Home » Serial TV » Artikel » Cara Kreatif Brand Iklankan Produk dalam Drama China Only For Love

Cara Kreatif Brand Iklankan Produk dalam Drama China Only For Love

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 28/11/2023 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Sejak penayangan drama Let’s Go Watch the Meteor Shower pada 2009, penempatan iklan dalam film dan drama online mulai menjadi opsi yang semakin populer bagi para produsen dan jumlah iklan meningkat. Setelah empat tahun berlalu, berbagai brand di China mulai mengembangkan berbagai trik yang kreatif dalam mengiklankan produk mereka dalam beberapa drama di China.

Contohnya, dalam drama kostum Legend of Fei, iklan Bestore ditempatkan sedemikian rupa hingga para penonton tidak merasa terganggu. Mereka malah merasa jika cara yang ditempuh produsen cemilan buah dan biji-bijian kering itu adalah sesuatu yang segar dan baru.

Sedangkan brand cemilan Baicao menampilkan iklan produk mereka dalam drama Eternal Love. Sedangkan dalam drama All is Well dan The Story of Xing Fu, produk Wolong Food selalu hadir.

Baru-baru ini, drama romansa perkotaan, drama Only for Love yang dibintangi oleh Bai Lu, Dylan Wang dan Miles Wei menyita perhatian para penonton. Berkat kepopuleran drama itu, brand snack Bibizan menjadi ikut populer. Selain karena kepopuleran drama itu, brand tersebut juga menyita perhatian para penonton di China karena trik pemasarannya yang unik.

Cara pemasaran yang digunakan brand itu disebut sebagai Band Aid, yaitu sebuah cara pemasaran produk yang ditempatkan pada adegan yang dirasa akan populer dalam sebuah drama atau film. Jadi tidak peduli tema film atau drama, para karakter di dalamnya harus makan atau memakai produk yang diiklankan. Seandainya cerita drama atau film itu adalah tentang seorang dewa abadi dari dunia lain, dia tetap harus mengkonsumsi produk yang diiklankan. Mungkin produk itu bisa berupa minuman anggur supaya tetap sesuai dengan setting waktu dan budayanya.

Bekerja sama dengan film televisi dan drama televisi, berbagai produk snack di China berusaha meningkatkan pengenalan produk mereka pada para penonton. Dengan melihat produk itu dikonsumsi aktor dan aktris idola mereka atau muncul pada saat adegan berkesan, para penonton di China diharapkan tertarik untuk mengkonsumsi produk-produk itu. Bersamaan dengan ngetrennya sebuah drama atau film atau sebuah adegan, diharapkan sebuah demam muncul di antara para penonton di mana mereka ingin memakai gaya pakaian yang sama, memakan dan meminum minuman yang sama dengan idola mereka di layar.

Dalam drama Only for Love, brand cemilan Bibizan muncul dalam berbagai adegan dalam drama sebagai rekanan resmi drama itu. Dengan muncul berkali-kali, Bibizan ingin meninggalkan kesan yang mendalam dalam memori para penonton, tulis Baidu.

Bila iklan TV biasa sering muncul sebelum penayangan, di sela penayangan dan di akhir penayangan, Bibizan lebih memilih memakai trik Band Aid yang sedang ngetren belakangan ini. Iklan model seperti ini bisa menolong plot cerita, dan meninggalkan kesan yang lebih mendalam bagi para penonton.

Contohnya adalah saat para karakter dalam drama itu mengkonsumsi cemilan Bibizan atau membeli paket cemilan sebagai hadiah untuk karakter lain. Karakter dalam drama memperlihatkan jika mereka menikmati cemilan Bibizan dengan nikmat. Hal ini diharapkan membuat para penonton tergiur untuk mencoba produk yang dikonsumsi oleh para karakter itu.

Selain menempatkan iklan di dalam berbagai adegan dalam drama, Bibizan juga membuat sesi interaktif di akun WeChat resmi mereka selama penayangan drama Only for Love.

Brand itu memang mentargetkan produk mereka untuk para anak muda. Jadi mereka sengaja memilih drama Only for Love sebagai salah satu drama di mana mereka memasang iklan.

Cara ini adalah cara yang saat ini ngetren dipakai berbagai brand untuk menjangkau anak muda. Terlebih, menonton serial TV, drama dan film secara streaming merupakan bagian dari gaya hidup generasi muda saat ini. Selain menonton konten, kaum muda biasanya juga membuat konten meme terkait film, drama atau serial TV yang lucu atau berkesan bagi mereka.

Beberapa merk di China yang menuai keberhasilan berkat memakai cara ini adalah Three Squirrels, Baicaowei dan Bestore. Produk dari ketiga brand ini berakar kuat di hati konsumen berkat ketekunan mereka menempatkan iklan di dalam film dan drama di China.

Dibaca 134 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top