Horizontal Scroll Menu
Home » Perangkat » Google TV Rilis Update untuk Dongkrak Performa, dan Longgarkan Penyimpanan Internal dengan App Hibernation

Google TV Rilis Update untuk Dongkrak Performa, dan Longgarkan Penyimpanan Internal dengan App Hibernation


Terakhir diperbarui pada 04/05/2023 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Mulai hari ini, perangkat Google TV akan mendapatkan peningkatan kinerja dengan update baru yang juga membuat penyesuaian untuk mengatasi masalah ruang penyimpanan yang banyak dihadapi oleh pengguna. Salah satu solusi yang ditawarkan update baru itu adalah fitur hibernasi aplikasi otomatis.

Dalam postingan singkat, Google menjelaskan bahwa pembaruan baru sedang digulirkan untuk semua perangkat Google TV, termasuk Chromecast dengan Google TV dan banyak lainnya. Pembaruan ini berfokus pada dua hal, kinerja dan penyimpanan.

Mulai dari kinerja, Google mengatakan bahwa pembaruan baru ini akan mempengaruhi perangkat dan remote, dengan tujuan menghilangkan “waktu tunggu” saat membangunkan perangkat Anda, serta waktu respons antara menekan tombol dan tindakan yang terjadi di layar. Pembaruan ini tampaknya sudah digulirkan ke semua pengguna.

“Kami telah melakukan pembaruan pada perangkat dan remote Anda untuk menghilangkan waktu tunggu. Kami mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membangunkan Google TV Anda, waktu respons antara TV dan klik tombol pada remote Anda, serta waktu tayangan animasi saat memulai ulang perangkat Anda,” tulis Google dilansir dari 9to5Google.

Penyesuaian lain yang dilakukan berfokus pada penyimpanan, yang, bagi sebagian besar pengguna Chromecast with Google TV menjadi salah satu sumber masalah.

Mulai sekarang, Google TV akan secara otomatis “menghibernasi” aplikasi yang tidak digunakan dalam 30 hari terakhir. Hibernasi aplikasi pada Google TV akan memindahkan aplikasi dari sistem kalian saat tidak digunakan, tetapi tetap menyimpan data penting secara lokal sehingga kalian dapat langsung menggunakannya kembali ketika ingin menggunakannya. Namun, kalian memerlukan perangkat berbasis Android TV 12 setidaknya agar fitur ini dapat berfungsi. Fitur itu tersedia untuk Chromecast dengan Google TV, tetapi tidak semua televisi dan kotak set-top memiliki Google TV dengan Android 12.

Google juga mencatat bahwa Android App Bundles pada Android TV OS, yang diumumkan Google tahun lalu akan diterapkan mulai bulan ini, akan mengurangi ukuran aplikasi TV sekitar 25%.