Horizontal Scroll Menu
Home » Perangkat » Jumlah Pengguna Aktif App Store di Apple tvOS Eropa Hanya 1 Juta Orang Setiap Bulannya

Jumlah Pengguna Aktif App Store di Apple tvOS Eropa Hanya 1 Juta Orang Setiap Bulannya


Terakhir diperbarui pada 27/04/2023 oleh Timotius Ari

LayarHijau.com—Rencana Apple untuk menjadikan Apple TV sebagai platform yang sukses untuk aplikasi dan game tampaknya belum berhasil – setidaknya di Eropa. Perusahaan itu telah mengungkapkan jumlah resmi pengguna aktif bulanan untuk setiap App Store atau platformnya di Eropa, sesuai dengan Digital Services Act (DSA) baru dari Uni Eropa. DST UE bertujuan untuk mengatasi konten ilegal, periklanan transparan, dan disinformasi di platform online dengan pengguna aktif bulanan rata-rata sebanyak 45 juta atau lebih; disebut sebagai platform online sangat besar (VLOP).

Berikut adalah jumlah pengguna bulanan aktif Apple di Eropa:

iOS App Store: 101 juta

iPadOS App Store: 23 juta

macOS App Store: 6 juta,

tvOS App Store: 1 juta,

watchOS App Store: di bawah 1 juta

Apple Books: di bawah 1 juta,

Langganan podcast berbayar: di bawah 1 juta.

Jumlah ini didefinisikan sebagai pengguna aktif bulanan rata-rata di UE yang “benar-benar terlibat dengan layanan setidaknya sekali dalam periode waktu tertentu”, yang berarti bahwa mereka harus secara aktif membuka App Store di Apple TV, dalam intensitas yang cukup sering untuk dihitung, baik untuk mengunduh aplikasi atau game baru. Film dari iTunes / Apple TV tidak termasuk dalam hitungan ini.

Tentu saja ada lebih banyak pemilik Apple TV di Eropa dengan angka lebih dari 1 juta, tetapi mereka tidak mengunjungi App Store secara teratur, yang merupakan kabar buruk bagi pengembang aplikasi dan game TV, tulis flatpanelshd.com.

Pengguna aktif Google Play di Android TV dan Google TV di Eropa

Sejauh yang kita ketahui, Google belum mengungkap berapa banyak pengguna aktif bulanan yang dimiliki Google Play Store di Android TV dan Google TV, karena Google menghitung Google Play Store sebagai satu unit. Namun, Google telah mengungkapkan bahwa ada 275 juta pengguna aktif bulanan di Google Play Store di Eropa.

Platform TV pintar dari LG, Samsung, dan lainnya tidak termasuk dalam definisi platform online sangat besar (VLOP) karena jumlah penggunanya tidak mendekati angka 45 juta di Eropa.

“Tanpa mengesampingkan pertimbangan lebih lanjut tentang karakterisasi hukum, Apple menganggap setiap versi App Store sebagai platform online yang berbeda di bawah DSA, dan hanya iOS App Store yang mungkin memenuhi syarat sebagai VLOP. Namun, Apple bermaksud, secara sepenuhnya sukarela, untuk menyelaraskan setiap versi yang ada dari App Store (termasuk yang saat ini tidak memenuhi ambang batas penunjukan VLOP) dengan persyaratan DSA yang ada untuk VLOP karena tujuan DSA sejalan dengan tujuan Apple untuk melindungi konsumen dari konten ilegal,” tulis Apple.