in ,

Membahas Hot Pot Instan Dalam Drama Cina Love Designer

Dukung kemajuan Layar Hijau dengan memberikan donasi di sini. Informasi lebih lanjut, bisa dibaca di sini.

Galeri Video

Para penggemar drama Love Designer pasti mengetahui jika karakter yang diperankan Dilraba, Zhou Fang suka memakan hot pot instan. Sebenarnya tidak hanya Zhou Fang yang kerap terlihat memakan makanan instan itu, Luo Luo, Zhen Di dan bahkan Qin Qing pernah terlihat memakan hot pot instan.

Sejujurnya saya baru tahu kalau ada hot pot instan setelah menonton drama itu. Entah apakah cuma saya yang ketinggalan jaman atau ada banyak penonton yang juga tidak mengetahui adanya makanan ini.

Hot pot instan adalah makanan instan yang dikemas dalam mangkok plastik. Cara mengolahnya adalah dengan menuangkan air panas ke dalam mangkok itu. Secara sekilas caranya mirip dengan cara mengolah mie seperti Pop Mie. Perbedaannya, hot pot instan perlu waktu 15 menit sebelum siap disantap. Selain itu ada mekanisme pengolahan makanan yang berbeda. Jenis makanan ini rupanya sangat populer di Cina dan mengubah budaya makan malam di sana.

Produk ini pertama kali muncul di pasaran pada 2015 dan dua tahun kemudian, video-video hot pot instan menjadi viral di media sosial di Cina. Setelah itu, brand hot pot terkemuka di negara itu mulai membuat versi instan produk mereka. Makanan ini sangat populer di kalangan anak-anak muda di Cina yang terlalu sibuk untuk memasak. Yah, seperti Zhou Fang yang sibuk bekerja sehingga tidak sempat memasak. Drama Love Designer menyebut merk hot pot instan yang mereka tampilkan secara sekilas. 

Salah satu contoh anak muda yang menggemari hot pot instan adalah Zhao Ziqi, pegawai wanita di sebuah perusahaan di Beijing yang berusia 23 tahun. Jika dia bekerja lembur, dia akan membeli makanan itu di sebuah mini market di dekat rumahnya. 

“Rasa pedas cabai merah dan rasa merica Sichuan membantu menggugah rasa lapar saat selera makan hilang,” kata Zhao kepada Nikkei dalam sebuah wawancara. Dia lalu menambahkan jika dia suka berbagai bahan tambahan dalam hot pot instan seperti daging sapi, kentang, rumput laut, jamur kuping dan rebung. 

Hot pot instan diyakini meminjam metode pengawetan dan pemanasan dari ransum siap makan yang dibuat untuk militer. Biasanya hot pot instan disimpan dalam dua mangkok plastik tahan panas. Bagian dalam mangkok digunakan sebagai wadah makanan. Sedangkan bagian luarnya, digunakan untuk menyimpan materi pemanas, termasuk kalsium oksida.

Untuk menyiapkan hot pot instan, kedua mangkok itu perlu dipisah. Paket berisi bahan pelengkap dan bumbu sup dimasukkan ke dalam bagian atas mangkok lalu disiram air panas. Materi pemanas dimasukkan ke mangkok luar dan disiram air panas. Air itu akan memicu reaksi rantai kimia yang menciptakan panas yang cukup untuk memasak makanan.

Setelah tersedia di pasaran, makanan instan baru ini menarik perhatian masyarakat dan viral di media sosial. Hal ini karena mekanisme pemanasnya yang baru. 

Penjualan di ritel online meledak, termasuk di mini market. Setelah itu, supermarket mulai ikut menjual produk ini. Kisaran harga hot pot instan adalah 30 yuan hingga 50 yuan (Rp50 ribuan- Rp98 ribu). Memang Love Designer tidak menyebutkan nama merk hot pot instan yang dimakan Zhou Fang. Hotpot instan yang kerap dikonsumi oleh Zhou Fang adalah Hadilao. Hal ini diungkap oleh karakter itu pada episode ke-20. Haidilao adalah jaringan rantai restoran hot pot global yang didirikan di Jianyang, Provinsi Sichuan. Hot pot instan mereka dijual senilai 45 yuan.

Harganya dua kali lebih mahal dibandingkan bento yang dijual di mini market lokal. Zhao berkata dia sering memilih opsi yang lebih mahal karena rasa sup-nya mirip seperti sup pada hot pot yang asli. 

Beli Hadilao Hotpot Instant di sini dan di sini.

Para konsumen muda memilih hot pot instan karena pedasnya yang membara. Menurut data ritel online, 48% pembeli hot pot instan adalah generasi muda berusia 18 hingga 24 tahun. Sedangkan 20% adalah generasi berusia 25 hingga 29 tahun. 

Dari segi profesi, hampir 50 persen pembeli hot pot instan adalah mahasiswa dan pekerja kerah putih yang baru saja diterima bekerja.

Mereka yang masih lajang dan sibuk serta sering lembur biasanya suka membeli produk ini. Dengan demikian, mereka tidak perlu pergi ke restoran dan makan sendirian. 

Saat ini ada kekuatiran terkait keamanan pada mekanisme pemanas makanan ini. Misalnya di Chongqing, asal hot pot tradisional, sebuah truk yang membawa hot pot instan terbakar. Setelah diselidiki, kalsium oksida pada  bahan pemanas pada makanan instan itu tidak ditangani dengan baik sehingga menyebabkan kebakaran. Produk-produk ini sekarang dilarang dibawa di pesawat dan kereta api berkecepatan tinggi. 

Standar kualitas pun dibuat dan produsen mulai berinisiatif memperbaiki keamanan produk. Menurut media lain, saat lockdown masih berlaku di Cina, pembelian hot pot instan naik drastis. Hal ini karena masyarakat tidak bisa pergi ke restoran sedangkan mereka mungkin ingin makan hot pot.Tidak hanya hot pot instan, tapi pembelian segala jenis makanan instan juga naik.

Tidak ingin ketinggalan informasi terbaru tentang drama, anime, game dan film favorit kalian? Ikuti Layar Hijau di Facebook, Twitter, Instagram dan YouTube. Dukung kami dengan memberi donasi.

Katakan tidak pada plagiarisme. Ingin mengutip isi artikel ini sebagai sumber atau bahan video atau artikel? Jadilah sosok manusia yang bertanggung jawab dengan mencantumkan Layar Hijau sebagai sumber. Lebih baik lagi jika kalian memberikan link aktif ke Layar Hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Song Joong Ki Pacaran Dengan Seorang Pengacara?

Jasper Liu dan Shen Yue Bintangi Remake Drama Korea, Use For My Talent