnah dirinya. Kolom komentar postingan pernyataan sang penulis novel dibanjiri cercaan tapi dia tidak membalasnya. Qing Mei juga mengubah pengaturan kolom komentar sehingga mereka yang sudah mengikutinya lebih dari 100 hari di Weibo yang bisa berkomentar.

Tidak hanya novelnya saja yang dianggap bermasalah. Jalan cerita dalam drama Falling Into Your Smile juga dikritik para penggemar e-sport. Mereka yang familiar dengan kehidupan para atlet e-sport di China memiliki sebuah lelucon dalam industri jika dunia e-sport tidak mengenal cinta. Maksudnya para atlet e-sport tidak punya waktu untuk pacaran karena mereka menjalani pelatihan dan tekanan yang kuat. Mereka memperlakukan game seperti agama mereka. Sedangkan dalam drama Falling Into Your Smile, para atlet e-sport masih sempat memikirkan soal cinta.

Ada karakter atlet e-sport yang kalah pertandingan hanya karena mantan pacarnya ikut menonton turnamen. Ada yang mengatakan dia rela kalah hanya demi membuat pacarnya bahagia. Ada yang meminta mantan pacarnya bergabung dengan tim e-sport di mana dia ada dibandingkan bergabung dengan tim e-sport lawan. Dan yang menjadi kontroversi baru-baru ini adalah atlet e-sport yang memarahi penggemar di tengah turnamen karena sang penggemar bertengkar dengan pacarnya. Semua perilaku ini dianggap mencerminkan ketidakprofesionalan mereka dan menghina dunia e-sport.

Perilaku karakter-karakter dalam drama itu dianggap memperlakukan industri e-sport yang serius dan profesional seperti tempat bermain anak-anak dan menjadi alat bagi pria dan wanita untuk jatuh cinta.

Beberapa orang beranggapan drama dan para aktor di dalamnya tidaklah bersalah jika novelnya yang dianggap melakukan plagiat. Benarkah demikian? Banyak drama populer lainnya seperti Eternal Love of Dream, Empresses in the Palace dan lain-lain juga sempat dituding plagiat. Tapi saat drama-drama ini tayang, reaksi penonton tetaplah positif. Mungkin karena tim produksi melakukan perubahan-perubahan dalam cerita dan akting para pemainnya yang dianggap baik. Apakah respon negatif para penggemar e-sport di China terhadap drama Falling Into Your Smile berarti tim drama itu tidak melakukan perubahan cerita dengan baik?

Sebagai catatan tambahan, semua kontroversi ini sepertinya hanya terjadi di antara penggemar e-sport di China dan penulis novel serta drama Falling Into Your Smile. Para penonton dan penggemar umum tidak mempermasalahkan hal ini. Mungkin ada yang tidak menyukai akting beberapa pemain dalam drama atau jalan ceritanya, tapi mereka pada umumnya tidak bereaksi sekeras para penggemar e-sport. Sebagian besar penggemar dan penonton umum menyukai chemistry antara Xu Kai dan Cheng Xiao dan drama ini secara umum.

Sumber: Sohu