Guo Guo (sebelah kanan) beradu akting dengan Vivi Chen (sebelah kiri) (China Daily)

Drama China Ini Pakai Aktris Virtual Buatan Komputer Sebagai Salah Satu Pemerannya

Ikuti kita di Google News. Donasi mulai dari Rp2.500 di sini

Terakhir diperbarui pada 15/08/2023 oleh Timotius Ari

Industri film Tiongkok, kata Chen, telah membuat lompatan yang mengesankan dengan kemahiran yang semakin terasa dalam menggunakan efek khusus, seperti yang ditunjukkan oleh franchise fiksi ilmiah The Wandering Earth karya sutradara Guo Fan dan film epik fantastis Kingdom of Storms karya sutradara etnis Mongolia Wuershan.

Galeri Video

“Saat ini, produksi adegan efek visual terutama bergantung pada kombinasi sinematografi di studio dan penangkapan gerakan dari penampilan para aktor,” kata Chen dilansir dari China Daily.

“Namun demikian, aktor virtual berpotensi mengambil peran utama jika ekspresi wajah dan gerakan mereka dapat dikembangkan dengan realisme dan kejelasan yang memadai. Prospek ini dapat menjadi kenyataan seiring dengan kemajuan teknologi digital ke tingkat yang baru,” tambahnya.

Setelah lulus dari Universitas Normal Beijing, Chen secara berturut-turut bekerja sebagai wakil direktur jenderal di Wanda Media, divisi film dan drama televisi dari Dalian Wanda Group, dan sebagai wakil presiden Tencent Pictures, anak perusahaan dari raksasa internet Tencent Holdings.

Menariknya, ia mengatakan bahwa karirnya bertepatan dengan ekspansi yang belum pernah terjadi sebelumnya dari industri film domestik, terutama selama waktu di Tencent Pictures. Hal ini memberinya kesempatan berharga untuk terlibat dalam kolaborasi dengan Hollywood dan mempelajari dinamika kerja sama internasional. Ia pernah bertanggung jawab atas investasi atau distribusi beberapa film Hollywood, termasuk Wonder Woman dan Bumblebee.

“Selama periode tersibuk, saya ingat memiliki rapat berturut-turut sepanjang hari, bertemu dengan tujuh perusahaan Hollywood,” katanya, mengingat bahwa ia terkejut menemukan bahwa beberapa pembuat film Amerika memiliki pemahaman mendalam tentang industri film Tiongkok.

Ketika wabah COVID-19 yang tak terduga melanda lebih dari tiga tahun yang lalu, menyebabkan industri film Tiongkok berhenti, Chen juga memiliki lebih banyak waktu untuk merenungkan kehidupannya sendiri.

Didorong oleh ketertarikan pada budaya dan sejarah Tiongkok tradisional, Chen meninggalkan Tencent Pictures dan memulai pendidikan doktor di Beijing Film Academy pada 2020.

Dia percaya syarat untuk memiliki masa depan di mana film-film lokal memakai efek khusus yang diproduksi dari dalam negeri, pelaku industri hiburan harus memahami budaya China secara autentik. Hal ini adalah sebuah prioritas utama. Jika tidak, makhluk surgawi atau iblis yang muncul dalam cerita fantasi atau mitologi Tiongkok mungkin menyerupai yang diciptakan oleh studio-studio Barat.

Dibaca 94 kali, 1 kunjungan hari ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top