Home » Serial TV » Artikel » Mengenal Teh Hijau yang Ditampilkan dalam Beberapa Drama China

Mengenal Teh Hijau yang Ditampilkan dalam Beberapa Drama China

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 12/02/2024 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Drama terbaru Dilraba Dilmurat Prosecution Elite (Jaksa Elit) sedang tayang di WeTV saat ini. Dalam drama itu, untuk pertama kalinya, Dilraba memerankan sosok jaksa wanita.

Galeri Video

Dalam Jaksa Elit, kita melihat interaksi antara kejaksaan dan kepolisian dalam memberantas kejahatan terutama penipuan online. Salah satu hal yang menarik adalah berbeda dengan drama Korea atau serial Barat, sosok polisi dalam drama ini diperlihatkan lebih sering minum teh dibandingkan minum kopi.

Teh dalam drama China Jaksa Elit

Sedangkan para jaksa dan karakter lain dalam drama ini kadang masih diperlihatkan minum kopi di kafe. Hal yang sama juga diperlihatkan dalam drama yang dibintangi oleh Zhao Liying, Who is The Murderer. Para polisi dalam drama itu diperlihatkan lebih sering meminum teh dibandingkan kopi.

Bila dilihat, teh yang diminum para polisi itu berbeda dengan teh yang umumnya diminum di Indonesia. Daun teh berwarna hijau memanjang seperti jarum dan terlihat mengambang di bagian bawah atau atas gelas tanpa disaring. Hasil rebusan teh ini adalah air berwarna hijau atau hijau kekuningan.

Teh dalam Put Your Head On My Shoulder

Teh seperti itu pertama kali dilihat LayarHijau dalam drama Put Your Head on My Shoulder. Sekalipun Gu Wei Yi adalah mahasiswa , tapi berbeda dengan mahasiswa lain yang diperlihatkan gemar minum kopi. Dia terlihat lebih sering minum teh.

Drama lain yang memperlihatkan jenis teh yang sama adalah drama Here, We Meet Again yang dibintangi oleh Zhang Binbin dan Wu Qian. Keduanya sering diperlihatkan minum kopi. Tapi dalam sebuah episode karakter Wu Qian menyajikan teh dengan model yang sama kepada kakeknya.

Dalam artikel yang membahas teh dalam drama Put Your Head on My Shoulder, LayarHijau mengungkap jika teh itu kemungkinan adalah teh maofeng. Tapi ternyata, teh Maofeng bukanlah satu-satunya teh di China dengan penampilan seperti itu.

Menurut situs ChinaAdventure.org, paling tidak ada beberapa teh hijau lain yang terkenal yang disajikan dengan cara yang sama. Beberapa teh itu adalah:

Teh Longjing Danau Barat

Teh Longjing adalah varietas teh hijau yang terkenal di Hangzhou, Provinsi Zhejiang. Teh ini ditanam di Gunung Longjing di Hangzhou, di sebelah barat daya Danau Barat, sehingga sering disebut sebagai teh Longjing Danau Barat. Di China, teh Longjing dikenal sebagai “ratu dari teh hijau”, terutama karena “empat keajaiban”-nya — warna hijau zamrud, rasa harum, aroma manis, dan penampilan yang indah.

Teh Longjing memiliki penampilan yang indah, dengan daun hijau cerah, rata, dan seragam ukuran. Setelah direndam, air tehnya berwarna kuning-hijau, dengan aroma yang lembut dan murni dan sedikit aroma buah dan kacang. Setelah rasa tehnya hilang, mulut akan terasa dipenuhi dengan rasa manis seperti anggur. Teh Longjing merupakan salah satu teh hijau terbaik di China.

Teh Biluochun Jiangsu

Biluochun, teh hijau terkenal di China, tumbuh di Gunung Dongting, Danau Taihu, Provinsi Jiangsu. Teh ini adalah teh hijau yang bergulung menjadi spiral yang ketat dan terlihat seperti daging siput. Konon, teh ini ditemukan oleh seorang wanita yang memetik teh. Wanita itu meletakkan teh di antara tubuhnya bukan dalam keranjang. Teh itu dipanaskan oleh suhu tubuhnya dan dengan aroma bunga. Teh Biluochun dianggap sebagai yang terbaik, yang juga ditanam di Sichuan dan Zhejiang. Di provinsi-provinsi ini, daunnya lebih besar dan mungkin mengandung beberapa daun kuning. Rasanya lebih nutty dan lebih lembut.

Teh Maofeng Anhui

Huangshan Maofeng adalah salah satu dari sepuluh teh terkenal di China, yang termasuk ke dalam teh hijau. “Maofeng” secara harfiah berarti daun dengan rambut halus dan tepi yang tajam. Teh ini dapat merangsang sistem saraf pusat Anda, meningkatkan efisiensi kerja dan belajar, membuat jantung Anda lebih kuat, menghambat arteriosklerosis, melawan bakteri, membantu menurunkan berat badan, menunda penuaan, dan lain sebagainya.

Teh Jarum Perak Junshan Hunan

Junshan Silver Needle yang diproduksi di Junshan, Danau Dongting, Yueyang, berbentuk tipis seperti jarum, maka dinamakan Junshan Silver Needle. Teh ini termasuk ke dalam teh kuning. Pucuk teh yang matang kuat dan sehat, ukurannya seragam, wajahnya kuning keemasan, pekoe luar terbuka lengkap, dan kemasannya padat. Bentuk tunas tehnya sangat mirip dengan jarum perak, disebut “emas yang tertanam di permata”. Dinasti Tang telah memproduksi dan membuat teh ini terkenal.

Teh Maojian Xinyang

Teh Maojian Xinyang adalah teh hijau terkenal yang diproduksi di Xinyang, Provinsi Henan. Namanya dapat dibagi menjadi dua bagian, yang terkait dengan dua aspek: “Xinyang”, sebagai bagian pertama, tempat teh dihasilkan di China. “Maojian” adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan bentuk daun.

Teh Maojian Xinyang memiliki sejarah lebih dari 2.000 tahun. Orang Henan suka minum teh ini sebagai minuman yang menenangkan setelah seharian sibuk.

Nama “maojian” diberikan karena warnanya sedikit hijau tua, tepinya yang lurus dan halus, penampilan keriting yang tipis dan kokoh, serta ujung yang tajam. Rata-rata panjang Teh Maojian Xinyang sekitar 0,5-1 inci. Dibandingkan dengan varietas teh hijau terkenal lainnya, daunnya relatif kecil.

Teh Melon Liu’an Anhui

Teh Melon Liu’an adalah jenis teh hijau yang tumbuh di Kota Liu’an, Provinsi Anhui. Bentuk tehnya adalah oval datar yang terlihat seperti biji melon, sehingga dinamakan demikian. Sebagian besar teh hijau dibuat dari pucuk daun baru, tetapi teh Melon Liu’an menggunakan daun kedua pada cabangnya. Pada Dinasti Ming, teh Melon Liu’an banyak digunakan untuk mencegah heatstroke. Teh ini adalah teh upeti dari para bangsawan.

Teh Maojian Duyun

Teh Maojian Duyun adalah salah satu dari tiga teh terkenal di Kota Duyun. Bentuk tehnya rapat dan tipis berbentuk keriting. Permukaan daunnya hijau zamrud, gelap, merata, dan cerah. Aromanya bisa tercium dari jauh. Rasanya kuat dan segar. Teh ini memiliki fungsi untuk meredakan dahaga, mencerahkan mata, melembabkan lemak, membantu pencernaan, dan menghambat aterosklerosis.

Dibaca 181 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top