in ,

SukaSuka

Penulis Novel Tulis Permintaan Maaf, Bagaimana Nasib Princess Agents Season 2

Dukung kemajuan Layar Hijau dengan memberikan donasi di sini. Informasi lebih lanjut, bisa dibaca di sini.

Galeri Video

Saat drama Princess Agents mulai tayang, rumor plagiarisme mulai muncul. Selama tiga tahun, penulis novel Princess Agents, Xiao Xiang Dong Er menghadapi tuntutan hukum dari penulis novel Novoland: Pearl Eclipse, Xiao Ruse. Seperti yang kita ketahui Xiao Ruse adalah salah satu penulis yang novelnya dijiplak Xiao Xiang untuk novel Princess Agents itu. Pada sidang pertama, Xiao Ruse menang dan memperoleh ganti rugi sebesar 50.000 yuan. Tapi dia tidak puas dan mengajukan tuntutan kedua pada 2018. Kasus yang kedua itu baru selesai beberapa waktu ini. Pengadilan kembali memenangkan tuntutan Xiao Ruse dan meminta Xiao Xiang Dong Er menulis permintaan maaf dan ganti rugi senilai 50.000 yuan. 

Kemarin malam, Sohu memberitakan jika Xiao Xiang akhirnya menulis permintaan maaf kepada Xiao Ruse di Weibo sesuai dengan perintah pengadilan. Saat berita ini muncul, para netizen beranggapan jika ganti rugi senilai 50.000 yuan terlalu kecil. Bahkan ada netizen yang bercanda jika ganti rugi itu tidaklah cukup untuk menyelamatkan nyawa Yuwen Yue jadi dia membeku dan menjadi pria es di dasar danau.

Permintaan maaf

Dalam permintaan maafnya, Xiao Xiang mengakui jika beberapa bagian novelnya memang dijiplak dari novel Xiao Ruse. “Sebagai kompensasi untuk kerugian dan luka yang Anda derita sebagai akibat dari insiden selama beberapa tahun ini, saya akan segera memberikan ganti rugi sesuai perintah pengadilan dan segera menghapus bagian-bagian yang dijiplak dari novel. Ada sekitar 15 bagian dari novel Xiao Ruse yang saya ambil. Dengan tulus hati, saya sungguh-sungguh minta maaf untuk perilaku saya, saya belajar dari peristiwa ini, berusaha meningkatkan kepercayaan diri saya dan tidak akan membuat kesalahan yang sama,” tulis Xiao Xiang dilansir dari Sohu.

Permintaan maaf Xiao Xiang Dong Er di Weibo

Beberapa netizen mendukung Xiao Ruse dalam kasus ini. Mereka mengatakan jika mereka tidak sabar menunggu Novoland: Pearl Eclipse untuk tayang. Para netizen ini mengungkap mereka tidak bisa memaafkan Xiao Xiang karena dia menjiplak karya orang lain. 

Tapi beberapa netizen lainnya membela Xiao Xiang. Mereka mengatakan jika dia sudah mengakui kesalahannya dan meminta maaf. Hal ini berarti penulis itu lebih kuat dan berani dibandingkan mereka yang menjiplak tapi tidak mengakui kesalahan dan minta maaf. Mereka juga berpikir jika para aktor dua drama ini seperti Zhao Liying, Lin Gengxin, Yang Mi dan William Chan tidak perlu dibawa-bawa karena kasus penjiplakan ini.

Princess Agents syuting pada 2016 sedangkan Novoland: Pearl Eclipse baru syuting tahun ini. Beberapa netizen memperkirakan drama Yang Mi  itu akan semakin populer karena kasus hukum yang membuktikan jika novel adaptasi drama ini adalah novel asli yang dijiplak novel Princess Agents. Tentunya masyarakat akan penasaran seperti apa kisah novel yang dijiplak itu, apakah lebih bagus dari Princess Agents.

Mungkin kasus hukum inilah penyebab utama kenapa hingga kini Princess Agents Season 2 belum digarap. Tapi banyak penggemar drama itu yang masih berharap jika season 2 akan tayang karena mereka ingin mengetahui nasib Yuwen Yue.

Nasib Princess Agents Season 2

Setelah kasus hukum ini selesai, kira-kira bagaimanakah nasib sekuel Princess Agents? Sayangnya hingga saat ini belum ada kabar terkait hal ini. Manajemen Zhao Liying sebelumnya mengungkap jika mereka bahkan belum menerima informasi jika tim produksi memutuskan menggarap season 2. Baca artikelnya di sini.

Ada beberapa prediksi terkait Princess Agents Season 2. Misalnya YouTuber Marcus Sim mengungkap ada dua kemungkinan nasib kelanjutan drama itu. Pertama, tim produksi tidak membuat season 2 karena pengadilan sudah memutuskan jika novel Princess Agents menjiplak novel lain. Langkah ini masuk akal karena memutuskan membuat sekuelnya akan beresiko terhadap reputasi mereka dan para pemerannya bahkan reputasi drama itu sendiri. Bisa jadi kepopuleran drama itu akan terus dibayang-bayangi kasus penjiplakan. Selain itu, kasus ini sendiri bisa digunakan sebagai bahan hater untuk menyerang Zhao Liying dan Lin Gengxin.

Kemungkinan kedua adalah karena kasus ini sudah selesai maka tim produksi memperoleh kepastian dan bisa membuat season 2. Caranya adalah membuat naskah baru yang berbeda dari novelnya. Cara seperti ini pernah dilakukan oleh tim kreatif Game of Thrones. Novel serial HBO itu memang belum selesai ditulis, sedangkan serial itu harus terus melanjutkan cerita hingga selesai. Akhirnya tim kreatif memutuskan membuat cerita sendiri tanpa terikat novel. Tentu saja penulis novel aslinya terlibat dalam penggarapan serial itu dan memberikan restunya.

Sayangnya kita belum tahu bagaimana sikap penulis novel Princess Agents paska kasus tuntutan hukum. Apakah dia akan setuju jika drama Princess Agents season 2 digarap? Karena tidak mungkin jika tim kreatif drama itu melanjutkan penggarapannya tanpa izin dari pemegang hak cipta novel yang kisahnya mereka angkat.  Yang kedua, langkah ini bisa membuat para penggemar novel kecewa. Ada banyak orang yang menonton drama itu karena menggemari novelnya dan ada banyak penggemar drama yang membaca novel itu setelah menonton Princess Agents. Jika naskahnya berubah, cerita drama itu belum tentu sebaik novelnya.

Menurut kalian, dari dua langkah di atas, kira-kira langkah apa yang terbaik?

Tidak ingin ketinggalan informasi terbaru tentang drama, anime, game dan film favorit kalian? Ikuti Layar Hijau di Facebook, Twitter, Instagram dan YouTube. Dukung kami dengan memberi donasi.

Katakan tidak pada plagiarisme. Ingin mengutip isi artikel ini sebagai sumber atau bahan video atau artikel? Jadilah sosok manusia yang bertanggung jawab dengan mencantumkan Layar Hijau sebagai sumber. Lebih baik lagi jika kalian memberikan link aktif ke Layar Hijau.

6 Comments

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Foto Makan Malam Dengan Seorang Sutradara Tersebar, Media Puji Zhao Liying

Adegan Ciuman Dengan Dilraba, Posisi Tangan Johnny Huang Dipuji