Horizontal Scroll Menu
Home » Serial TV » Review » Review Drama Mysterious Lotus Casebook: Membuat Penasaran dan Ketagihan

Review Drama Mysterious Lotus Casebook: Membuat Penasaran dan Ketagihan


Terakhir diperbarui pada 26/08/2023 oleh Timotius Ari

Sutradara: Guo Hu, Ren Hai TaoPemain: Cheng Yi, Joseph Zeng, Xiao Shunyao, Chen Duling, Rain Wang
Episode: 40 + episode ekstraTayang: iQiyi, WeTV

Menegangkan dan membuat ketagihan

Akting
4 / 5
4
Soundtrack
4 / 5
4
Cerita
4 / 5
4

Summary

Jalan ceritanya padat dan ditata sedemikian rupa hingga tidak ada yang sia-sia

Sinopsis:

Sepuluh tahun yang lalu, Li Xiang Yi, sang ahli kung fu dari Sekte Sigu, mendominasi dengan keahlian pedangnya yang superior dan menjadi simbol cahaya dalam dunia bela diri. Namun, tiba-tiba ia menghilang bersama dengan Di Fei Sheng, pemimpin Aliansi Jinyuan, setelah mereka sepakat untuk bertarung di Laut Timur.

Sepuluh tahun kemudian, Li Lian Hua adalah seorang dokter pedesaan yang bepergian dengan menara teratai sebagai rumahnya. Dia secara tidak sengaja menjadi “terkenal” dan terjerat dalam dunia bela diri yang awalnya ingin dia tinggalkan.

Fang Duo Bing, seorang pemuda penuh semangat yang bermimpi menjadi pahlawan, menyadari bahwa Li Lian Hua bukanlah orang biasa dan bersumpah untuk menemukan bukti bahwa Li Lian Hua telah menyamar sebagai dokter terkenal. Sementara itu, Di Fei Sheng, yang selalu menganggap Li Xiang Yi sebagai musuh sengit, juga muncul kembali dalam dunia bela diri dan mengenali bahwa dokter yang biasa-biasa saja, Li Lian Hua, sebenarnya adalah Li Xiang Yi.

Setelah serangkaian kasus, Li Lian Hua, Di Fei Sheng, dan Fang Duo Bing secara bertahap membentuk persahabatan yang mendalam dan bergabung dalam memecahkan kasus-kasus misterius untuk menegakkan keadilan.

Review:

Sepertinya beberapa drama wuxia yang tayang tahun ini sepakat memakai unsur cerita yang sama yaitu tokoh utamanya kehilangan kung fu mereka. Contohnya adalah Mysterious Lotus Casebook dan The Blood of Youth. Ada juga yang tokoh utamanya tidak bisa kung fu seperti The Ingenious One.

Seolah tim kreatif di balik beberapa drama wuxia untuk tahun ini memiliki kesepakatan untuk meninggalkan pola lama. Pola itu biasanya menceritakan tokoh atau karakter yang tidak dikenal atau biasa-biasa saja yang melakukan perjalanan atau petualangan belajar kung fu hingga mereka menjadi ahli nomor satu di dunia persilatan.

Tapi Mysterious Lotus Casebook unik karena drama ini tidak melulu membahas intrik di dunia persilatan tapi juga pemecahan kasus misterius. Hal ini membuat drama ini memiliki sub genre fiksi kejahatan. Yang lebih unik lagi adalah melalui kasus yang diselidiki oleh Li Lianhua dan Fang Duo Bing, ada juga nuansa horor, misteri dan ketegangan yang dirasakan para penonton.

Selain itu, sekalipun Li Xiangyi kehilangan tenaga dalamnya dan menjadi Li Lianhua, dia tidak sepenuhnya tidak berdaya. Dalam berbagai kesempatan, para penonton bisa memperoleh cuplikan atau kilasan sehebat apa dirinya dulu saat masih menjadi ahli kungfu nomor satu. Sekalipun dengan tenaga dalamnya yang tersisa, dia mampu beraksi dan mengalahkan lawan-lawan yang sulit dilawan Fang Duobing.

Sementara jika dilihat dari jalan cerita, Mysterious Lotus Casebook memiliki alur cerita yang cepat dan padat. Tidak ada adegan, dialog atau sub plot yang sia-sia. Semuanya ditata dan diatur sedemikian rupa hingga para penonton merasa penasaran, tegang dan bertanya-tanya tentang kelanjutan ceritanya. Setiap kasus rupanya menjadi benang merah terhadap misteri utama dalam drama yaitu kematian kakak seperguruan Li Xiangyi, Shan Gu Dao. Plot twist atau kejutan dalam alur cerita dalam drama ini juga cukup baik.

Saya melakukan kesalahan karena menonton drama itu pada waktu yang kurang tepat. Padahal begitu menonton satu episode, kalian tidak akan bisa berhenti untuk terus menonton karena editingnya yang memotong setiap episode di bagian yang benar-benar membuat penonton penasaran. Hasilnya saya sering begadang hanya karena terjebak dengan rasa penasaran saat menonton drama itu.

Kisah cinta dalam drama ini bukanlah sebuah fokus. Tapi kehadiran Chen Duling sebagai Qiao Wan Mian, mantan kekasih Li Xiangyi mampu memberi warna tersendiri. Qiao Wan Mian memang jarang muncul dalam drama, tapi interaksinya dengan Li Lianhua lebih dari cukup untuk menambahkan romansa dalam drama itu. Hubungan di antara keduanya juga dipakai sebagai jembatan untuk membuat para penonton mengetahui karakter dan sifat Li Xiangyi 10 tahun sebelumnya.

Selain kasus-kasus misterius yang menjebak penonton dalam rasa penasaran, interaksi dan chemistry di antara para tokoh utama ini memang menarik. Li Xiangyi dan Di Feisheng (diperankan oleh Xiao Shunyao) pada awal drama adalah musuh bebuyutan. Li Xiangyi adalah pendiri sekte Sigu, aliran yang lurus. Sedangkan Di Feisheng adalah pendiri sekte Jinyuan yang berasal dari aliran sesat. Pada awalnya, Li Xiangyi berpikir jika kakak seperguruannya tewas di tangan sekte Jinyuan. Tentu saja hal ini membuat keduanya menjadi musuh bebuyutan.

Tapi saat keduanya bertemu 10 tahun kemudian, hubungan Li Lianhua dan Di Feisheng berubah dari musuh bebuyutan menjadi rival. Lewat jalan cerita yang apik, kita sadar jika Di Feisheng tidak membenci Li Xiangyi. Dia melihat sosok Li Xiangyi sebagai rivalnya, lawan yang sepadan. Dia hanya ingin bertarung dengan sang tokoh utama untuk melihat siapa di antara mereka yang lebih unggul. Dia tidak keberatan jika dalam prosesnya dia kalah dan mati.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Berikutnya »