in ,

Makna Lain Makan Ramen dalam Drama Korea: Ajakan Berbuat Enak-Enak?

Dukung kemajuan Layar Hijau dengan memberikan donasi di sini. Informasi lebih lanjut, bisa dibaca di sini.

Galeri Video

Para penggemar drama Korea pasti memahami jika orang Korea memiliki kecintaan yang besar terhadap mie ramen. Ada berbagai jenis mie yang ditampilkan dalam berbagai drama dan film Korea. Misalnya mie Ram-Don dari film Parasite. Bahkan ajakan untuk makan ramyeon (ramen) di Korea Selatan bisa bermakna sebagai kiasan untuk berbuat enak-enak.

Jadi dari mana obsesi terhadap mie ini berasal?

Budaya dan sejarah

Mie memegang peranan besar dalam kuliner dan budaya Korea sejak periode tiga kerajaan. Mie gandum diperkenalkan sekitar 300 SM. Saat itu produksi gandum masih terbatas, jadi sebagian besar mie terbuat dari sayuran dan kacang-kacangan. Mie gandum berharga mahal dan dipakai untuk acara-acara spesial. Mie gandum baru  menjadi makanan sehari-hari kira-kira pada 1945.

Simbol dan makna ganda

Dalam kuliner kuil di Korea, masakan kong guksu (mie gandum dalam sup kacang kedelai dingin) memiliki nama julukan senyum biarawan. Hal ini karena kong guksu adalah makanan yang langka untuk biarawan yang membuat mereka tersenyum dan air liur mereka menetes.

Mie yang panjang juga melambangkan hidup yang lama, pernikahan yang awet dan panjang. Oleh karena itu, mie seperti ini dimakan saat ulang tahun, pernikahan dan acara khusus seperti hwangap, atau ulang tahun ke-60, juga untuk perayaan budaya yang penting di negara itu.

Makan mie di depan layar

Karena mie memegang peranan penting dalam sejarah, budaya dan memiliki simbol penting untuk Korea Selatan, tidaklah mengherankan makanan ini juga kerap muncul dalam budaya populer mereka termasuk drama Korea.

Contohnya, mie janchi guksu, atau mie jamuan terdiri dari mie gandum tipis yang panjang. Biasanya disajikan di dalam sup teri atau kerang yang jernih. Mie ini muncul dalam beberapa episode The Uncanny Counter. Markas para Counter, para pemburu hantu dalam drama Korea itu adalah restoran mie. Janchi guksu juga tampil dalam drama Crash Landing on You.

Mau makan Ramyeon bersama?

Sebelumnya Layar Hijau pernah membahas makna lain dari ajakan makan ramyeon di sini. Ajakan ini sepadan dengan ajakan Netflix and chill di Amerika Serikat. Makna seks*al dari ajak ini muncul berkat film One Fine Spring Day yang tayang pada 2001. Sekarang, dialog itu muncul dalam berbagai drama Korea modern. Misalnya dalam What’s Wrong with Secretary Kim, Crash Landing on You dan Run On.

Yang membuat dialog ini lucu adalah tidak semua orang, baik penonton dan karakter dalam drama memahami jika ajakan ini bermakna ganda. Jadi dialog itu memunculkan kesalahpahaman, kejadian dramatis dan lucu di antara karakter di dalam drama. Misalnya dalam drama Korea, Possessed, sang pemeran utama pria tidak paham arti ajakan ini. Padahal pemeran utama wanita tahu jika ajakan itu berarti ajakan untuk melakukan perbuatan enak-enak dengan lawan jenis.

Hal ini menandakan jika waktu sudah banyak berubah. Mie panjang yang melambangkan panjang umur sekarang bergeser menjadi ajakan makan mie instan yang bermakna ganda.

Sumber: South China Morning Post (SCMP.com)

Tidak ingin ketinggalan informasi terbaru tentang drama, anime, game dan film favorit kalian? Ikuti Layar Hijau di Facebook, Twitter, Instagram dan YouTube. Dukung kami dengan memberi donasi.

Katakan tidak pada plagiarisme. Ingin mengutip isi artikel ini sebagai sumber atau bahan video atau artikel? Jadilah sosok manusia yang bertanggung jawab dengan mencantumkan Layar Hijau sebagai sumber. Lebih baik lagi jika kalian memberikan link aktif ke Layar Hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Pendapat Blogger China Setelah Tonton Drama Immortality

Word of Honor: Zhang Zhehan dan Simon Gong Jun Bukanlah Pilihan Utama