Horizontal Scroll Menu
Home » Anime » Heavenly Delusion Disebut sebagai Anime Terbaik 2023, Kenapa?

Heavenly Delusion Disebut sebagai Anime Terbaik 2023, Kenapa?


Terakhir diperbarui pada 10/07/2023 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Ada beberapa anime populer yang sedang diproduksi saat ini, didukung oleh penggemar yang setia dan vokal. Media ScreenRant menulis artikel di mana mereka berpendapat jika Heavenly Delusion (Tengoku Daimakyo) yang tayang di Hulu dan Disney+ Hotstar adalah anime terbaik 2023 sejauh ini, meskipun sebagian besar penonton anime belum pernah mendengar tentangnya karena kurangnya promosi.

Diadaptasi dari manga Masakazi Ishiguro dengan judul yang sama, Heavenly Delusion atau Tengoku Daimakyo karya Hirotaka Mori adalah kisah dengan plot utama yang berfokus pada petualangan Kiruko dan Maru saat mereka menavigasi Jepang paska kiamat dalam pencarian tempat bernama “Surga”. Ternyata, Surga adalah rumah Tokio, sebuah fasilitas yang terisolasi dari dunia luar. Tokio, yang mirip dengan Maru, adalah seorang siswa remaja di Akademi Takahara, sebuah sekolah terpencil di luar perkotaan yang hancur, di mana para siswa tampak hidup dengan bahagia karena segala sesuatu disediakan untuk mereka.

Elemen paling mengesankan dari seri ini adalah plotnya. Kiruko adalah seorang yatim piatu yang memiliki bakat mengemudi kart sebelum kecelakaan yang mengubah hidupnya secara drastis. Maru juga yatim piatu beberapa tahun lebih muda dari Kiruko, yang memiliki kemampuan bertarung yang luar biasa. Kiruko tidak mengenal Maru sampai diperkenalkan oleh seorang kenalan yang memintanya untuk mengantarkan Maru ke “Surga” tanpa memberitahukan alasan pasti mengapa. Saat mereka menjelajahi jalan menuju Surga, cerita bergeser ke Tokio, yang menjalani hidup yang terlindungi dan fokus pada sekolah serta perubahan yang dihadapi seorang remaja saat mereka beralih menjadi dewasa. Namun, suatu hari Tokio mendapat pesan yang menanyakan apakah dia ingin melihat dunia luar. Hal ini memicu pencarian antara Kiruko, Maru, dan Tokio untuk entah bagaimna bertemu meskipun mereka tidak saling mengenal.

Keunikan anime ini adalah bagaimana anime itu dengan mahir menggabungkan beberapa genre anime yang umum termasuk slice-of-life, fantasi, horor, sci-fi, romance, dan tema battle manga menjadi sebuah cerita yang rapat dan menarik. Selain itu, meskipun paska kiamat adalah tema umum dalam anime, Heavenly Delusion tidak membuatnya sebagai aspek yang sangat dominan dalam cerita. Sebaliknya, hal ini hanya memberikan konteks dan latar belakang untuk cerita yang terutama didorong oleh karakter. Sejak awal, plot menarik penonton dengan memberikan gambaran misteri yang menarik, yaitu apa hubungan antara Kiruko, Maru, dan tokoh wanita yang mirip dengan Tokio. Misteri ini diperdalam oleh latar belakang Kiruko, yang tampaknya terkait dengan apa yang terjadi di Surga. Ada juga kejadian misterius di Akademi Takahara, termasuk interaksi Tokio dengan siswa lain seperti Kona, yang semuanya tampak diberkahi dengan kekuatan super.

Di luar plot, cerita ini juga secara kreatif menangani beberapa isu sosial utama dari norma gender, kecerdasan buatan, keberlanjutan lingkungan, kecurangan pemerintah, dan kelasisme. Namun, daripada menyajikan masalah-masalah ini secara agresif, anime dengan mahir menyatukannya ke dalam cerita, menjadikannya bagian dari kanon dan cara yang sangat baik untuk memfasilitasi percakapan lebih lanjut tentang Heavenly Delusion dalam konteks yang berbeda dari anime itu sendiri.

Satu-satunya masalah dengan Heavenly Delusion adalah bagaimana anime itu dipromosikan. Salah satunya adalah memberi judul di bawah nama Jepangnya, yang banyak penggemar Barat tidak tahu, serta memberikan sedikit pemasaran, meskipun berada di layanan streaming anime Hulu milik Disney. Namun, para penggemar yang menemukan dan menonton Heavenly Delusion akan dengan mudah menghargai dan menganggapnya sebagai salah satu anime terbaik tahun ini.

Heavenly Delusion sekarang tersedia untuk streaming di Hulu dan Disney+ Hotstar dengan judul Tengoku Daimakyo.