in ,

Pengadilan Putuskan Novel Princess Agents Jiplak Novel Novoland: Pearl Eclipse

Dukung kemajuan Layar Hijau dengan memberikan donasi di sini. Informasi lebih lanjut, bisa dibaca di sini.

Galeri Video

Sayangnya pelanggaran hak cipta dan plagiarisme dalam dunia fiksi bukanlah hal baru. Apalagi jika novel-novel yang bermasalah itu diubah menjadi drama atau film dengan anggaran yang besar. Tentu saja taruhan dan perhatian yang ditujukan untuk para penulis yang terlibat di dalamnya lebih tinggi. 

Pada 2018, penulis novel Novoland: Pearl Eclipse, Xiao Ruse melayangkan tuntutan hukum melawan Xiao Xiang Dong Er dengan dugaan jika novel Princess Agents yang dia tulis menjiplak beberapa komponen dari novel Pearl Eclipse. Sebagai balasannya, Xiao Xiang Dong Er lalu meminta jika tuduhan penjiplakan itu ditolak pengadilan. Dalam pembelaannya, kemiripan ribuan kata pada kedua novel itu tidak berarti dia menjiplak. 

Setelah dua tahun kasus ini berlangsung di pengadilan, pengadilan di Cina membuat keputusan yang memihak Xiao Ruse. Menurut keputusan pengadilan, selama paragraf yang dijiplak muncul pada sebuah karya independen, maka penulis asli punya hak untuk mengklaim perlindungan hak cipta. 

Pengacara Xiao Ruse, Wang Yun menulis tentang putusan pengadilan itu dalam akun Weibo miliknya pada Jumat (12/6). Dalam tulisannya dia mengungkap jika Xiao Xiang Dong Er juga diperintahkan untuk melakukan beberapa hal yaitu:

1. Menghapus bagian yang dijiplak dari novel Princess Agents.

2. Penerbitnya juga harus menunda menerbitkan novel apapun yang mengandung bagian yang dijiplak.

3. Dia harus merilis permintaan maaf di hadapan umum kepada Xiao Ruse yang harus ditulis di Weibo dalam 10 hari. 

4. Kompensasi / ganti rugi untuk kerugian ekonomi harus diberikan kepada Xiao Ruse senilai kurang lebih 50.000 yuan. 

Tidak ingin ketinggalan informasi terbaru tentang drama, anime, game dan film favorit kalian? Ikuti Layar Hijau di Facebook, Twitter, Instagram dan YouTube. Dukung kami dengan memberi donasi.

Katakan tidak pada plagiarisme. Ingin mengutip isi artikel ini sebagai sumber atau bahan video atau artikel? Jadilah sosok manusia yang bertanggung jawab dengan mencantumkan Layar Hijau sebagai sumber. Lebih baik lagi jika kalian memberikan link aktif ke Layar Hijau.

Ari | Layar Hijau

Written by Ari | Layar Hijau

Tim suka menulis berbagai hal, dan menonton film, serial TV, drama atau sekedar menonton video lainnya di YouTube. Pada waktu senggang, Tim suka belajar membuat ramen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Vengo Gao Weiguang Ingin Perankan Song Lin, Ini Tanggapan Dilraba

Legend of the Blue Sea Season 2: Sinopsis, Jadwal Tayang, Daftar Pemain