Home » Perangkat » Bagaimana Cara Menghubungkan Mi TV Stick/ Realme TV Stick ke Monitor Komputer

Bagaimana Cara Menghubungkan Mi TV Stick/ Realme TV Stick ke Monitor Komputer

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 22/11/2022 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Dengan perangkat streaming seperti Xiaomi Mi TV Stick dan Realme TV Stick, kita bisa mengubah TV jadul kita menjadi smart TV. Tapi bagaimana jika yang kita miliki hanya monitor komputer? Bagaimana menghubungkan Mi TV Stick atau Realme TV Stick ke monitor komputer?

Galeri Video

Salah satu masalah yang muncul adalah monitor komputer biasanya tidak memiliki input audio bawaan, jadi perangkat ini membutuhkan speaker eksternal supaya kita bisa memperoleh audio. Padahal TV stick seperti Mi TV Stick, Realme TV Stick, Fire TV Stick dan sejenisnya hanya memiliki satu port HDMI dan port micro USB untuk tenaga. Tidak ada port USB atau port audio.

Mi TV Stick

Berikut ini beberapa solusi dari masalah ini

Realme TV Stick

Monitor komputer lawas

Port VGA pada monitor

Monitor komputer lawas biasanya tidak memiliki port HDMI dan hanya memiliki port VGA. Untuk memasang Mi TV Stick atau Realme TV stick ke monitor jadul seperti ini, kalian butuh HDMI to VGA dengan port audio jack. Kalian juga butuh speaker komputer/ laptop.

Converter HDMI to VGA with audio port

Sambungkan port HDMI pada TV stick ke converter HDMI to VGA. Lalu sambungkan kabel VGA ke komputer dan ke bagian lain dari converter itu.

Monitor komputer baru

Monitor komputer baru biasanya memiliki port HDMI. Kalian perlu perangkat yang disebut HDMI audio extractor dengan nama HDMI2HDMI with Audio. Fungsi alat ini adalah untuk menyediakan port audio yang kita gunakan untuk speaker jadi monitor kita bisa mengeluarkan suara via alat ini.

HDMI2HDMI with Audio Port

Kalian masih butuh speaker eskternal. Langkah pemasangannya hampir sama dengan langkah pemasangan monitor komputer lawas.

Solusi lain

Jika kalian merasa kurang percaya diri memakai converter yang disebutkan di atas dan ingin cara yang lebih praktis, kalian bisa memakai speaker bluetooth. Perangkat streaming seperti Mi TV Stick dan Realme TV Stick memiliki dukungan koneksi bluetooth.

Contoh speaker bluetooth dari Robot

Tapi untuk monitor komputer lawas dengan port VGA, kalian tetap memerlukan converter HDMI to VGA.

  1. Untuk menghubungkan speaker bluetooth ke TV stick, pada halaman home, klik ikon pengaturan (bentuknya seperti roda bergigi) di pojok kanan atas.
  2. Scroll ke bawah dan pilih Remote and Accessories.
  3. Pilih Add Accesory. Daftar perangkat bluetooth yang aktif akan muncul di sini. Pada tahap ini, pastikan speaker bluetooth kalian menyala dan siap terkoneksi.
  4. Pilih speaker bluetooth dalam daftar dan klik Pair.
Dibaca 277 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top