Horizontal Scroll Menu
Home » Uncategorized » Prediksi Fitur AI di Hyper OS yang Bermanfaat untuk Penggemar Drama dan Film

Prediksi Fitur AI di Hyper OS yang Bermanfaat untuk Penggemar Drama dan Film


Terakhir diperbarui pada 25/08/2024 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Petinggi Xiaomi, Lu Weibing baru-baru ini mengungkapkan sedikit jika perusahaannya tengah menggodog fitur AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan untuk ponsel mereka.

“Para investor sangat peduli dengan ‘ponsel AI’. Sudut pandang saya adalah bahwa ponsel AI yang dirilis sejauh ini semuanya adalah ponsel (dengan) fitur AI, yang berarti bahwa beberapa fungsi AI dibuat menggunakan teknologi AI. Ponsel AI yang sebenarnya dilengkapi dengan sistem operasi yang direkonstruksi berdasarkan model besar AI. Xiaomi HyperOS 2.0 mengemban misi ini!” tulis Lu Weibing dalam postingan di media sosial dilansir dari Xiaomi Time.

HyperOS sendiri diperkirakan dirilis pada Oktober 2024. Sebelumnya, Xiaomi telah mengumumkan kemitraan strategis dengan Google untuk mengintegrasikan model bahasa besar (LLM) Gemini ke dalam seri flagship smartphone berikutnya. Kolaborasi ini diharapkan dapat membawa inovasi baru dalam bidang kecerdasan buatan (AI) dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Kehadiran teknologi Gemini AI pada HyperOS 2.0 diprediksi akan membawa beberapa fitur yang bermanfaat untuk kita, para penggemar drama dan film Asia (China, Korea, Thailand dan Jepang) dan Hollywood. Sebelumnya Google sendiri membawa teknologi Gemini AI untuk perangkat STB (set top box) terbaru mereka yang akan dirilis, Google TV Streamer. Dari blog resmi mereka, Google mengungkap deretan fitur AI pada STB baru itu yang bisa kalian baca di sini.

Apa itu HyperOS?

HyperOS adalah sistem operasi terbaru yang dikembangkan oleh Xiaomi, dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih cerdas dan terintegrasi. Sebagai bagian dari ekosistem “Human x Car x Home” Xiaomi, HyperOS menawarkan berbagai fitur canggih, termasuk rekomendasi pribadi yang disesuaikan dengan kebiasaan pengguna.

HyperOS diciptakan untuk menggantikan MIUI, sistem antarmuka yang selama ini dipakai di ponsel dan tablet buatan Xiaomi dan Redmi. HyperOS dikembangkan pada 2017 dengan tujuan menyatukan semua perangkat ekosistem yang mereka kembangkan menjadi satu ekosistem tunggal. Dengan kata lain, Xiaomi ingin semua perangkat mereka ke depannya bisa memakai HyperOS mulai dari ponsel, tablet, smartTV dan perangkat pintar lainnya.

HyperOS dirilis pada paruh pertama tahun ini dengan seri pertama yang memakainya adalah Xiaomi 14. Pada Desember 2023, sejumlah ponsel lama Xiaomi mulai memperoleh update HyperOS. Xiaomi 13 dirilis dengan MIUI, tapi ponsel ini akan memperoleh update HyperOS.

Fitur AI untuk penggemar drama dan film di HyperOS

Bila ke depannya, Xiaomi mengintegrasikan Gemini AI ke dalam HyperOS 2.0, para pengguna perangkat Xiaomi dengan OS ini bisa merasakan manfaatnya untuk berbagai hal. Salah satunya untuk menikmati konten hiburan.

Gemini Ai sendiri memiliki fitur utama rekomendasi pribadi untuk konsumsi hiburan. Dengan kemampuan AI untuk menganalisis data pengguna, maka tentunya masuk akal untuk memprediksi jika HyperOS memiliki fitur yang sama. OS itu dapat memberikan saran yang lebih relevan dan sesuai dengan preferensi individu.

Contoh Rekomendasi Pribadi

Fitur AI untuk mengenali perilaku pengguna akan bermanfaat untuk memahami minat para pengguna terhadap konten hiburan seperti drama, film, musik dan lain-lain. Berikut ini beberapa contoh riil yang mungkin dimiliki HyperOS ke depannya:

Rekomendasi Film dan Serial TV

HyperOS dapat menganalisis riwayat tontonan kalian untuk menyarankan film atau serial TV yang sesuai dengan minat kalian. Misalnya, jika kalian sering menonton film aksi, HyperOS dapat merekomendasikan film aksi terbaru atau film serupa yang mungkin kalian sukai.

Rekomendasi Musik

Sistem dapat mempelajari preferensi musik kalian dan menyarankan lagu atau album baru yang mungkin kalian nikmati.

Rekomendasi Aplikasi

HyperOS dapat menganalisis penggunaan aplikasi kalian untuk menyarankan aplikasi baru yang mungkin bermanfaat bagi kalian.

Manfaat Rekomendasi Pribadi

Rekomendasi pribadi dapat membantu pengguna menemukan konten yang mereka sukai dengan lebih mudah, menghemat waktu, dan meningkatkan kepuasan pengguna. Dengan HyperOS, pengguna dapat menikmati pengalaman hiburan yang lebih personal dan menyenangkan.

Kesimpulan

Kolaborasi antara Xiaomi dan Google untuk mengintegrasikan Gemini AI ke dalam HyperOS menjanjikan perkembangan baru dalam dunia teknologi. Dengan fitur rekomendasi pribadi yang didukung oleh AI, HyperOS dapat memberikan pengalaman hiburan yang lebih cerdas dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.