Horizontal Scroll Menu

CEO Disney Bahas Sulitnya Rilis Film di China


Terakhir diperbarui pada 14/05/2022 oleh Timotius Ari

Sebelumnya Deadline memberitakan jika film yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch itu kemungkinan tidak akan tayang di China. Salah satu masalah yang muncul adalah ada adegan yang memperlihatkan kios koran dengan tulisan The Epoch Times, sebuah perusahaan media dan surat kabar multi bahasa internasional yang menentang Partai Komunis China. Film itu sudah didaftarkan tapi belum memperoleh izin tayang.

Film Doctor Strange yang pertama memperoleh penghasilan kotor $109 juta di China.

China dan Hollywood selama ini memiliki hubungan yang rumit. Industri film di China berada dalam kendali langsung dari departemen propaganda Partai Komunis sejak 2018. Mereka memilah dan memilih berbagai film asing yang hendak tayang. Ada film-film yang langsung ditolak tapi ada yang dibiarkan begitu saja setelah didaftarkan tanpa ada kejelasan izin tayangnya.

Eternals tidak tayang di China setelah kontroversi dari komentar yang diucapkan sang sutradara Chloe Zhao beberapa tahun yang lalu muncul lagi setelah dia menang Oscar untuk Nomadland.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings juga tidak tayang mungkin karena karakter penjahat Fu Manchu dianggap sebagai stereotip. Black Widow tidak pernah memperoleh izin tayang. Hal yang sama juga terjadi untuk Spider-Man: No Way Home.

Sumber: Deadline.

Pages ( 2 of 2 ): « Sebelumnya1 2