Horizontal Scroll Menu
Home » Perangkat » Cara Memasang Android TV Box ke TV

Cara Memasang Android TV Box ke TV


Terakhir diperbarui pada 24/03/2023 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Dalam artikel kali ini kita akan belajar cara memasang atau menyambungkan Android TV box ke TV.

Android TV box biasanya dilengkapi beberapa port di belakang. Tapi port yang harus ada adalah port HDMI dan port kabel power dan audio.


Daftar Isi


Port HDMI digunakan untuk menyambungkan kabel HDMI ke TV (atau monitor komputer dan monitor lainnya) untuk menampilkan gambar dari Android TV box ke TV. Port power untuk menghubungkan Android TV box dengan listrik sehingga perangkat itu bisa menyala. Sedangkan port audio digunakan jika kalian ingin memakai audio eksternal selain audio pada TV misalnya speaker atau sound bar.

Ilustrasi port pada Android TV box

Pada TV kita, terutama pada TV modern dengan layar LCD atau LED, biasanya terdapat port HDMI dan USB. Nah setelah kita memahami fungsi port utama pada kedua perangkat itu, kita bisa belajar langkah-langkah memasang atau menyambungkan kedua perangkat itu.

Pemasangan ke TV

1. Matikan TV kalian

Sebelum mulai menyambungkan perangkat Android TV box ke TV, matikan terlebih dulu TV kalian.

2. Sambungkan kabel HDMI

Sambungkan kabel HDMI pada port yang ada di Android TV box dan TV kalian. Jika TV yang kalian pakai adalah TV jadul atau TV tabung tanpa port HDMI, misalnya tersedia port RCA, maka kalian perlu membeli converter RCA to HDMI.

3. Sambungkan kabel power

Android TV box kalian dilengkapi dengan kabel power lengkap dengan kepala kontak. Sambungkan kabel power ke port yang ada pada Android TV box. Lalu tancapkan kepala kontak ke stop kontak.

4. Siapkan remote Android TV box

Siapkan remote Android TV box kalian dengan memasukkan baterai yang sesuai.

5. Nyalakan TV

Nyalakan TV lalu tekan tombol input atau source pada remote TV. Pilih port HDMI yang dipakai pada TV.

6. Ikuti petunjuk install

Setelah kalian memilih input HDMI yang disambungkan ke Android TV box, maka Android TV box akan menyala. Kalian akan melihat logo Android TV box, lalu akan muncul arahan untuk menyambungkan perangkat itu dengan remote Android TV box.

Penginstalan Android TV box

Biasanya untuk pertama kali, kita harus mengaktifkan perangkat Android TV box kita melalui beberapa langkah.

1. Pilih bahasa

Pilih bahasa yang akan kalian gunakan.

2. Pilih jaringan WiFi

Hubungkan Android TV box ke jaringan WiFi yang kalian pakai. Atau jika kalian memakai ponsel Android atau iOS, sambungkan ke portable hotspot yang ada pada ponsel.

3. Update OS

Biasanya Android TV box akan memeriksa jika ada update Android yang harus dipasang. Jika ada, perbarui OS pada perangkat itu sesuai petunjuk dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Jika proses ini tidak berjalan secara otomatis, kalian bisa melakukannya nanti.

4. Login ke akun Gmail

Kalian perlu login ke akun Gmail yang kalian gunakan. Lebih baik jika kalian memakai akun Gmail yang sering kalian pakai di ponsel atau tablet.

5. Instal aplikasi

Buka Google Play Store dan mulai instal aplikasi streaming dan aplikasi lain yang kalian butuhkan.