Horizontal Scroll Menu
Home » Game » Berita » 3 Hal yang Perlu Diketahui dari Game Mode di iOS 18 dan macOS Sequoia
(9to5mac)

3 Hal yang Perlu Diketahui dari Game Mode di iOS 18 dan macOS Sequoia


Terakhir diperbarui pada 16/07/2024 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Ada masyarakat yang skeptis, mengejek dan tidak percaya jika Apple memiliki ambisi menyediakan fitur gaming untuk iPhone dan macBook. Tapi mereka mungkin terkejut setelah Apple mengumumkan Game Mode di macOS Sonoma pada WWDC 2023.

Apa sebenarnya yang dilakukan Game Mode? Misalnya, saat kalian bermain Resident Evil: Village di MacBook Pro 14 inci kalian. Tanpa Game Mode, beberapa tugas latar belakang mungkin mengonsumsi terlalu banyak sumber daya laptop yang berharga, termasuk CPU dan GPU, yang dapat memengaruhi kinerja game. Namun, dengan Game Mode, akses game kalian ke perangkat internal diutamakan. Ini seharusnya menghasilkan frame rate yang lebih halus dan konsisten.

Game Mode juga dirancang untuk mengurangi latensi pada AirPods, serta pengontrol Xbox dan PlayStation.

Apple melangkah lebih jauh, mengumumkan di WWDC 2024 bahwa Game Mode akan hadir di iOS 18 (dan iPadOS 18) juga. Seperti macOS, iOS 18 Game Mode mengatur tugas latar belakang komputer karena permintaan yang berlebihan pada CPU dan GPU.

Sejak pengumuman WWDC 2024, ada tiga peningkatan baru yang sedikit diketahui yang akan datang pada pembaruan besar OS berikutnya yang mungkin dianggap sebagai sinyal hijau bahwa Apple sedang meningkatkan dukungan untuk gaming di perangkatnya.

Penyesuaian Game Mode di macOS Sequoia

Untuk menghilangkan kesalahpahaman umum tentang “Game Mode”, mode ini tidak dirancang untuk memberi kalian peningkatan frame rate per se. Sebaliknya, frame rate harus lebih stabil dengan Game Mode aktif. Dengan kata lain, Game Mode bertujuan memberikan pengalaman yang stabil bagi para gamer, bukan lonjakan kinerja, tulis Mashable.

Kedua, kalian tidak dapat mengaktifkan Game Mode secara manual. Sebaliknya, utilitas ini secara otomatis mendeteksi bahwa sebuah game sedang dimainkan, dan Game Mode akan aktif untuk memastikan bahwa tugas latar belakang kalian tidak mengonsumsi sumber daya berlebihan.

Penulis Mashable mencoba bermain Zenless Zone Zero di iPhone 15 Pro Max, tentu saja dengan Game Mode iOS 18 diaktifkan. Dia juga bermain Palworld yang belum dirilis di MacBook Air 13 inci.

Dengan Game Mode aktif, saat bermain Zenless Zone Zero, visual yang menakjubkan lebih lancar di iPhone 15 Pro Max (dibandingkan dengan iPhone 14 Plus yang dia gunakan tanpa iOS 18). Selain itu, kontrol terasa lebih halus saat dia mengalahkan musuh dalam pertempuran yang penuh warna dan adiktif secara visual.

Demikian pula, dibandingkan dengan Palworld tanpa Game Mode, Palworld di macOS Sequoia sedikit lebih responsif dengan visual yang lebih stabil saat sang penulis berlari di sekitar medan yang berbatu dengan protagonis berambut merah yang dia gunakan. Ngomong-ngomong, Game Mode di macOS Sequoia mendapat pembaruan kecil; sekarang seharusnya lebih efektif dalam meminimalkan aktivitas latar belakang dibandingkan iterasi sebelumnya.

Fitur baru AirPods untuk para gamer

Apple membawa fitur audio spasial pribadi AirPods ke game sekarang. Namun, fitur ini hanya akan tersedia di AirPods Pro 2, dan akan menawarkan suara berkualitas tinggi 16-bit, 48kHz, khusus untuk penggunaan “obrolan suara”. Dengan demikian, saat kalian streaming di Twitch, misalnya, atau berdebat dengan teman gamer kalian, audio akan terdengar lebih jernih dari sebelumnya.

Para gamer juga akan mengalami latensi audio yang berkurang dengan fitur ini (di samping latensi yang lebih rendah yang sudah kalian dapatkan dengan Game Mode). Pembaruan ini akan membuat game kalian terasa lebih imersif dan nyata.

Persyaratan penyimpanan yang dikurangi melalui Mac App Store

Kelemahan menjadi seorang gamer adalah banyak game yang kalian unduh dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan, meninggalkan ruang yang semakin sedikit untuk alur kerja sehari-hari kalian.

Sekarang, ketika menginstal game berukuran besar, persyaratan ruang telah berkurang secara signifikan, sehingga para gamer akan memiliki kesempatan untuk menghemat lebih banyak ruang penyimpanan daripada biasanya.

Para gamer juga dapat memilih untuk menginstal game mereka di disk alternatif.

Masa depan gaming bagi pengguna Mac

Semua pengaturan baru yang berfokus pada gaming ini diharapkan diluncurkan musim gugur ini dengan peluncuran resmi iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia (kemungkinan bersamaan dengan seri iPhone 16 yang diharapkan).

Apple juga sedang bekerja untuk memperluas portofolio gamenya untuk para pemain. Beberapa game macOS yang akan datang termasuk Palworld, Frostpunk 2, Prince of Persia: The Last Crown, Assassin’s Creed Shadows, Sniper Elite 4, dan RoboCop: Rogue City, dan banyak lagi.