Horizontal Scroll Menu
Home » Selebritis » Weibo Panggil Studio Zhao Liying dan Wang Yibo, Bahas Perang Penggemar

Weibo Panggil Studio Zhao Liying dan Wang Yibo, Bahas Perang Penggemar


Terakhir diperbarui pada 28/08/2021 oleh Timotius Ari

The Cyberspace Administration of China (CAC) mulai menertibkan perilaku tidak sehat dan tidak pantas di internet selama beberapa hari ini. Pada 27 Agustus 2021, CAC dan badan terkait merilis panduan dan ukuran baru untuk memastikan dan menjaga lingkungan online yang sehat sebagai bagian dari operasi Qingming untuk membersihkan internet. Banyak akun selebritis di Weibo yang diboikot, super topic dan karya yang dihapus. Sebagai akibatnya beberapa artis merilis pernyataan meminta para penggemar mengejar artis secara rasional.

Zanilia Zhao Liying dan Wang Yibo adalah dua artis yang disebut secara langsung oleh Weibo saat fandom mereka terlibat perang satu sama lain terkait rumor kolaborasi mereka dalam drama baru. Banyak akun terkait Zhao liying mulai dari studio resminya, fan club, fan site dan akun penggemar besar yang diblokir sementara atau permanen karena dianggap memicu perang penggemar, menyerang artis atau penggemar lain dan menggerakkan massa di internet untuk memboikot.

Saat ini adalah masa yang sensitif dalam industri hiburan China karena banyak skandal serius yang terjadi. Akun resmi Zhao Liying dan Wang Yibo merilis surat pernyataan mendesak para penggemar mengejar para artis dengan rasional dan tidak melakukan perilaku yang merusak.

Pada 27 Agustus, saat CAC merilis hukum baru terkait hal ini, akun administrator Weibo bertemu dengan admin akun studio Zhao Liying dan Wang Yibo untuk membahas masalah manajemen dan panduan terkait penggemar mereka. Weibo tidak menyebut nama keduanya secara jelas, tapi dilihat dari pernyataan mereka, jelas yang dimaksud adalah keduanya.

“Pada 27 Agustus, Weibo mengadakan pembicaraan terkait aturan dengan studio selebritis Zhao dan Wang terkait masalah manajemen dan panduan penggemar mereka,” tulis Weibo.

Weibo melanjutkan mereka menilai jika admin studio kedua bintang itu gagal memandu dan mengekang perilaku para penggemar hingga terjadilah  perang antara kedua fandom.

Mereka memperingatkan admin studio kedua bintang dan merilis empat poin yang intinya adalah akun studio diwajibkan untuk mematuhi aturan CAC terkait manajemen penggemar. Mereka harus bertanggung jawab terhadap perilaku fan club, dan grup penggemar, berani melaporkan perilaku merusak dan tidak menutup mata jika terjadi gejolak di antara penggemar. Kedua studio juga diminta memandu dan mengarahkan para penggemar ke arah yang positif.

Ini bukanlah pertama kalinya Weibo bertemu dengan para selebritis untuk membahas soal aturan di platform mereka. Setelah skandal 227 yang menimpa Xiao Zhan, situasi berada di luar kendali hingga Weibo harus turun tangan. Mereka bertemu dengan studio Xiao Zhan untuk membahas situasi terkait perilaku para penggemar yang tidak rasional. Setelah pertemuan itu, Weibo merilis pernyataan yang secara langsung menyebut nama studio Xiao Zhan yang dianggap lalai dalam memandu dan mengatur perilaku para penggemar hingga situasi menjadi di luar kendali.

Sumber: 38jiejie.com