Home » Perangkat » Perkembangan Smart TV Box Melambat pada 2023

Perkembangan Smart TV Box Melambat pada 2023

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 02/11/2023 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Pertama kalinya sejak setidaknya tahun 2015, Roku tidak akan memperkenalkan perangkat baru pada musim gugur ini, mengikuti jejak Apple dan Google tahun ini. Lalu bagaimana dengan Nvidia?

Tahun 2023 telah membawa kemajuan signifikan dalam teknologi layar, seperti MLA OLED dan QD-OLED generasi kedua, tetapi tahun ini telah berjalan lambat untuk perangkat smart tv box, tulis Flatpanelshd.

Meskipun tidak mengherankan bahwa tidak ada peluncuran pemutar UHD Blu-ray baru yang besar, yang mengejutkan adalah absennya peluncuran pemutar streaming baru dari perusahaan seperti Apple, Google, dan Roku.

Apple TV 4K terbaru diluncurkan pada tahun 2022, dan Chromecast terbaru dengan Google TV (HD) diluncurkan pada September 2022. Nvidia Shield belum mengalami penyegaran sejak tahun 2019.

Amazon adalah pengecualian, dengan peluncuran Fire TV Stick 4K Max generasi kedua. Namun, perangkat streaming lainnya dari perusahaan tersebut mulai terlihat usang.

Pembaruan perangkat keras pada tahun 2024?

Apple memiliki acara yang direncanakan untuk minggu depan, tetapi Bloomberg sebelumnya melaporkan bahwa Apple TV berikutnya tidak akan diluncurkan hingga tahun 2024. Referensi terhadap Chromecast baru dengan Google TV telah ditemukan, tetapi belum ada informasi konkret yang muncul sejauh ini.

Roku secara tegas telah menolak kemungkinan rilis produk baru pada tahun ini.

“Roku tidak akan memperkenalkan perangkat baru pada musim gugur ini,” kata juru bicara Roku melalui surel kepada Lowpass.

Salah satu alasan adalah bahwa TV pintar dengan aplikasi bawaan semakin umum di rumah tangga, melampaui dongle (smart tv box atau smart TV stick) di Amerika Serikat, dengan tingkat penetrasi 74% untuk TV pintar dibandingkan dengan 64% untuk dongle, seperti yang disorot dalam laporan penelitian Leichtman yang dikutip oleh Lowpass. Roku juga sedang beralih perhatiannya ke TV Roku.

Faktor lain mungkin adalah bahwa covid-19 mengganggu rantai pasokan, menyebabkan kelangkaan chip yang signifikan dan memaksa perubahan dalam rencana industri.

Faktor ketiga adalah bahwa fitur premium seperti 4K, Dolby Vision, dan Dolby Atmos sekarang didukung secara luas, meninggalkan sedikit ruang bagi fitur baru yang jelas dalam pemutar streaming baru.

Namun, masih ada banyak peluang, jadi kita berharap akan melihat lebih banyak inovasi pada tahun 2024.

Dibaca 37 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top