Home » Perangkat » Tampilan Home Google TV Mulai Dirilis untuk Perangkat Android TV
Tampilan homescreen Google TV

Tampilan Home Google TV Mulai Dirilis untuk Perangkat Android TV

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 11/09/2023 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Sejak 2021, Google merilis tampilan homescreen ala Google TV pada beberapa smart TV dengan Android TV OS. Tapi saat itu, tampilan homescreen itu hanya tersedia untuk beberapa model smart TV di beberapa wilayah. Sekarang, rilis tampilan homescreen ala Google TV itu diperluas lagi ke jutaan perangkat Android TV.

Untuk perangkat Android TV yang memperoleh tampilan homescreen itu sejak lama, Google sudah melakukan beberapa perubahan. Misalnya menambahkan tab Discover pada 2021 dan menambahkan iklan.

Tampilan homescreen Android TV yang lama

Google juga terus menyempurnakan fitur dan tampilan homescreen baru itu pada Android TV dengan fitur rekomendasi, saluran live TV gratis dan yang terbaru adalah tab untuk membeli program TV dan film dari Google Play Movies.

Namun untuk jutaan pengguna Android TV yang lain, tampilan pada smart TV dan Android TV box mereka masih memakai tampilan yang lama.

Beberapa pengguna Reddit baru-baru ini memposting jika pembaruan tampilan homescreen itu mulai diperluas ke lebih banyak wilayah termasuk Malaysia, Uni Emirat Arab, Afrika Selatan, Bulgaria, dan Turki, hanya beberapa wilayah lain, tulis 9to5Google.

Pembaruan itu tidak hanya tersedia untuk smart TV tapi juga perangkat Android TV lain seperti TiVo Stream 4K. TiVo mengkonfirmasi perubahan ini kepada media The Desk. Tapi mereka secara keliru menyatakan jika update itu mengubah Android TV ke Google TV. Perubahan OS dari Android TV ke Google TV pada perangkat smart TV dan TV Box belum pernah terjadi sebelumnya. Update ini hanya mengubah tampilan homescreen dari tampilan lama Android TV ke tampilan baru yang mirip dengan Google TV.

Perangkat Mi Box S milik penulis juga memperoleh update tampilan homescreen ala Google TV. Update itu sepertinya terjadi dari sisi server karena tidak ada notifikasi yang muncul. Saat penulis membuka Google Play, tidak ada update untuk aplikasi Home Screen. Tapi setelah perangkat dinyalakan beberapa waktu, homescreen Mi Box S berubah secara otomatis menjadi tampilan ala Google TV. Bila dalam artikel sebelumnya, kami memberitakan jika Android TV OS 12 dirilis untuk perangkat Mi Box S 2018, update itu belum tersedia untuk perangkat yang kami gunakan.

Seperti Google TV yang ada di Indonesia, tampilan ini tidak memiliki tab For You, Discover dan Live TV. Tab yang tersedia adalah Search, Home dan Apps. Saat kami memakai VPN dan mengubah lokasi ke negara seperti Amerika Serikat, tab seperti For You, Discover dan Live TV tidak muncul.

Pada saat ini, Google TV mulai lebih banyak digunakan oleh para konsumen dibandingkan Android TV. Tapi langkah Google untuk mengubah tampilan homescreen perangkat Android TV lawas supaya sama dengan tampilan Google TV adalah sebuah langkah yang sangat bagus. Hal ini membuat tampilan dan pengalaman pengguna di antara kedua perangkat itu semakin seragam.

Dibaca 52 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top