Horizontal Scroll Menu
Home » Selebritis » Liu Yifei Tantang Standar Kurus Itu Cantik di China

Liu Yifei Tantang Standar Kurus Itu Cantik di China


Terakhir diperbarui pada 27/08/2024 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Majalah Vogue menyoroti bagaimana aktris Liu Yifei menantang norma kecantikan tradisional “muda, cerah, kurus” di Tiongkok. Liu menjadi sorotan dalam edisi September Vogue China, dan memicu diskusi setelah bertemu dengan fotografer pasca pemotretan, yang memunculkan spekulasi bahwa ia meminta hasil foto diedit.

Namun, direktur editorial Vogue China, Rocco Liu, mengklarifikasi bahwa Liu menghormati visi tim kreatif dan hanya mendiskusikan mode dan fotografi, menekankan bahwa foto-foto tersebut disajikan dalam gaya alami, tanpa mengedit bagian tubuh seperti lengan atau pinggangnya.

Dalam budaya di mana “kurus itu cantik” mendominasi, sosok Liu Yifei yang lebih berisi sering kali menjadi sorotan publik. Namun, ia berdiri melawan standar yang kaku ini, tulis VN Express.

Penulis mode Shan Huang mencatat bahwa aktris berusia 37 tahun ini tidak terlalu terfokus pada penampilannya, menjadikannya figur penting dalam menantang stereotip kecantikan tradisional.

Shan mencatat: “Orang memiliki berbagai tipe tubuh—ada yang langsing, ada yang lebih berisi. Masing-masing memiliki keindahan yang unik, tetapi yang penting adalah memprioritaskan kesehatan. Kita tidak seharusnya mengagungkan tubuh kurus, karena banyak wanita memakai cara ekstrim yang tidak sehat, mempertaruhkan kesejahteraan mereka untuk mencapai ideal ini.”

Banyak selebriti Tiongkok yang berusaha keras untuk memenuhi standar “muda, cerah, kurus”. Menurut Sohu, banyak dari mereka mengedit foto mereka sebelum membagikannya di media sosial, dan dalam drama TV, wajah para aktor sering kali diubah secara digital agar terlihat lebih ramping dan cerah.

Awal tahun ini, produser film terkenal Tiongkok, Yu Zheng, mengungkapkan bahwa ia mewajibkan penurunan berat badan bagi para aktor di perusahaannya.

Menurut Yahoo Life Singapore, Yu Zheng pernah meminta aktris Zhao Qing untuk menurunkan berat badan dari 46 kg menjadi 42,5 kg, meskipun tingginya 1,7 meter. Temannya, aktris Xu Jiao, mengkritiknya di Weibo, dengan menyatakan, “Apakah kamu benar-benar menganggap itu cantik? Memaksa seseorang untuk mencapai berat 42 kg itu kejam.”

Mentalitas ini meluas ke luar industri hiburan dan meresap ke sektor lain, menyebabkan ketidakamanan yang meluas dan kekhawatiran terus-menerus tentang tidak cukup kurus, menurut laporan Youth.

Liu Yifei, juga dikenal sebagai Crystal Liu, pertama kali muncul di TV pada tahun 2003 dalam drama romantis periode “The Story of a Noble Family.” Drama tersebut menjadi acara dengan rating tertinggi pada tahun itu di penyiar nasional Tiongkok CCTV, melambungkan namanya menjadi bintang.

Pada tahun 2008, ia beralih ke film dan sejak itu tampil dalam berbagai film Tiongkok dan Hollywood, termasuk peran utama dalam adaptasi live-action tahun 2020 dari film animasi Disney tahun 1998 “Mulan.”

Prestasinya membuatnya masuk ke dalam daftar New Four Dan aktris Tiongkok pada tahun 2009, sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut empat aktris muda paling sukses di negara itu.