Horizontal Scroll Menu
Home » Film » Artikel » Film The Pope’s Exorcist: Apakah Kasus Kerasukan di Dalamnya dari Kisah Nyata?

Film The Pope’s Exorcist: Apakah Kasus Kerasukan di Dalamnya dari Kisah Nyata?


Terakhir diperbarui pada 09/05/2023 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Film The Pope’s Exorcist tayang dengan klaim jika film itu diangkat dari kisah nyata Romo Gabriele Amorth, Kepala Divisi Pengusiran Setan di Vatikan.

Tapi apakah klaim itu benar? Seberapa akuratkah penggambaran film ini terhadap pengalaman hidup Romo Amorth? Apakah kasus dalam film ini dan lokasi di dalamnya memang berdasarkan kejadian nyata?

Mari kita selidiki kebenarannya.

Kasus pengusiran setan pada awal film

Pada awal film The Pope’s Exorcist, Romo Gabriele Amorth (diperankan oleh Russell Crowe) dipanggil ke desa Tropea, Italia oleh seorang pendeta yang ketakutan untuk melakukan sebuah eksorsisme darurat pada seorang pria yang diduga kerasukan. Setelah berinteraksi dengan pria tersebut, Father Amorth curiga bahwa sebenarnya dia tidak kerasukan. Amorth menantang iblis yang diduga ada di dalam pria itu untuk memasuki seekor babi yang mereka bawa ke dalam ruangan. Dengan berpura-pura bahwa iblis telah masuk ke dalam hewan tersebut, babi tersebut ditembak di kepala. Father Amorth menghibur pria yang sedang memulihkan diri dan meyakinkannya bahwa Tuhan bersamanya. Dengan menipu pria tersebut, ia membuktikan bahwa penderitaannya adalah masalah psikologis.

Dalam penelitian mengenai kisah nyata di balik The Pope’s Exorcist yang dilakukan situs HistoryVsHollywood.com, mereka menemukan bahwa kasus tersebut kemungkinan terinspirasi oleh kasus Roberto dalam memoar Gabriele Amorth. Namun, seperti yang diungkapkan oleh karakter Romo Amorth dalam film tersebut, sebagian besar kasus yang dia hadapi sebenarnya adalah kasus gangguan mental dalam bentuk psikosis atau gangguan kepribadian. Oleh karena itu, kasus semacam itu sebenarnya tidak jarang terjadi.

Kasus bunuh diri Rosaria

Dalam rangka memasukkan unsur-unsur realitas ke dalam alur cerita fiksi film tersebut, terdapat beberapa peristiwa nyata yang diacu film ini, termasuk Inkuisisi Spanyol dan hilangnya Emanuela Orlandi, yang dikenal sebagai Gadis Vatikan. Terkait dengan yang terakhir, Romo Amorth (diperankan oleh Russell Crowe) mengakui kepada muridnya, Father Esquibel (diperankan oleh Daniel Zovatto), bahwa ia turut bertanggung jawab atas bunuh diri seorang gadis muda bernama Rosaria (diperankan oleh Bianca Bardoe), yang melompat dan mati.

Ia menjelaskan bahwa gadis tersebut menderita gangguan mental dan mengisyaratkan bahwa ada rumor yang menyebutkan bahwa ia telah mengalami pelecehan secara seksual di dalam dinding-dinding Vatikan. Detail terakhir ini menghubungkan karakter tersebut dengan Emanuela Orlandi, yang menghilang saat dalam perjalanan pulang dari kelas musiknya di Roma pada Juni 1983 ketika dia berusia 15 tahun, dan tidak pernah ditemukan lagi.

Pada 2012, Romo Gabriele Amorth yang sesungguhnya mengklaim bahwa Emanuela Orlandi, anak dari seorang ayah yang bekerja untuk Vatikan, “diculik untuk pesta s*ks oleh polisi Vatikan” sebelum akhirnya dibunuh (The Telegraph). Ia juga mengklaim bahwa diplomat asing terlibat dalam kasus tersebut. Pada 2022, serial dokumenter Netflix berjudul Vatican Girl: The Disappearance of Emanuela Orlandi menampilkan kesaksian seorang wanita yang tidak ingin disebutkan namanya dan mengaku sebagai salah satu teman terbaik Orlandi. Wanita tersebut mengatakan bahwa Orlandi telah mengaku kepadanya bahwa ia telah dilecehkan berkali-kali di Taman Vatikan oleh “seseorang yang dekat dengan Paus.” Dalam film tersebut, karakter yang diperankan oleh Crowe mempertanyakan pejabat Vatikan mengenai mengapa kematian Rosaria tidak diinvestigasi dengan baik.

Selain tuduhan pelecehan seksual yang lebih baru-baru ini, terdapat banyak teori lain mengenai hilangnya Emanuela Orlandi. Salah satu teori yang tampak menjanjikan adalah bahwa ia dibawa oleh geng Roma yang dikenal sebagai Banda della Magliana dalam upaya memaksa Vatikan untuk membayar kembali uang yang telah dipinjam secara rahasia.

Biara San Sebastian: Adakah di dunia nyata?

Meskipun bangunan bergaya Gotik itu memberikan suasana yang sempurna untuk film horor ini, pengecekan fakta The Pope’s Exorcist mengungkapkan bahwa Biara San Sebastian tidak pernah ada dalam kehidupan nyata. Terdapat sebuah biara dengan nama serupa di daerah tersebut, yaitu Biara Santo Domingo de Silos, yang pada abad ke-10 disebut San Sebastian de Silos, tetapi bangunan tersebut memiliki sebuah kloster dan halaman tengah.

Tampilannya sama sekali tidak seperti biara Gotik yang terlihat dalam film, yang kita ketahui kemudian dibangun di atas sebuah kuil yang dibangun oleh para penyembah Asmodeus, seorang malaikat yang jatuh ke Bumi setelah diusir dari Kerajaan Surga. Biara Gotik yang ditampilkan dalam film eksorsisme yang dibintangi oleh Russell Crowe itu sebenarnya adalah Dromore Castle di Irlandia, yang menjadi pengganti Abbey of San Sebastian yang fiktif.

Inkuisisi Spanyol didalangi oleh iblis?

Inkuisisi Spanyol adalah sebuah pengadilan yang didirikan pada tahun 1478 oleh kerajaan Katolik di Spanyol untuk mengidentifikasi dan menuntut orang-orang yang dianggap sesat. Awalnya, inkuisisi didirikan untuk memastikan warga yang telah pindah agama dari Yahudi dan Islam ke Katolik mematuhi ajaran baru mereka (banyak yang dipaksa untuk pindah agama atau diusir). Ajaran sesat dianggap sebagai kejahatan terhadap negara karena kekuasaan monarki dipercayai berasal dari Tuhan. Memang benar bahwa Inkuisisi juga menghukum mereka yang dituduh sebagai penyihir atau penyembah setan, tetapi hanya 11 orang yang dituduh sebagai penyihir yang dihukum mati, bukan ribuan.

Inkuisisi Spanyol, bukanlah pengadilan pertama, dan berlangsung hingga dihapuskan pada masa pemerintahan Isabella II pada tahun 1834. Sekitar 2,7% dari mereka yang dituduh diputuskan menerima hukuman mati (antara 3.000 dan 5.000 orang). Banyak orang lain yang disiksa.

Dalam film tersebut, dijelaskan bahwa Inkuisisi dimulai oleh seorang eksorsis terkemuka bernama Friar Alonso de Ojeda, yang telah dirasuki oleh iblis Asmodeus. Tujuan iblis tersebut adalah untuk mencemarkan nama baik Tuhan dan Gereja. Menurut film tersebut, Friar de Ojeda yang telah dirasuki berhasil meyakinkan Ratu Isabella I dari Castile untuk memulai Inkuisisi Spanyol pada tahun 1478. Tapi menurut sejarah, Friar Alonso de Ojeda bukanlah ahli eksorsis melainkan seorang penjelajah, gubernur dan penakluk untuk Kerajaan Spanyol.

Dalam penelitian mengenai keakuratan The Pope’s Exorcist, tidak mengherankan mengetahui bahwa penjelasan mengenai awal mula Inkuisisi Spanyol tidak sejalan dengan pandangan para sejarawan.

Meskipun terdapat iblis kuat bernama Asmodeus ada dalam cerita Judeo-Islam, peristiwa yang melibatkan Asmodeus dalam film tersebut adalah fiksi belaka. Namun, alur cerita tersebut sejalan dengan pendapat Romo Amorth sendiri, setidaknya dalam arti bahwa ia percaya pada awal tahun 1980-an bahwa Vatikan telah disusupi oleh setan, tetapi dalam bentuk godaan dan dosa, bukan iblis. Dalam film tersebut, digambarkan bahwa iblis Asmodeus mencoba menyusupi Vatikan dengan merasuki Romo Amorth (diperankan oleh Russell Crowe).

Kasus Henry yang kerasukan, dari kisah nyata?

Kisah film The Pope’s Exorcist mengungkapkan bahwa Henry (diperankan oleh Peter DeSouza-Feighoney) yang berusia 10 tahun dirasuki oleh Asmodeus.

Tapi kisah ini adalah fiksi belaka dan tidak terkait langsung dengan kasus-kasus dalam catatan dan memoar Gabriele Amorth yang sebenarnya. Henry, kakaknya Amy, dan ibunya yang baru menjadi janda Julia, semuanya adalah karakter fiksi.

Dalam film eksorsisme Russell Crowe, mereka pindah ke Biara San Sebastian di Castile, Spanyol, yang mereka dapatkan melalui warisan. Mereka mulai merenovasi biara tersebut dengan harapan dapat menjualnya, dan tanpa disadari mereka melepaskan iblis Asmodeus, yang kemudian merasuki Henry. Tujuan iblis tersebut adalah untuk menarik eksorsis utama Vatikan, Father Amorth (diperankan oleh Russell Crowe), sehingga iblis tersebut dapat kembali menyusupi Gereja.