Home » Serial TV » Artikel » Arti Reservation dan Heat Index Serta Istilah Lainnya dalam Layanan Streaming di China

Arti Reservation dan Heat Index Serta Istilah Lainnya dalam Layanan Streaming di China

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 04/06/2024 oleh Timotius Ari

Layarhijau.com—Layanan video streaming asal China mulai populer di Indonesia beberapa tahun ini. Kepopuleran tersebut dikarenakan konten hiburan yang mereka sajikan mampu bersaing dengan layanan streaming internasional seperti Netflix. Layanan seperti WeTV misalnya, tidak hanya menyuguhkan drama dan film dari negara China tapi juga negara Asia lainnya. Layanan streaming tersebut juga bahkan memproduksi berbagai serial asli Indonesia dan memasarkannya secara internasional.

Seiring populernya drama dan film asal Tiongkok yang ditayangkan lewat layanan video streaming seperti WeTV, iQiyi, Youku, MangoTV, para penggemar pun kerap membaca berbagai istilah yang kerap dipakai oleh berbagai layanan itu. Mulai dari reservasi, heat index, bullet comment dan lain-lain.

Kali ini, LayarHijau akan membahas beberapa istilah yang kerap muncul saat kita membahas drama atau film Mandarin yang tayang di platform video streaming China.

Heat index

Istilah heat index kerap digunakan untuk mempromosikan kepopuleran sebuah drama. Kita pastinya pernah membaca atau melihat poster yang dibagikan layanan streaming yang menyatakan jika drama A berhasil memecahkan sekian puluh ribu poin dalam heat index. Lantas apa itu heat index?

Heat index pada platform streaming video adalah sebuah metrik yang mengukur popularitas suatu program. Berbeda dengan jumlah penayangan (view count) yang hanya menunjukkan jumlah penonton saat ini, heat index mempertimbangkan berbagai faktor untuk memberikan gambaran yang lebih menyeluruh tentang keterlibatan penonton.

Algoritma yang menentukan heat index biasanya tidak dipublikasikan, tetapi kemungkinan besar mempertimbangkan elemen-elemen seperti:

  • Jumlah penonton aktif pada waktu tertentu
  • Total jumlah penonton yang menonton di titik mana pun selama siaran
  • Durasi siaran

Metrik gabungan ini menawarkan indikasi yang lebih baik tentang popularitas program secara keseluruhan dibandingkan hanya dengan melihat jumlah penonton saat ini. Singkatnya, heat index membantu platform streaming video untuk memahami program mana yang paling menarik bagi pemirsa dan memberikan wawasan tentang tren menonton.

Reservasi

Reservasi (reservation) juga adalah istilah yang kerap digunakan oleh layanan streaming dan media di China saat membahas atau mempromosikan drama yang akan tayang. Tentunya kita pernah membaca atau melihat poster di mana drama tertentu yang belum tayang sudah memecahkan jumlah reservasi sekian juta. Lantas apa itu arti reservasi?

Istilah “reservation” dalam platform streaming video di China umumnya mengacu pada fitur yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan program ke daftar tonton mereka untuk ditonton nanti.

Fitur ini tersedia di berbagai platform streaming video populer di China, seperti Bilibili, iQiyi, dan Youku. Pengguna dapat menambahkan program ke daftar tonton mereka dengan mengklik tombol “reservation” atau “add to watchlist” yang biasanya terdapat di halaman detail program.

Program yang telah direservasi akan ditambahkan ke daftar tonton pengguna dan dapat diakses dengan mudah nanti. Pengguna dapat menonton program dari daftar tonton mereka kapan pun mereka mau, tanpa harus mencari programnya lagi.

Fitur reservation ini sangat berguna untuk membantu pengguna melacak program yang ingin mereka tonton, tetapi belum punya waktu untuk menontonnya saat ini. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan notifikasi ketika program yang mereka reservasi telah tersedia untuk ditonton.

Selain untuk program TV dan film, fitur reservation juga dapat digunakan untuk video musik, live streaming, dan konten lainnya.

Fast track

Istilah fast track kerap digunakan oleh layanan streaming dalam konteks pengguna global. Tapi rupanya di China, istilah yang digunakan bukanlah fast track. Di China, layanan streaming lebih sering menggunakan istilah 限时解锁/xiàn shí jiě suǒ atau pre-release.

Fitur ini mengizinkan pengguna membayar biaya tambahan supaya mereka bisa menonton beberapa episode lebih awal dibandingkan para pengguna VIP dan pengguna gratis. Jadi jika pengguna gratis hanya bisa menonton satu episode gratis setiap harinya, pengguna VIP biasanya bisa menonton dua episode gratis sekaligus. Jika mereka memakai fitur fast track mereka bisa menonton lebih dari dua episode sekaligus. Biasanya fast track tersedia satu atau dua minggu sebelum sebuah drama akan tamat. Kehadiran fast track hanya tersedia untuk drama tertentu sesuai kebijakan layanan streaming.

Layanan ini sempat dihentikan di China karena protes para pengguna VIP yang merasa jika biaya fast track sangat mahal. Pemerintah China saat itu memerintahkan layanan streaming menghentikan layanan itu demi melindungi para konsumen.

Bullet screen

Istilah asli dari bullet screen adalah danmu. Fitur ini adalah fitur komentar real-time yang muncul di layar saat video diputar. Komentar ini bisa berupa teks, emoji, atau gambar, dan sering kali interaktif dan humoris. Istilah lain untuk danmu adalah barrage comment.

Pay per view

Pay per view (PPV) tidak hanya digunakan dalam layanan streaming di China tapi juga layanan streaming global. Fitur yang memungkinkan pengguna untuk membeli akses ke program tertentu secara individual, tanpa harus berlangganan layanan VIP.


(berbagai sumber)

Dibaca 68 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top