Horizontal Scroll Menu
Home » Serial TV » Berita » Tim Produksi Drama Luoyang Minta Maaf Karena Plagiat Hal Ini

Tim Produksi Drama Luoyang Minta Maaf Karena Plagiat Hal Ini


Terakhir diperbarui pada 03/12/2021 oleh Timotius Ari

Drama historis iQiYi, Luoyang tayang pada 1 Desember. Drama itu menjadi salah satu drama paling ditunggu karena jalan cerita dan detailnya yang terlihat dalam desain dan kostum para karakternya. Tapi, dalam dua hari, muncul klaim plagiat properti yang digunakan dalam drama.

Dalam episode ketiga, karakter Wang Yibo, Baili Hongyi dan karakter Song Yi, Liu Ran menggelar upacara pernikahan yang mewah. Liu Ran terlihat memegang kipas pernikahan bundar berwarna merah. Kipas itu dituduh sebagai plagiat. Seorang netizen bernama Jiaran adalah seorang artis sulam yang membagikan karya-karyanya di halaman Weibo. Dia menuduh drama itu menjiplak karyanya. “Karya saya dijiplak hingga rasanya saya kebas. Sebelumnya, produk-produk palsu membanjiri situs-situs belanja. Saya tidak menyangka sekarang karya saya dijiplak drama. Bisakah ini dihentikan?”

Terkait tuduhan ini, produser Luoyang, Liu Bai Entertainment mengungkap setelah memverifikasi dengan seorang anggota staf, mereka segera menghubungi Jiaran. Mereka meminta maaf terhadap Jiaran dan para penonton drama. Mereka menjelaskan jika hal ini terjadi karena keteledoran dari kru. Saat tim produksi menggarap properti untuk kipas itu, mereka melakukan penelitian di internet dan menemukan desain Jiaran sudah tersebar secara luas di internet. Mereka tidak sadar jika desain yang sudah tersebar itu adalah karya asli Jiaran.

Tim produksi juga meminta maaf terhadap Jiaran secara langsung dan memuji kerja keras dan usahanya untuk terus melestarikan budaya tradisional. Setelah berkomunikasi dengan Jiaran, mereka berkata mereka akan membeli dua karyanya sebagai hadiah untuk para penonton.

Jiaran merespot permintaan maaf tim produksi dan menulis,” Setelah komunikasi yang aktif, saya merasa jika tim produksi bersikap tulus. Biarkan beberapa peristiwa tidak menyenangkan untuk menuju ke arah yang lebih baik.”

Menanggapi pertanyaan beberapa netizen tentang harga kipas karyanya, Jiaran berkata jika beberapa karyanya adalah karya koleksi dan bisa dijual senilai 20.000 (Rp45 juta) hingga 30.000 (Rp68 juta) per item. Jiaran menjelaskan jika kipas koleksi ini hanya ada beberapa saja, masing-masing unik dan semuanya didesain olehnya. Dia juga berkata dia tidak pernah menjual kipas pernikahan itu sebagai produk jadi.

Sumber: 38jiejie.com