Home » Film » Artikel » Kenapa Superman Tidak Masuk Avengers?

Kenapa Superman Tidak Masuk Avengers?

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 13/04/2023 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Untuk para penggemar DC dan Marvel, pertanyaan seperti judul di atas merupakan sebuah pertanyaan konyol dengan jawaban yang sudah jelas.

Galeri Video

Tapi pertanyaan ini mungkin muncul dalam pikiran mereka yang awam terhadap dunia komik dan film superhero. Kenapa Superman tidak masuk Avengers?

Superman tidak bergabung dengan Avengers karena Superman adalah karakter dari DC Comics, sedangkan Avengers adalah kelompok pahlawan super dari Marvel Comics. Kedua perusahaan ini adalah pesaing dalam industri buku komik dan memiliki dunia cerita dan karakter yang berbeda.

Selain itu, Superman adalah karakter yang sangat kuat dan memiliki kekuatan yang luar biasa, sehingga bisa menjadi karakter yang terlalu kuat bagi dunia cerita Marvel. Dia adalah anggota utama dari tim Justice League. Avengers sendiri sudah memiliki anggota-anggota yang kuat seperti Thor, Hulk, dan Captain Marvel.
Meskipun demikian, crossover antara karakter-karakter dari DC Comics dan Marvel Comics memang pernah terjadi di dalam buku komik, seperti seri “Superman vs. The Amazing Spider-Man” pada tahun 1976. Namun, hal ini terjadi dalam bentuk kerjasama khusus antara kedua perusahaan tersebut dan bukanlah hal yang umum terjadi.

Dalam “Superman vs. The Amazing Spider-Man”, Superman bertemu dengan Spider-Man dan mereka kemudian bekerja sama untuk menghentikan ancaman dari dua musuh besar mereka, yaitu Lex Luthor dan Doctor Octopus.

Selain itu, pada tahun 1996, DC Comics dan Marvel Comics juga merilis serial crossover yang berjudul “DC vs. Marvel” atau “Marvel vs. DC”. Dalam cerita ini, karakter-karakter dari kedua perusahaan tersebut terlibat dalam pertempuran epik yang dipimpin oleh dua entitas kosmis yang kuat, yaitu The Brothers (DC) dan The Beyonder (Marvel).

Crossover dalam konteks di atas merujuk pada penggabungan karakter-karakter dari dua buku komik atau universum cerita yang berbeda dalam satu cerita atau seri. Dalam hal ini, crossover mengacu pada penggabungan karakter-karakter dari DC Comics dan Marvel Comics dalam satu cerita atau seri crossover.

Crossover ini biasanya dilakukan untuk memperluas dunia cerita atau meningkatkan penjualan dari kedua perusahaan buku komik tersebut. Dalam beberapa kasus, crossover juga dilakukan untuk memenuhi permintaan penggemar yang ingin melihat karakter-karakter dari dua perusahaan buku komik tersebut bertemu dalam satu cerita.

Crossover dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, termasuk dalam bentuk seri buku komik, film, atau permainan video. Namun, penting untuk diingat bahwa crossover hanya dapat dilakukan jika kedua perusahaan buku komik atau universum cerita tersebut sepakat untuk melakukan kerjasama dan memiliki hak cipta atau kepemilikan karakter yang diperlukan untuk melakukan crossover tersebut.

Namun, meskipun crossover antara Superman dan Avengers belum pernah terjadi secara resmi di dalam buku komik atau film, namun spekulasi dan harapan para penggemar tentang kemungkinan hal ini terjadi di masa depan tetap tinggi. Terlebih lagi, dengan adanya pengumuman bahwa Marvel dan DC akan merilis beberapa film superhero yang sangat diantisipasi dalam beberapa tahun ke depan, seperti “The Batman” dan “Doctor Strange in the Multiverse of Madness”, harapan untuk melihat crossover antara Superman dan Avengers di masa depan tidak bisa diabaikan.

Dalam komik, sekalipun bukan merupakan cerita resmi, ada beberapa crossover antara Justice League dan Avengers. Meskipun tidak semuanya melibatkan Justice League dan Avengers secara bersamaan. Berikut adalah beberapa contoh seri crossover antara DC Comics dan Marvel Comics:

1. “JLA/Avengers”: Seri crossover empat bagian yang dirilis pada tahun 2003 dan menggabungkan karakter-karakter dari Justice League dan Avengers. Dalam cerita ini, JLA dan Avengers harus bekerja sama untuk mengumpulkan sejumlah artefak dan menghentikan ancaman dari dua penjahat besar mereka, yaitu Darkseid dan Thanos.



2. “Superman and Spider-Man”: Seri crossover yang dirilis pada tahun 1976 dan menggabungkan karakter Superman dari DC Comics dan Spider-Man dari Marvel Comics. Dalam cerita ini, Superman dan Spider-Man harus bekerja sama untuk menghentikan ancaman dari dua musuh besar mereka, yaitu Lex Luthor dan Doctor Octopus.


3. “Batman and Captain America”: Seri crossover yang dirilis pada tahun 1996 dan menggabungkan karakter Batman dari DC Comics dan Captain America dari Marvel Comics. Dalam cerita ini, Batman dan Captain America harus bekerja sama untuk menghentikan ancaman dari dua penjahat besar mereka, yaitu Joker dan Red Skull.


4. “Green Lantern/Silver Surfer: Unholy Alliances”: Seri crossover dua bagian yang dirilis pada tahun 1995 dan menggabungkan karakter Green Lantern dari DC Comics dan Silver Surfer dari Marvel Comics. Dalam cerita ini, Green Lantern dan Silver Surfer harus bekerja sama untuk menghentikan ancaman dari dua musuh besar mereka, yaitu Parallax dan Thanos.

Sumber:

  • DC Comics: https://www.dccomics.com/
  • Marvel Comics: https://www.marvel.com/
  • “JLA/Avengers” di Comic Vine: https://comicvine.gamespot.com/jla-avengers/4050-18160/
  • “Superman and Spider-Man” di Marvel Database: https://marvel.fandom.com/wiki/Superman_and_Spider-Man_Vol_1_1
  • “Batman and Captain America” di Marvel Database: https://marvel.fandom.com/wiki/Batman_and_Captain_America_Vol_1_1
  • “Green Lantern/Silver Surfer: Unholy Alliances” di DC Database: https://dc.fandom.com/wiki/Green_Lantern/Silver_Surfer:_Unholy_Alliances_Vol_1_1
Dibaca 383 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top