Home » Perangkat » Desain Ikon Aplikasi pada Homescreen Google TV Akan Diubah

Desain Ikon Aplikasi pada Homescreen Google TV Akan Diubah

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 15/11/2023 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Google TV adalah platform streaming yang bagus, tapi banyak yang mengkritik tampilan utamanya yang membuat ikon aplikasi terlihat kecil, lebih kecil daripada elemen lainnya. Sekarang, Google telah mengonfirmasi perubahan yang akan membuat ikon-ikon tersebut lebih kecil lagi dan berbentuk bundar.

Dalam sebuah postingan blog yang ditujukan kepada para pengembang di Medium, Google mengkonfirmasi adanya desain ulang untuk tampilan utama Google TV yang akan menggunakan ikon aplikasi bundar untuk semua aplikasi.

Perubahan ini dijadwalkan akan diluncurkan pada “awal 2024.”

Alasan di balik perubahan ini adalah agar pengguna bisa lebih mudah menetapkan aplikasi favorit mereka di tampilan utama karena akan ada lebih banyak ruang untuk menampilkan aplikasi. Saat ini, Google TV hanya bisa menampilkan maksimal 12 aplikasi sebelum pengguna harus menggunakan menu “See All” untuk melihat aplikasi lainnya.

Dalam tangkapan layar yang sudah dirilis, kita bisa melihat ada 10 aplikasi, dan ini sebelum kita melakukan guliran ke kiri, tulis 9to5Google.

Google juga menyebutkan bahwa perubahan ini akan memerlukan penyesuaian dari para pengembang aplikasi. Semua aplikasi harus menyediakan ikon persegi yang dapat beradaptasi dengan format bundar. Google memberikan panduan tentang cara terbaik untuk melakukan penyesuaian ini, seperti menggunakan prinsip ikon adaptif dan format vektor. Google TV akan memaksa ikon aplikasi tampil dalam format bundar, namun jika pengembang tidak menyesuaikannya dengan baik, tampilannya mungkin tidak optimal.

Meskipun ukuran ikon aplikasi yang semakin kecil terasa seperti langkah yang kurang tepat, perubahan ini tampaknya akan memberikan keuntungan bagi pengguna karena mereka bisa melihat lebih banyak aplikasi sekaligus. Aplikasi Google TV masih akan menampilkan banner yang lebih besar di bagian lain dari antarmuka pengguna, seperti halaman “Apps.”

Hal yang menarik, pilihan desain ini bisa membuat Google TV lebih unik, karena platform pesaing seperti Roku, Apple TV, dan Amazon Fire TV semuanya menggunakan ikon berbentuk persegi.

Tanggal pasti peluncuran perubahan ini belum diketahui, namun perkiraannya adalah pada awal 2024, mungkin dalam tiga atau empat bulan mendatang. Belum diketahui apakah perubahan itu juga akan tersedia untuk Android TV.

Dibaca 86 kali, 1 kunjungan hari ini.
Rekomendasi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top