Kenapa Drama China Lama Tayang? Ini Penjelasannya

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 23/03/2023 oleh Timotius Ari

Setelah selesai syuting, drama akan melalui proses paska produksi. Proses ini lebih cepat untuk drama modern, tapi butuh waktu lebih lama untuk drama historis karena CGI (efek khusus), editing video, editing suara, dubbing dan faktor lainnya.

Bagian dari paska produksi adalah mendaftarkan drama ke NRTA, yang pada dasarnya bertindak sebagai lembaga sensor. Drama China harus memperoleh izin dari badan ini sebelum tayang. Proses ini memerlukan waktu beberapa kali. Mulai dari proses sensor, izin tayang, izin promosi dan lain-lain. Contohnya, jika sebuah drama ingin dipromosikan dalam bentuk banner yang besar di halaman utama aplikasi streaming, drama itu juga harus memperoleh izin dari NRTA. Proses ini butuh waktu lama.

Jika NRTA merasa konten sebuah drama bermasalah hingga perlu diedit alias disensor, prosesnya butuh waktu lebih lama lagi. Drama itu perlu diedit, lalu didaftarkan ke NRTA. Bila badan itu belum puas dengan hasilnya, maka tim drama perlu mengedit lagi hingga memperoleh lampu hijau. Itulah sebabnya ada drama yang tertahan dalam proses ini hingga belum bisa tayang.

Contohnya adalah The Fated General yang tertahan dalam proses ini hingga bertahun-tahun karena masalah sejarah dalam ceritanya. NRTA merasa alur cerita sejarah dalam drama itu perlu diubah.

Dibaca 629 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top