Horizontal Scroll Menu
Home » Serial TV » Berita » Netflix Rilis Daftar Serial TV Paling Banyak Ditonton

Netflix Rilis Daftar Serial TV Paling Banyak Ditonton


Terakhir diperbarui pada 26/05/2024 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Dari acara reality TV hingga drama orisinal yang memukau, pada 2023, ada banyak film dan acara yang mengguncang Netflix. Pada Kamis, platform tersebut merilis angka penonton mereka untuk paruh kedua tahun lalu (Juli hingga Desember) dan mengungkapkan bahwa konten tersebut ditonton selama 90 miliar jam.

Selain membahas berapa banyak orang yang menonton Netflix, laporan itu juga mencantumkan hit terbesar tahun 2023 yang paling disukai penggemar – dan acara yang menduduki peringkat teratas sangat mengejutkan.

Sementara musim baru serial TV baru berhasil naik peringkat, favorit lama penggemar seperti Gossip Girl (49 juta), Gilmore Girls (45 juta), dan Grey’s Anatomy (51 juta) terus meraup jutaan penonton, tulis DailyMail.

Untuk memberi pemirsa lebih banyak wawasan, raksasa streaming tersebut merilis dokumen yang merinci ribuan acara, berapa banyak penonton yang didapat dalam periode tersebut, di mana saja di dunia mereka tersedia, tanggal rilis, dan durasi penayangan mereka.

Acara yang mendapatkan penonton terbanyak sebenarnya adalah adaptasi live-action Netflix dari seri manga Jepang populer, One Piece. Acara ini memecahkan rekor penonton saat tayang perdana pada Agustus 2023 dan ditonton sebanyak 71.600.000 kali serta ditonton selama 541.900.000 jam.

Diumumkan pertama kali pada Januari 2020, seri yang telah lama dinanti ini memenangkan banyak penggemar setelah membawa fenomena anime ke dunia live-action. Dikembangkan oleh showrunner Matt Owens dan Steven Maeda (Helix, Pan Am), seri ini didasarkan pada manga yang masih berlanjut oleh Eiichiro Oda, yang diadaptasi menjadi anime populer sejak 1999.

Seri Netflix ini dibintangi oleh Iñaki Godoy sebagai karakter utama Monkey D. Luffy, yang memulai pencarian untuk menemukan harta karun legendaris. Namun sebelum itu, dia harus terlebih dahulu mengumpulkan kru bajak lautnya, yang meliputi Mackenyu sebagai Roronoa Zoro, Emily Rudd sebagai Nami, Jacob Romero sebagai Usopp, dan Taz Skylar sebagai Sanji.

Dalam beberapa hari pertama perilisannya, One Piece naik menjadi acara TV peringkat No 1 di 84 negara berbeda di seluruh dunia. Hal ini melampaui rekor yang dicapai oleh season pertama adaptasi Addams Family Netflix, Wednesday, dan musim keempat Stranger Things.

Di tempat kedua adalah seri terbatas Dear Child, yang dirilis pada September 2023 dan mendapatkan 52.500.000 penonton. Seri enam bagian ini didasarkan pada novel laris Jerman karya Romy Hausmann dengan judul yang sama – Liebes Kind. Netflix mengonfirmasi bahwa seri delapan bagian ini menghabiskan biaya yang mencengangkan sebesar $17 juta per episode, lebih mahal daripada epik fantasi HBO, Game Of Thrones.

Netflix mengatakan pemirsa ‘terpikat’ pada thriller psikologis ini segera setelah dirilis, dan dikatakan ‘seintens Gone Girl’ serta membuat penonton ‘tidak bisa berhenti menonton’. Dear Child dimulai saat seorang wanita tak dikenal tertabrak mobil di hutan pada malam hari, dengan seorang gadis kecil yang ‘cerdas dan aneh’ menemani dia di ambulans.

Komentar mengkhawatirkan anak kecil itu tentang masa lalu mereka membuat perawat memberi tahu polisi – yang pada gilirannya mendorong kasus orang hilang selama 13 tahun akhirnya dibuka kembali.

Seri terbatas lain berjudul Who Is Erin Carter? menempati tempat ketiga dengan 50.100.000 penonton – dirilis pada Agustus tahun lalu. Meskipun para kritikus film mengkritik drama tersebut, menggambarkannya sebagai ‘sangat membosankan,’ penggemar tidak bisa berhenti menonton dan mengatakan mata mereka ‘terpaku’ pada layar.

Serial ini berpusat pada guru yang penuh rahasia yang namanya menginspirasi judulnya, saat masa lalunya mengejarnya meskipun telah meninggalkan rumah dengan keluarganya ke Spanyol. Guru itu diperankan oleh Evin Ahmad, 33, yang dinobatkan sebagai Bintang Baru di Festival Film Internasional Berlin 2022.

Karakter yang dia mainkan telah pindah dengan keluarganya ke Barcelona, di mana tampaknya dia berharap untuk menutupi jejaknya. Namun harapannya untuk kehidupan baru diragukan saat dia dikenali oleh seorang perampok bersenjata, dan orang-orang dari masa lalunya terus muncul.

Di tempat keempat dalam daftar yang paling banyak ditonton adalah bagian ketiga dari drama kriminal Prancis, Lupin, dengan 49.700.000 penonton. Serial ini menjadi hit internasional saat diluncurkan pada Januari 2021, dengan bagian kedua dirilis hanya lima bulan setelah debutnya di platform streaming.

Diikuti oleh favorit penggemar Netflix, The Witcher Season 3 (47.900.000 penonton) dan S*x Education: Season 4 (46.300.000 penonton). Season itu adalah season terakhir dari seri yang dicintai, dan melihat para remaja meninggalkan Moordale Secondary untuk memulai Cavendish Sixth Form College.

Sementara itu, Beckham, yang menempati tempat ketujuh, mendapat sambutan hangat dari kritikus yang memuji seri empat bagian ini sebagai ‘menarik’, ‘jujur’ dan dokumenter olahraga terbaik dalam beberapa tahun.

Seri ini memperlihatkan David Beckham dan Victoria memberikan wawasan intim tentang pernikahan dan romansa awal mereka, kehidupan keluarga mereka, serta mengisahkan karir sepak bola David.

Serial terbaru dari acara TV anak-anak CoComelon berada di urutan kedelapan, dengan Virgin River Season 5 (35.800.000 penonton) dan The Lincoln Lawyer Season 5 menutup sepuluh besar (35.700.000).

Temuan penting lainnya termasuk fakta bahwa serial dan film non-Inggris sangat populer di kalangan penonton, mencakup hampir sepertiga dari semua penayangan. Olahraga juga semakin populer, dengan total 184 juta penonton dengan favorit seperti Beckham (44 juta), Untold: Johnny Football (14 juta) dan Quarterback (13 juta).

Sementara itu, spin-off kompetisi realitas Squid Game: The Challenge (33 juta) meningkatkan penayangan Squid Game sebesar 34% – tiga tahun setelah kisah yang sangat disukai ini tayang perdana.

10 Serial paling banyak ditonton di Netflix antara Juli dan Desember 2023

  1. One Piece: Season 1 – 71.600.000 penonton
  2. Dear Child: Limited Series – 52.500.000 penonton
  3. Who Is Erin Carter?: Limited Series – 50.100.000 penonton
  4. Lupin: Part 3 – 49.700.000 penonton
  5. The Witcher: Season 3 – 47.900.000 penonton
  6. Sex Education: Season 4 – 46.300.000 penonton
  7. Beckham: Limited Series – 43.900.000 penonton
  8. CoComelon: Season 8 – 37.600.000 penonton
  9. Virgin River: Season 5 – 35.800.000 penonton
  10. The Lincoln Lawyer: Season 5 – 35.700.000 penonton